Rasanya semua Geeks mengenal sosok Obito, mantan rekan satu tim dari Hatake Kakashi dan merupakan salah satu antagonis utama di seri Naruto. Selama bertahun-tahun, Obito sudah mengaplikasikan kekuatannya yang luar biasa dahsyat baik untuk keuntungan bagi Konoha atau pun kehancuran bagi desa tempat tinggalnya tersebut. Dengan karakternya yang menarik, wajar jika Obito menjadi salah satu karakter yang populer.

Sama halnya seperti para karakter hebat lainnya, Obito tentunya memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh shinobi atau karakter lainnya. Terlepas dari kesalahan yang sudah dia perbuat bersama Akatsuki, dan apakah dia memang perlu “diampuni” semua kesalahannya, kemampuan dahsyat Obito patut untuk diapresiasi. Berikut adalah berbagai kedahsyatan dari sosok Obito.

Pergerakan yang Dahsyat

Obito mungkin bukan yang tercepat dalam serinya, namun dia menjadi salah satu shinobi yang memiliki refleks luar biasa. Bukti paling nyata dari kemampuannya ini adalah Obito mampu menandingi kecepatan yang diperlihatkan oleh Minato, sosok shinobi paling cepat di seluruh Konoha dan seluruh dunia.

Sayangnya, Obito harus mengakui kecerdasan dari Minato yang kemudian berhasil mengalahkannya. Obito juga diperlihatkan berhasil menghindari serangan kombinasi dari Kakashi, Naruto, Sakura, dan Kiba dengan menggunakan teknik Kamui. Saking luar biasanya teknik tersebut, mereka seolah tidak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan teknik Obito tersebut.

Dikelilingi Orang-Orang Hebat

Selain memiliki kekuatan yang luar biasa, hal yang membuat Obito menjadi sosok yang mengerikan adalah dia selalu berada di sekitar orang-orang yang tidak kalah kuat darinya. Hal ini pertama kali diperlihatkan ketika dia masih kecil. Obito diperlihatkan berteman dengan Kakashi, Minato, dan bahkan Madara Uchiha. Bergabung dengan Akatsuki menjadi keputusan yang tepat bagi Obito.

Di kelompok tersebut Obito bertemu dengan banyak sosok hebat, seperti Itachi Uchiha, Deidara, Hidan, Kisame, dan masih banyak lainnya. Hal tersebut menjadi bukti bahwa memang Obito tidak pernah berhenti dikelilingi oleh orang-orang hebat. Bahkan, di saat terakhirnya pun Obito diperlihatkan bersama dengan sosok Naruto.

Keberanian dan Determinasi

Ketika Obito sudah berkomitmen dalam sebuah misi atau tujuan, Obito akan selalu mengerahkan semua hal yang ada dalam dirinya. Dia tidak pernah takut akan rintangan atau hadangan yang muncul di depan. Obito juga selalu rela mengorbankan dirinya demi orang lain. Hal ini pertama kali diperlihatkan saat Obito memberikan Sharingannya kepada Kakashi, saat dia sekarat akibat terkena bebatuan.

Kemudian, di akhir seri Naruto Shippuden diperlihatkan bagaimana Obito rela mengorbankan dirinya terkena duri-duri tajam demi melindungi Team Tujuh. Momen tersebut merupakan bentuk penebusan dosa yang dia lakukan atas berbagai kesalahan yang dia perbuat sebelumnya. Efeknya, para shinobi lain pun mampu meneruskan pertarungan dan berhasil menyegel Kaguya.

Penggunaan Sharingan Terbaik

Rasanya semua orang sudah mengakui bahwa Obito merupakan pengguna Doujutsu Sharingan yang sangat luar biasa. Inilah yang menjadi alasan mengapa kemudian Obito mampu memiliki refleks yang dahsyat, mampu membaca pergerakan musuh, dan mampu membuat para aliansi shinobi kerepotan saat menghadapinya.

Salah satu bukti kedahsyatan dari Sharingan Obito adalah dia mampu menirukan Jutsu milik Kakashi dan menggunakannya untuk mengalahkan Kakashi. Momen paling epik dari penggunaan Sharingan Obito adalah ketika dia bertarung melawan Konan. Dengan menggunakan teknik terlarang Izanagi, Obito berhasil menghindari semua teknik ledakan yang disiapkan oleh Konan dan membalasnya dengan serangan yang mematikan. Mata yang hilang milik Obito kemudian diganti oleh Rinnegan milik Nagato.

Tahan Rasa Sakit

Sebagai seorang shinobi yang sudah sangat berpengalaman, Obito memiliki daya tahan terhadap rasa sakit yang mengerikan. Contohnya dia mampu bertahan dari serangan dahsyat Konan, yang menghancurkan sebagian besar tubuhnya. Kemudian Obito juga cukup percaya diri saat dia meminta Sakura untuk mencabut mata Rinnegan dari tubuhnya dengan menggunakan Kunai.

Melukai mata dengan menggunakan benda tentu akan terasa sangat menyakitkan, dan hal tersebut bisa menjadi peluang bagi aliansi Shinobi untuk mengalahkannya. Namun, dengan Obito meminta hal tersebut kepada sakura seolah tidak ada rasa sakit sama sekali memperlihatkan bagaimana Obito memiliki daya tahan rasa sakit yang berada pada level yang lain.

Menjadi salah satu sosok penting dalam tim Akatsuki dan juga menjadi salah satu villain yang diperhitungkan di sepanjang serinya, wajar jika kemudian Obito memiliki berbagai kekuatan yang mengerikan seperti contoh di atas. Terlepas dari semua hal mengerikan yang sudah dia lakukan, dengan apa yang sudah dia lakukan untuk menebus dosanya, secara tidak langsung Obito juga sudah menyelamatkan dunia.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.