Arc Wano country disebut-sebut sebagai arc yang paling besar dalam seri One Piece, untuk saat ini. Selain dari skala pertempuran puncaknya yang melebihi pertempuran di Marineford, kita juga diperlihatkan berbagai momen atau peristiwa-peristiwa penting dalam sejarah yang belum sempat dihadirkan sebelumnya. Setelah hampir empat tahun lamanya arc Wano berjalan, akhirnya arc ini sudah mendekati puncaknya.

Pertempuran di Onigashima menjadi kulminasi atau peristiwa puncak dari tiga babak arc Wano Country. Dalam pertempuran tersebut kita melihat bagaimana Luffy dan pasukan aliansinya bertempur secara habis-habisan menghadapi pasukan bajak laut Beast milik Kaido. Selain itu, kita juga melihat bagaimana mereka harus menghadapi Kaido dan juga Big Mom.

Situasi pertempuran sendiri sebenarnya sangat tidak berimbang. Pasukan aliansi hanya berjumlah kurang lebih 7.000 orang. Sedangkan kru bajak laut Beast bisa mencapai 30.000 orang. Meskipun sempat kewalahan, para pasukan aliansi perlahan mampu untuk membalikan keadaan. Bahkan, sesuai prediksi para agen CP-0, pasukan aliansi berhasil menghabisi para eksekutif dari kru bajak laut Beast.

Kita melihat hampir semua anggota Flying Six tumbang oleh anggota kru Topi Jerami. Bukan hanya Flying Six, tiga All-Stars yang merupakan yang terkuat di kru bajak laut Beast harus tumbang. Jack tumbang oleh Inuarashi dan Nekomamushi. Queen sendiri tumbang oleh Sanji, dan terakhir adalah King yang berhasil dikalahkan oleh Zoro.

Yang paling baru adalah Big Mom berhasil dikalahkan oleh dua Supernova, Trafalgar Law dan Eustass Kid. Meskipun situasi di Onigashima masih kacau dengan istana Kaido yang terbakar hebat, namun pihak aliansi sepertinya memiliki peluang untuk menang. Masih harus dinantikan bagaimana pertarungan akhir Luffy melawan Kaido.

Masih belum diketahui apakah arc Wano akan selesai dengan hanya tiga babak atau akan ada babak keempat. Dengan asumsi bahwa semuanya akan selesai di babak ketiga ini, pertanyaannya kemudian adalah apa yang akan terjadi kepada dua Supernova tersebut? Meskipun Luffy, Kid, dan Law memperlihatkan sebuah kerja sama yang baik, kemungkinan Law dan Kid akan berpisah dengan aliansi ini.

Masing-masing dari mereka ingin melanjutkan petualangan sekaligus mewujudkan mimpi mereka untuk menjadi seorang bajak laut. Kid yang mungkin akan terlebih dahulu untuk pergi meninggalkan aliansi ini serta pergi dari Wano untuk menuju pulau selanjutnya. Hal ini pun sempat terjadi saat time-skip dua tahun lalu, di mana Kid menjadi Worst Generation pertama diantara mereka bertiga yang mencapai New World.

Lagipula, seperti yang banyak dispekulasikan oleh para fans, Kid merupakan rival dari Luffy dalam hal perburuan One Piece dan titel raja bajak laut. Mereka akan saling bersaing untuk terlebih dahulu menemukan One Piece. Tetapi, persaingan diantara mereka adalah persaingan yang sehat di mana keduanya saling berkompetisi dengan caranya masing-masing.

Bagaimana dengan Law? Law sebenarnya memiliki potensi besar untuk bisa bergabung dengan kru Topi Jerami. Bahkan, Law adalah salah satu karakter yang banyak diinginkan oleh para fans untuk bergabung dengan kru Topi Jerami. Namun, Law adalah sosok kapten yang peduli terhadap anak buahnya.

Sehingga, Law kemungkinan tidak akan bergabung dengan kru Topi Jerami dan lebih memilih untuk tetap bersama dengan krunya. Sejauh ini, masih belum diketahui ke mana destinasi dari Law selanjutnya. Apakah dia akan ikut bersama Luffy ke pulau selanjutnya atau mungkin Law sudah memiliki destinasi tersendiri.

Tetapi, yang sudah bisa dipastian adalah Law sudah memiliki rencana besar yang dia siapkan. Mungkin, di akhir chapternya – atau menjelang akhir chapternya – Luffy akan kembali bertemu dengan dua karakter tersebut. Dan saat kembali bertemu, mereka bertiga sudah menjadi sosok yang jauh lebih kuat. Kita nantikan saja ya Geeks apa yang akan terjadi kepada tiga Worst Generation ini pada chapter yang akan datang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.