Shanks si Rambut Merah merupakan salah satu karakter yang sangat populer di cerita One Piece. Yang menarik adalah Shanks bisa meraih popularitas tersebut meskipun tidak terlalu sering muncul dalam cerita. Karena jarang muncul dalam cerita, sehingga tidak banyak informasi yang bisa diketahui sampai sejauh ini tentang sosok Shanks.

Eiichiro Oda sendiri sepertinya masih merahasiakan berbagai kemampuan dan cerita masa lalu dari Shanks, selain dia pernah bergabung dengan Gol D. Roger. Shanks sendiri merupakan orang yang bertanggung jawab atas keinginan Luffy menjadi seorang bajak laut. Shanks juga adalah orang yang memberikan topi jerami kepada Luffy saat usianya masih kecil. Shanks dan Luffy kemudian berjanji akan kembali bertemu pada masa yang akan datang, ketika mereka sudah sama-sama menjadi lebih kuat.

Tetapi, apakah memang Luffy dan Shanks akan kembali bertemu ketika Luffy sudah mewujudkan janjinya? Apakah Shanks masih hidup ketika janji itu berhasil dipenuhi? Banyak teori yang berkembang di kalangan fans menyebutkan bahwa Shanks mungkin akan tewas dalam ceritanya. Salah satu alasannya adalah kematian Shanks akan menjadi motivasi Luffy menyelesaikan petualangannya.

Meskipun begitu ada juga teori lainnya yang berkaitan dengan alasan mengapa Shanks akan mati dalam cerita One Piece dan Luffy akan kembali bertemu dengan Shanks setelah dia sudah tewas. Salah satu tema yang selalu dipegang oleh cerita One Piece adalah “mewarisi tekad” dari satu generasi ke generasi lainnya.

Simbol yang paling nyata dari konsep tersebut adalah topi jerami yang digunakan oleh Luff, di mana topi tersebut sudah diwariskan dari Gol D. Roger kepada Shanks sebelum kemudian topinya diwariskan kepada Luffy di awal seri One Piece. Ada kemungkinan jika momen di mana Luffy mengembalikan topi jerami tersebut kepada Shanks akan terjadi di akhir cerita.

Tetapi, sayangnya, saat momen itu terjadi Shanks sudah tidak ada di dunia. Shanks diceritakan sudah mati, dan ada beberapa alasan mengapa kemudian hal tersebut bisa terjadi. Pertama, seperti yang disebutkan sebelumnya, salah satu tema yang diangkat dalam cerita One Piece adalah mewarisi tekad.

Oda Sensei berusaha untuk memperlihatkan bagaimana para generasi tua bajak laut mencoba untuk memberikan jalan kepada mereka yang lebih muda. Terbukti dari bagaimana para Worst Generation berusaha meraih kepopuleran mereka sendiri, salah satu caranya adalah mengalahkan Yonko dan mungkin menggeser posisi mereka, seperti yang terjadi saat ini di Onigashima.

Contoh lainnya adalah Garp dan Sengoku yang mundur dari jabatannya demi memberikan kesempatan kepada para angkatan laut yang masih muda. Kedua, meskipun  akan sangat menyenangkan melihat bagaimana Shanks dan Luffy bertarung bersama dalam ceritanya, tetapi banyak fans beranggapan bahwa hal tersebut terlalu bagus untuk menjadi kenyataan.

Shanks terlalu kuat untuk menjadi sekutu Luffy dalam sebuah rencana besar yang dia buat. Buktinya adalah saat perang besar di Marineford. Jika mau, bisa saja Oda Sensei memunculkan Shanks saat perang besar terjadi dan menolong Luffy menyelamatkan Ace. Ace hidup, semua pun senang.

Tetapi, jika hal itu terjadi dikhawatirkan akan “merusak” perjalanan menuju pendewasaan Luffy. Dia harus mengalami semua hal buruk sebelum menjadi seorang raja bajak laut. Ketiga, Luffy diyakini masih harus meningkatkan kekuatannya lagi. Luffy memang menjadi karakter yang perkembangan kekuatannya sangat pesat. Namun, tetap, Luffy butuh dorongan dan latihan sebelum berhasil mewujudkan mimpinya.

Layaknya apa yang terjadi dengan Ace, Luffy butuh pendorong agar dia semakin kuat. Kekalahan dari Kaido mungkin bisa menambahkan sedikit dorongan, tetapi kehilangan sosok penting seperti Shanks mungkin yang akan memberikannya dorongan yang lebih besar. Bisa saja Shanks tewas seperti yang banyak didiskusikan para fans, yaitu tewas di tangan Blackbeard.

Luffy kemudian berusaha untuk membalas dendam Shanks dengan menjadi lebih kuat, dan menghancurkan Blackbeard. Ketiga alasan itulah yang menjadi dasar mengapa Shanks kemungkinan akan mati sebelum Luffy mengembalikan Topi Jerami yang dia gunakan. Banyak fans yang percaya jika Luffy akan datang ke makam atau kuburan Shanks dan kemudian mengembalikan topinya.

Tetapi, bisa juga ada kemungkinan lainnya yang terjadi di kemudian hari. Tema tentang warisan tekad akan tetap bergulir di cerita One Piece. Seperti disebutkan di atas, Luffy termotivasi untuk menjadi bajak laut karena sosok Shanks. Shanks sendiri berhasil menjadi Yonko setelah sebelumnya dia hanya seorang kru biasa saja. Hal ini masih akan terus berlanjut, setelah semuanya selesai.

Kru Topi Jerami kemungkinan akan dibubarkan, dan mereka akan kembali ke desa atau rumah mereka. Luffy sendiri kemungkinan akan kembali ke desa Foosha. Dan ada sebuah prediksi di mana jika bayi dari Makino – yang diyakini adalah anak dari Shanks – akan mewariskan tekad dari Shanks. Luffy pun akan memberikan topinya kepada anak Shanks.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.