Sanji Vinsmoke merupakan salah satu koki yang paling hebat di lautan One Piece. Mantan koki dan pelayan di restoran terapung Barattie ini merupakan salah satu bagian dari kru bajak laut Topi Jerami. Meskipun sudah bergabung dengan kru Luffy, namun peran utama di kru tersebut tetap tidaklah berubah yaitu menyediakan makanan lezat bagi para kru.

Reputasi Sanji sebagai juru masak handal bahkan membuat dia mendapatkan sebuah manga spin-off miniserinya sendiri yaitu Food Wars!: Shokugeki no Sanji. Meskipun Sanji sudah banyak menyajikan makanan lezat dan menggugah selera, namun ada beberapa masakan dari sanji yang bisa dibilang memorable atau paling dikenang di sepanjang seri One Piece. Apa saja?

Risotto Seafood Untuk Gin

Dalam arc Baratie yang menjadi arc perkenalan sosok sanji, dia diperlihatkan sebagai pelayan di restoran Baratie. Gin, salah satu anggota bajak laut Krieg, berhasil melarikan diri setelah dia disekap dan tidak diberi makan selama berhari-hari. Gin sempat meminta makanan dari restoran terapung tersebut, namun para chef di sana tidak mau melayani permintaan Gin.

Melihat ada seseorang yang kelaparan, Sanji pun kemudian menyajikan sepiring risotto seafood untuk Gin. Gin pun dengan senang menerima makanan tersebut, bahkan dia memakan semuanya sampai tidak bersisa. Gin pun pergi setelah selesai makan. Dua hari kemudian, Gin kembali dengan sang kapten dan kapal mereka yang rusak. Mereka meminta Baratie untuk memasakan makanan yang lezat. Tetapi, kembali para chef di sana menolak permintaan tersebut.

Sebagai seseorang yang tidak bisa melihat seseorang kelaparan, akhirnya Sanji pun menuruti permintaan Don Krieg. Setelah menyelesaikan makanan yang disajikan untuknya, Krieg meminta Sanji untuk memasakan makanan bagi seluruh krunya. Ketika para chef lain menolak untuk melakukannya dan meminta Sanji untuk tidak lagi menyajikan makanan, Zeff pun akhirnya melakukan apa yang dilakukan oleh Sanji. Sikap baik yang dilakukan oleh Sanji untuk memberi makan orang yang lapar, memberikan impresi atau kesan yang baik dan positif baik bagi Luffy atau pun bagi para penggemar.

Bento/Bekal Untuk Luffy

Sanji memutuskan untuk meninggalkan kru Topi Jerami demi menyelamatkan rekan-rekannya dari amukan Big Mom, seperti yang diperlihatkan dalam arc Whole Cake Island. Namun, Luffy tidak menerima kepergian Sanji tersebut dan memutuskan untuk mengikutinya untuk pergi ke Whole Cake Island. Ketika Luffy dan Sanji bertemu, Sanji menolak untuk kembali dan bahkan dia menghajar Luffy.

Meskipun Sanji sudah menyerang Luffy, tetapi Luffy sendiri yakin bahwa dia sebenarnya tidak ingin melakukan hal tersebut. Dia pun bahkan melakukan sebuah protes, di mana dia tidak akan makan makanan apa pun selain makanan yang dibuat atau dimasak oleh Sanji. Ketika Sanji sedang mempersiapkan bekal/Bento untuk Pudding, secara tidak sadar Sanji justru memasak makanan favorit para kru Topi Jerami.

Momen tersebut juga menjadi titik di mana Sanji akhirnya menyadari kesalahannya. Sanji pun akhirnya memutuskan untuk memberikan bekal tersebut kepada Luffy. Meskipun makanan tersebut sempat terjatuh dan kotor, dan dalam keadaan yang tidak layak, Luffy tetap dengan senang hati memakan semua makanan yang dibuat oleh Sanji tersebut.

Kue Big Mom

Ini adalah pencapaian terbesar yang dilakukan oleh Sanji selama berkiprah sebagai juru masak. Ketika semua orang menantikan pernikahan antara Sanji dan Pudding yang akan menyatukan Germa 66 dan kelompok bajak laut Big Mom, Big Mom sendiri justru tidak sabar untuk segera memakan kue pernikahannya. Sayangnya, Luffy menghancurkan kue pernikahan tersebut. Belum lagi Brook menghancurkan foto dari Mother Carmel.

dAkibat dari semua itu membuat Big Mom menjadi sebuah mimpi buruk bagi semuanya. Untuk mencegah Big Mom mengamuk, Chiffon dan Pudding pun kemudian mencari Sanji untuk membantu mereka membuat kembali kue pernikahan yang dihancurkan oleh Luffy. Sanji kemudian menyamar dan mulai mempersiapkan kuenya bersama dengan Chiffon dan Pudding beserta para ahli kue lainnya dari Whole Cake Island.

Yang luar biasanya adalah ketika kue pernikahan sebelumnya dipersiapkan dalam waktu beberapa hari, kue pernikahan ini dikerjakan hanya dalam hitungan jam saja. Mereka selesai sebelum Big Mom menghancurkan Thousand Sunny. Kue pernikahan tersebut terbukti berhasil bukan hanya untuk menghentikan Big Mom, tetapi juga membuat dia tidak sadarkan diri. Hal itu memberikan kesempatan bagi kelompok bajak laut Topi Jerami untuk pergi.

Kemampuan memasak Sanji tidak diragukan lagi merupakan salah satu yang terbaik di seri One Piece. Mulai dari bento yang hancur sampai kue pernikahan yang masif dan manis, makanan-makanan tersebutlah yang memberikan dampak besar terhadap ceritanya dan juga ada emosi yang muncul di dalamnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.