Dalam arc Wano Country yang masih berjalan sampai saat ini, kita diperkenalkan dua karakter Yonko yang menjadi villain utama di serinya. Mereka adalah Kaido dan juga Big Mom. Sebagai Yonko, rasanya memang tidak heran jika kemudian Kaido dan Big Mom memiliki kekuatan dan ketangguhan yang berada di level yang berbeda dari bajak laut kebanyakan.

Hal ini bisa dilihat dari sosok Kaido, yang diketahui memiliki julukan sebagai makhluk paling kuat di dunia. Di sepanjang pertempuran Onigashima, Kaido sudah banyak menerima serangan dari pihak aliansi Luffy. Dan luar biasanya, semua serangan-serangan yang dia terima nampaknya tidak memberikan pengaruh besar terhadap kaido.

Namun, tentunya bukan hanya Kaido yang memiliki level kekuatan dahsyat tersebut. Big Mom pun diperlihatkan sanggup menahan berbagai serangan yang ada. Disadari atau tidak, sejak kemunculan Big Mom di wilayah Wano, dia sudah banyak menerima serangan-serangan yang mengarah kepadanya yang berhasil ditahan atau justru tidak berefek apa pun terhadap Big Mom.

Serangan paling awal Big Mom terjadi saat dia berada di kawan penjara tambang Udon. Saat itu, Big Mom mencium bau Oshiruko yang menjadi makanan favoritnya. Big Mom yang kelaparan mengikuti aroma tersebut yang ternyata mengarah ke penjara Udon. Sayangnya, Oshirukonya sendiri habis dimakan oleh Luffy. Efeknya, Big Mom pun mengamuk.

Melihat hal tersebut, Queen mencoba menghentikan Big Mom. Meskipun dia sendiri takut, dia berusaha untuk menyerangnya dengan Brachio Bomber. Serangan tersebut tidak memberikan luka apa pun terhadap Big Mom. Namun, dia harus pingsan dan dibawa ke Onigashima. Kemudian serangan lainnya terjadi saat penyerangan ke Onigashima, di mana Franky menyerang wajah Big Mom dengan kendaraan Kurosai FR-U IV.

Lagi-lagi serangan tersebut tidak memberikan efek apa pun, meskipun Homies milik Big Mom terbelah. Selanjutnya Big Mom terkena serangan bantingan Whirlpool Shoulder Throw dari Jinbe, yang nampaknya lagi-lagi tidak berefek apa pun terhadap Big Mom. Kemudian saat Big Mom dan Kaido berada di atap istana, dia sempat terkena teknik Counter Shock dari Law.

Meskipun berhasil membuat Big Mom berteriak kesakitan, tetapi serangan Law tersebut tidak mampu untuk menumbangkan Big Mom. Saat Kid dan Law bekerja sama untuk menyingkirkan Big Mom dari Onigashima, Kid menggunakan salah satu tekniknya, Punk Pistol. Tetapi, sayangnya, peluru yang ditembakan oleh Kid tidak mampu melukai atau bahkan menembus tubuh Big Mom.

Serangan kombinasi Kid dan Law kemudian dilancarkan dengan menggunakan teknik Repel dan Tact, dengan menghantamkan batu besar ke arah Big Mom. Big Mom sendiri tidak terluka, namun hal tersebut berhasil membuat Big Mom terdorong jatuh dari Onigashima sebelum Promotheus menangkapnya. Big Mom kemudian kembali menerima serangan dari kid, Punk Gibson, saat dia mencoba untuk menyerang Nami, Usopp, dan Tama.

Dalam pertarungan yang terjadi di lantai 3 istana Kaido, saat Kid tidak sadarkan diri setelah Hawkins mengendalikan tubuhnya, Big Mom hendak menyerang Kid sebelum kemudian Law lagi-lagi menyerangnya dengan Counter Shock. Kemudian yang paling baru adalah ketika Law dan Kid menggunakan kekuatan awakening dari buah iblisnya. Law menggunakan teknik Kroom, Anasthesia, dan Shock Wille.

Serangan tersebut cukup berdampak terhadap Big Mom, mengingat teknik tersebut menyerang bagian organ dalam Big Mom. Big Mom pun bahkan sampai mengeluarkan darah untuk pertama kalinya. Kid juga kemudian menggunakan teknik awakening miliknya yaitu Punk Crash. Dua serangan epik tersebut, meskipun berhasil melukai Big Mom, ternyata belum mampu membuatnya kalah.

Law kemudian kembali menggunakan teknik Shock Wille yang dilanjutkan oleh teknik Punk Corna Dio, yang lagi-lagi berhasil membuat Big Mom terluka. Terakhir, seperti diperlihatkan pada chapter 1039 kemarin, Law menggunakan teknik Shock Wille untuk yang ketiga kalinya, namun kali ini kekuatannya lebih besar dengan mengerahkan semua sisa tenaga dari Law.

Bahkan, pedang milik Law menembuh pulau Onigashima dan membuat lubang di bagian pulau yang ada di bawahnya. Kid pun melancarkan serangan terakhirnya dengan teknik Damned Punk, sebuah meriam dahsyat yang membuat Big Mom tidak berdaya. Dari semua penjelasan di atas, bisa kita lihat bagaimana Big Mom mampu bertahan dari berbagai serangan dahsyat.

Secara spesifik, semenjak Big Mom muncul di wilayah Wano, dia sudah menerima 17 serangan langsung. Kurang lebih 10 serangan diantaranya mampu memberikan rasa sakit dengan sangat signifikan atau membuat Big Mom terluka parah. Sementara sisanya, meskipun tidak terlalu berfek, mungkin serangan-serangan tersebut cukup untuk perlahan-lahan melemahkannya.

Selain 17 serangan langsung, Homies milik Big Mom pun menerima 5 serangan secara terpisah. Masih belum diketahui apakah serangan terhadap Homies Big Mom juga akan memengaruhi tubuhnya. Yang pasti dengan Homiesnya yang terluka, membuat Big Mom membutuhkan energi yang lebih besar untuk menyembuhkan mereka.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa kedahsyatan dari jurus pamungkas Big Mom benar-benar mampu untuk menahan semua serangan yang diarahkan kepadanya. Bahkan, serangan terakhir yang diperlihatkan di akhir chapter 1039 pun rasanya masih belum cukup untuk bisa menumbangkan Big Mom. Inilah bukti bahwa level daya tahan dari Big Mom tidak kalah mengerikan dari Kaido.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.