Sebagai salah satu dari empat penguasa samudra, Kaido digambarkan sebagai sosok makhluk paling kuat di dunia dalam seri One Piece. Dia merupakan antagonis utama dalam arc Wano Country yang masih berlangsung sampai saat ini, dan menjadi musuh yang sedang dihadapi oleh Luffy dan kelompok Topi Jerami. Nama Kaido sendiri pertama kali disebutkan oleh Garp, saat dia mengunjungi Luffy di Water Seven.

Seiring berjalannya cerita, Kaido sekarang sudah menjadi sosok yang sangat besar di serinya. Kaido sendiri kemudian muncul untuk pertama kalinya pasca kekalahan dari Donquoxite Doflamingo di arc Dressrosa, yang mana perkenalan Kaido sendiri cukup mengejutkan karena dia diperlihatkan sedang melompat dari Baloon Terminal, sebuah pulau langit yang berada di ketingguan 10.000 meter dari permukaan laut.

Dengan kekuatan fisik dan daya tahan yang luar biasa, wajar jika kemudian Kaido menjadi lawan yang tangguh dan juga menjadi karakter paling kuat saat ini. Pertarungan antara Luffy dan Kaido dalam penyerbuan ke Onigashima sebenarnya memunculkan sikap skeptis di kalangan para fans.

Hal ini dikarenakan mereka tidak yakin bahwa Luffy dan yang lain akan mampu memenangkan pertempuran tersebut. Dan kekhawatiran tersebut sempat terbukti di mana Luffy diperlihatkan kalah berkali-kali dalam pertarungan melawan Kaido. Dalam beberapa chapter diperlihatkan bagaimana Kaido mampu bertahan menghadapi serangan Red Scabbards dan serangan lainnya.

Meskipun Luffy berhasil ditaklukan dengan mudah oleh Kaido, dia kembali bangkit dari kekalahannya dan terus berusaha mengalahkan Kaido. Sampai kemudian Oda memberikan petunjuk dari kondisi fisik Kaido yang mulai melemah. Pertama, saat Yamato melihat awan api yang mengelilingi Onigashima. Awan api tersebut nampak sudah mulai menipis yang membuat bebatuan mulai jatuh.

Kemudian, kita juga melihat bagaimana Kaido mengeluarkan darah dalam pertarungannya melawan Luffy, yang sudah berhasil menemukan “rahasia” kekuatan Kaido yaitu melapisi serangan dan tubuhnya dengan Conqueror Haki. Hal ini membuat Luffy kini menjadi lawan yang seimbang dengan Kaido, meskipun Kaido masih tetap sedikit lebih unggul dari Luffy.

Pertanyaanya kemudian adalah apakah Luffy akan berhasil mengalahkan Kaido? Sebenarnya, para fans terbagi menjadi dua kubu dalam hal ini. Ada sebagian fans yang mengatakan bahwa penyerangan ke Onigashima akan gagal dan Luffy akan kalah dari Kaido. Sebagian fans lainnya meyakini bahwa Kaido justru yang akan kalah, dan Luffy serta aliansinya akan menang.

Melihat dari situasi yang ada saat ini, opsi yang kedua sepertinya masuk akal. Luffy kemungkinan akan menang dalam pertarungan melawan Kaido, meskipun di chapter sebelumnya disebutkan bahwa kekuatan Haki Kaido justru bertambah kuat. Dari situasinya, rasanya kecil kemungkinan jika Kaido atau kelompok Beast mampu memenangkan pertempuran setelah Luffy dan aliansinya berhasil membalikan keadaan.

Setelah Kaido kalah, apa yang akan terjadi kepada villain tersebut? Lagi-lagi, para fans terbagi menjadi dua kubu. Sebagian mengatakan bahwa Luffy akan menghabisi nyawa Kaido, dan sebagian lainnya berpendapat sebaliknya. Namun, ada kemungkinan bahwa Kaido masih akan tetap hidup setelah Luffy mengalahkannya.

