Edward Newgate alias Whitebeard dan Gol D. Roger merupakan dua seteru abadi di seri One Piece. Keduanya bukan hanya sama-sama karakter terkuat di serinya. Mereka juga sama-sama memiliki peran penting dalam ceritanya. Gol D. Roger merupakan raja bajak laut yang statusnya masih belum tergantikan sampai saat ini. Sedangkan Whitebeard adalah karakter dengan julukan manusia paling kuat di dunia.

Sebelum dia tewas, Whitebeard merupakan mantan kru dari bajak laut paling ditakuti di lautan yaitu kelompok bajak laut Rocks. Namun, pasca kelompoknya bubar, Whitebeard pun membentuk kelompok bajak lautnya sendiri dan kemudian menjadi salah satu penguasa samudra alias Yonko. Meskipun Whitebeard bukan raja bajak laut, Whitebeard mampu menyaingi kekuatan Roger.

Ada beberapa bukti dari hal tersebut. Pertama, seperti yang diperlihatkan di kilas balik Kozuki Oden, dalam pertarungan yang terjadi selama tiga hari tanpa jeda di sebuah pulau Whitebeard dan Roger sama-sama sangat kuat. Tidak ada yang menang atau pun kalah dalam pertarungan tersebut. Karena sama-sama kuat, akhirnya pertarungan pun dihentikan dan mereka memutuskan untuk berpesta.

Contoh kedua adalah bagaimana Whitebeard – dan kelompok bajak lautnya – bertempur menghadapi seluruh pasukan angkatan laut. Dalam pertempuran puncak di arc Marineford tersebut kita melihat bagaimana Whitebeard bisa saja menghancurkan markas pusat angkatan laut tersebut sendirian. Namun, karena beberapa faktor, Whitebeard tidak bisa melakukannya.

Dalam pertempuran tersebut diperlihatkan bagaimana kemampuan fisik dari Whitebeard yang luar biasa, di mana untuk benar-benar bisa mengalahkan Whitebeard dibutuhkan banyak sekali kekuatan besar. Mulai dari Sakazuki sampai pengkhianatan dari Squad, yang menusuk bagian jantung Whitebeard yang melemahkan fisiknya. Kemudian di akhir pertempuran tersebut disebutkan juga bukti kehebatan Whitebeard lain.

Misalnya fakta bahwa Whitebeard tewas dengan ratusan peluru yang menyerang tubuhnya serta ratusan sayatan pedang dan puluhan tusukan. Belum lagi sebagian wajahnya menghilang akibat serangan magma Sakazuki. Hal ini menjadi bukti bagaimana kekuatan fisik Whitebeard sedikit di atas Roger. Berbicara mengenai kekuatan fisik, Whitebeard diketahui memiliki kekuatan yang dahsyat.

Dia memiliki kekuatan buah iblis Gura Gura, buah iblis Paramecia paling kuat di mana penggunanya bisa menciptakan getaran, yang mana getaran tersebut bisa digunakan untuk menghadirkan gelombang laut yang besar seperti tsunami. Selain bisa menimbulkan tsunami, getaran dari buah iblis ini pun bisa juga membuat gempa yang sangat dahsyat. Jika dia mau, bisa saja sebuah pulau hancur dalam beberapa detik.

Sengoku menyebutkan bahwa Whitebeard memiliki kekuatan yang sanggup untuk menghancurkan dunia ini. Juga Sengoku pernah membandingkan kekuatan Whitebeard dengan kekuatan senjata kuno, sesuatu yang tidak bisa dilakukan oleh Roger. Selain kekuatan buah iblis, Whitebeard juga diketahui memiliki kemampuan Haki yang dahsyat.

Haki yang dimiliki oleh Whitebeard sudah berada pada level tertinggi, dan juga dia menguasai ketiga jenis Haki. Bukti dari hal ini adalah dalam pertarungan menghadapi Roger, sempat muncul kilatan hitam yang menandakan bahwa Whitebeard menggunakan Conqueror Haki tingkat lanjut. Hal ini pun kembali muncul dalam pertarungan Kaido dan Luffy di pertempuran Onigashima.

Selain dalam hal fisik, Whitebeard juga unggul dalam beberapa hal. Misalnya Whitebeard ahli dalam hal strategi. Roger mungkin adalah sosok yang kuat, namun dia cenderung ceroboh dan serampangan. Berbeda dengan Whitebeard di mana dia merupakan ahli dalam strategi dan penuh pehitungan. Kemampuan tersebut pernah diperlihatkan selama perang di Marineford.

Saat itu Whitebeard berhasil membalas setiap strategi yang disiapkan oleh Sengoku. Bahkan, Sengoku sendiri mengaku bahwa Whitebeard adalah sosok yang jenius. Ketik Sengoku berusaha menyudutkan Whitebeard, rencana tersebut gagal total, dan Whitebeard berhasil mengendalikan situasi. Sayangnya, meskipun Whitebeard adalah sosok yang kuat dia memiliki “kelemahan.”

Whitebeard diketahui tidak memiliki minat atau ambisi yang besar untuk menjadi raja bajak laut. Dalam ceritanya pun sering kali diperlihatkan bahwa Whitebeard tidak ingin pergi ke Laugh Tale, meskipun Roger sudah memberi tahu bagaimana caranya untuk bisa pergi ke sana. Whitebeard nampaknya tidak berminat untuk menjadi seorang raja bajak laut.

Yang selalu Roger inginkan adalah sebuah keluarga. Karena itulah Whitebeard dan kelompok bajak lautnya sering kali dianggap sebagai rumah dan keluarga baginya. Yang mana untungnya Whitebeard berhasil mewujudkannya, meskipun “keluarga” tersebut tidaklah sempurna dengan berbagai masalah yang ada, misalnya pengkhianatan yang dilakukan oleh Blackbeard. Bagaimana menurut kalian Geeks, apakah kalian setuju dengan hal ini?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.