Rinnegan merupakan Doujutsu terkuat diantara tiga Doujutsu terkuat di dunia Naruto, selain Byagkugan dan Sharingan. Rinnegan diketahui hanya dimiliki oleh sedikit orang saja, karena untuk bisa mendapatkan mata ini diperlukan kekuatan dari Sage of Six Paths. Mereka yang memiliki Rinnegan hanya memiliki dua kemungkinan, membawa kedamaian bagi dunia atau justru kehancuran.

Rinnegan sendiri pertama kali digunakan oleh Hagoromo Otsutsuki, baru kemudian beberapa karakter lainnya bisa mendapatkan kemampuan tersebut. Menjadi Doujutsu terkuat, tidak heran jika ada banyak kemampuan dahsyat dan mengerikan yang dimiliki oleh Rinnegan yang bisa digunakan pemiliknya. Lalu, apa saja berbagai kemampuan dahsyat dari Rinnegan tersebut? Berikut adalah daftarnya.

Membangkitkan yang Tewas

Salah satu kemampuan dahsyat yang dimiliki oleh Doujutsu Rinnegan adalah mengatur kehidupan dan kematian. Salah satu teknik yang bisa digunakan saat menggunakan Rinnegan adalah Rinne Rebirth. Tekniknya sendiri pertama kali diperkenalkan oleh Nagato Uzumaki.

Dengan menggunakan Rinne Rebirth, pengguna Rinnegan bisa membangkitkan seseorang dari kematian. Bahkan, bukan hanya satu orang yang bisa dibangkitkan. Penggunanya bisa membangkitkan dua, tiga, atau bahkan banyak orang sekaligus seperti yang diperlihatkan Nagato saat membangkitkan kembali penduduk Konoha. Hanya saja, jika kemudian tekniknya digunakan, maka nyawa penggunanya yang menjadi bayarannya.

Mengendalikan Manusia

Ningendo atau Jutsu mengendalikan manusia adalah teknik mengerikan lainnya yang dimiliki oleh Rinnegan. Teknik Human Path membuat penggunanya bisa membaca pikiran dari setiap orang yang ada. Bukan hanya membaca pikiran, dengan menggunakan teknik ini penggunanya bisa saja mencabut jiwa dari sosok tersebut. Efeknya, sang korban pun tewas seketika.

Meskipun menggunakan kemampuan ini dalam pertarungan secara terus-menerus merupakan sesuatu yang sangat sulit, Nagato diperlihatkan mampu menggunakannya terhadap Naruto dan Killer B. Bahkan, Nagato mampu menggunakannya tanpa rintangan. Kedua karakter tersebut bisa saja tewas jika Itachi tidak muncul dan mengganggu momen Nagato tersebut.

Membangkitkan Penjaga Neraka

Disebut-sebut sebagai path yang paling penting oleh Pain, Naraka Path atau Jigokudo adalah sebuah teknik yang membuat pengguna Rinnegan akan mampu membangkitkan raja neraka dan memberikan mereka dua kemampuan besar; yang pertama adalah mendapatkan informasi penting. Teknik ini membuat targetnya mengatakan sesuatu dengan jujur.

Berbohong membuat nyawa korbannya menjadi terancam. Kemampuan kedua adalah penggunanya bisa sembuh dengan seketika dari berbagai luka apa pun dalam beberapa saat saja dengan berjalan masuk ke tubuh raja neraka yang mereka panggil. Jika mau, pengguna Rinnegan bisa saja mengirimkan nyawa korbannya untuk dimakan raja neraka.

Mengatur Gravitasi

Dengan mengakses teknik Tendou atau Deva Path, pengguna Rinnegan akan mampu mendorong atau menarik objek atau orang dengan mengendalikan kekuatan gravitasi di sekitarnya. Contoh terbaik dari penggunaan teknik Deva Path adalah ketika Pain menghancurkan desa Konoha dengan hanya satu dorongan saja.

Selain itu, teknik Deva Path juga akan mampu membuat penggunanya bisa mengakses teknik segel dahsyat yang disebut sebagai Chibaku Tensei. Mereka akan menyiapkan sebuah tempat yang akan menyerap semuanya ke dalam. Efeknya tempat tersebut bisa menjadi sangat besar, seperti saat menjebak Kaguya Otsutsuki. Deva Path merupakan kekuatan terkuat yang ditawarkan oleh Rinnegan.

Mampu Menyerap Ninjutsu

Selain Hagoromo, pemilik Rinnegan dari klan Otsutsuki lainnya adalah Momoshiki Otsutsuki. Momoshiki merupakan pengguna teknik Preta Path yang sangat baik karena bisa menggunakan tekniknya dengan sangat mudah. Dengan mengakses teknik Preta Path, Momoshiki bukan hanya bisa menyerap Ninjutsu milik musuh.

Dia juga bisa mengembalikannya berkali-kali lipat kekuatannya dari semula. Momoshiki bisa dibilang sangat sering menggunakan teknik ini, terutama dalam pertarungannya melawan Naruto dan Sasuke. Saat Borushiki menghadapi Kawaki pun dia sempat menggunakan teknik ini, memberikan gambaran seberapa mengerikannya kemampuan ini.

Sebagai Doujutsu paling kuat dan luar biasa di franchise Naruto, tidak heran jika Rinnegan mampu memperlihatkan kekuatan dahsyat seperti yang disebutkan di atas. Para penggunanya hampir bisa menguasai seluruh aspek kehidupan, dan juga mereka bisa menguasai kematian atau kehidupan dari seseorang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.