Selalu ada hal menarik jika kita membahas tentang sosok Monkey D. Dragon dalam cerita One Piece. Pemimpin dari Pasukan Revolusi dan ayah dari Luffy ini, merupakan sosok yang sangat misterius. Meskipun sudah beberapa kali muncul di dalam cerita, tidak banyak diketahui tentang sosok ini. Kita juga tidak tahu bagaimana memulai Pasukan Revolusi, mengapa dia meninggalkan Luffy, dan sebagainya.

Dan jika berbicara mengenai asal-usul Luffy dan Dragon, selalu ada berbagai teori menarik yang muncul di kalangan fans mengenai hal ini. Salah satunya adalah bagaimana jika Dragon dan orang tuanya berasal dari Wano. Bagaimana hal itu bisa terjadi? Berdasarkan teorinya, hal ini ada kaitannya dengan kaburnya klan Shimotsuki dari Wano sekitar 55 tahun yang lalu.

Seperti yang diketahui, berdasarkan dari apa yang diperlihatkan di ceritanya, sekelompok penduduk Wano kabur dari wilayah tersebut dan pergi menuju East Blue. Salah satu diantaranya adalah Shimotsuki Kouzaburo yang merupakan ayah dari Koushiro dan kakek dari Kuina. Kouzaburo juga merupakan pendiri dari desa Shimotsuki, yang kemudian menjadi tempat Roronoa Zoro tumbuh.

Kita tahu bahwa desa Shimotsuki sangat dekat dengan desa Fusha atau kerajaan Goa. Dan berdasarkan informasi yang ada diketahui bahwa Dragon lahir di desa tersebut. Dalam salah satu chapter diperlihatkan bagaimana Dragon dan Pasukan Revolusi pergi ke kerajaan Goa untuk mengisi ulang perbekalan, sekaligus membantu para korban yang selamat di wilayah Terminal Gray.

Monkey D. Dragon sendiri usianya saat ini adalah 55 tahun, artinya dia lahir di tahun yang sama ketika para imigran atau penduduk Wano yang kabur tiba di East Blue. Ketika Oda Sensei menghadirkan informasi dengan sangat detail, bahkan menghadirkan tahunnya, maka ada kemungkinan bahwa hal tersebut merupakan sesuatu yang sangat penting.

Kemudian, tato yang ada di wajah Dragon sangat mirip dengan simbol yang ada di pakaian yang dikenakan Shimotsuki Ryuma. Yang menarik adalah di motif baju Ryuma tersebut tertulis sebuah teks kanji yang berarti “naga.” Timelinenya benar-benar sesuai dengan apa yang dihadirkan dalam ceritanya, di mana saat usianya 23 tahun Garp menjadi seorang ayah dari bersama seorang wanita misterius, yang diduga berasal dari Wano.

Anak tersebut kemudian diberi nama Dragon karena sosok naga merupakan sesuatu yang sangat penting dalam kebudayaan Wano. Hal lainnya seolah mendukung teori tersebut, seperti Wano yang menjadi salah satu negara atau wilayah yang tidak terafiliasi dengan Pemerintah Dunia. Tato yang ada di wajahnya pun kemungkinan sebagai bentuk penghormatan terhadap Warisan leluhurnya.

Terakhir, teorinya sendiri menyebutkan bahwa berdasarkan informasi yang diberikan oleh Oda Sensei, jika Luffy ada di dunia nyata maka dia akan berasal dari Brazil. Brazil sendiri merupakan salah satu negara imigran terbesar yang ada di Jepang. Ada kurang lebih sekitar 2 juta orang Brazil yang tinggal di Jepang. Jika kemudian teorinya benar, maka hal tersebut akan menjadi bentuk referensi yang sangat menarik dan tentunya akan menjadi salah satu plot twist besar, karena tidak ada yang menyangka jika Dragon berasal dari Wano. Bagaimana menurut kalian Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.