Mengapa demikian? Tentu Geeks tidak asing bahwa Oda Sensei bukanlah mangaka yang gemar untuk membunuh karakter yang dia hadirkan. Meskipun ada beberapa kematian yang dihadirkan dalam ceritanya, kematian tersebut harus memberikan dampak yang mendalam, baik untuk ceritanya atau pun para karakter.

Misalnya, kematian Kuina menjadi motivasi bagi Zoro untuk menjadi ahli pedang terbaik. Hancurnya Ohara menjadi motivasi bagi Robin agar bisa menjadi lebih baik. Dan bagaimana Luffy terus menjadi sosok yang kuat merupakan efek dari kematian Ace yang tewas karena Luffy tidak mampu melindunginya. Sejak saat itu Luffy berjanji untuk menjadi lebih kuat dan melindungi teman-temannya. Selain itu, Oda juga memiliki alasannya sendiri untuk tidak membunuh musuhnya.

Dalam kolom SBS, Oda pernah menjelaskan bahwa Luffy tidak pernah membunuh musuhnya karena dengan kalah maka mereka tidak akan bisa melanjutkan mimpinya dan tujuannya. Ketika seorang villain tidak bisa melanjutkan mimpi serta tujuannya, itu bahkan lebih buruk dari kematian itu sendiri. Karena itulah menang atau kalah lebih penting dibandingkan kematian.

Oda Sensei tidak senang untuk membunuh para villain, dan mungkin dia tidak akan pernah membunuh mereka. Sama halnya seperti karakter protagonis, antagonis juga memiliki mimpi. Dalam salah satu chapter disebutkan bahwa keinginan besar Kaido adalah menjadi sosok Joy Boy, dan merubah dunia. Namun, kemudian dia menyadari bahwa dia bukanlah orang yang ditakdirkan untuk menjadi Joy Boy.

Di sisi lain, kita juga tahu bahwa Kaido begitu terobsesi dengan kematian. Mungkin hal tersebut ada kaitannya dengan masa-masa Kaido saat bersama kelompok bajak laut Rocks. Bagi mereka, dengan tewas maka seseorang akan menjadi sosok yang sempurna. Kaido bahkan bukan hanya sekedar ingin mati, tetapi dia ingin tewas seperti halnya kematian yang epik layaknya Whitebeard dan Roger.

Kematian Roger memulai sebuah era bajak laut, dan kematian dari Whitebeard berhasil menggemparkan dunia setelah dia mengungkap fakta tentang One Piece dan membuka jalan bagi era yang baru. Namun, kita bisa melihat bagaimana sosok Rocks, meskipun dia kuat, dia tetap terlupakan oleh orang-orang dan sejarah. Tidak ada yang pernah tahu tentang kematiannya atau bahkan sosoknya.

Bagi Kaido, kematian yang sempurna mungkin adalah ketika semua orang “mengenang” atau mengingat kematiannya selama puluhan atau bahkan ratusan tahun kedepan. Kematiannya menjadi sebuah hal yang legendaris. Oda Sensei mungkin akan membuat Kaido “terbunuh” di tangan Luffy dengan cara menang dalam pertarungannya, namun Kaido akan dibiarkan hidup untuk melihat dan merasakan kekalahan akibat mimpinya yang hancur.

Kaido mungkin akan dipenjara atau dikurung dalam sebuah fasilitas khusus yang membuatnya tidak bisa berbuar apa pun. Dan ketika hal itu terjadi, Kaido mungkin akan dilupakan oleh orang-orang karena semuanya akan lebih mengingat momen di mana Luffy berhasil mengalahkan Kaido. Ini tentu akan jauh lebih buruk dari kematian bagi kaido. Di sisi lain, ini akan menjadi momen bagi Luffy untuk mendapatkan reputasinya sebagai bajak laut terkuat, karena mampu menyingkirkan sosok Kaido yang notabene adalah makhluk terkuat di muka bumi.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.