Setelah Takemichi berhasil menyelesaikan misinya dalam seri manga Tokyo Revengers untuk mengubah masa depan, di mana Hina tewas, sesuatu yang jauh lebih besar pun akhirnya terjadi. Pada awalnya, semua nampak normal, dan Takemichi menganggap misinya sukses. Namun, Takemichi kemudian melihat bahwa Mikey yang justru terjebak dalam lubang hitam mengerikan.

Takemichi melihat bagaimana sosok yang dia kenal, Manjiro Sano alias Mikey, justru menjadi pemimpin dari sebuah organisasi kriminal berbahaya di Jepang. Mikey juga menjadi sosok yang berbahaya, di mana dia tidak segan-segang untuk menghabisi nyawa orang lain. Ternyata organisasi tersebut bernama Bonten. Bonten bergerak di bidang prostitusi, judi, dan hal-hal mengerikan lainnya.

Sampai saat ini, para fans sendiri masih penasaran apa yang sebenarnya terjadi kepada Mikey. Apa yang kemudian menjadi alasan Mikey membentuk Bonten dan kapan hal tersebut terjadi. Para fans sendiri banyak yang berspekulasi mengenai hal tersebut, terutama apa yang menjadi alasan Mikey membentuk organisasi tersebut. Salah satunya adalah ingin melindungi Takemichi dan yang lain.

Dalam petualangan Takemichi sebelumnya, semua mantan geng Toman pernah mengatakan bahwa mereka semua memiliki mimpi dan cita-cita. Hanya Mikey yang diketahui tidak memiliki cita-cita. Berdasarkan apa yang dihadirkan dalam ceritanya, Mikey hanya mengatakan bahwa dia ingin melindungi cita-cita mereka dan melindungi semua kebahagiaan mereka.

Hal tersebut terjadi bertahun-tahun setelah Mikey memutuskan untuk membubarkan geng Toman. Keputusan Mikey untuk membubarkan geng Toman mungkin adalah sesuatu yang berat baginya. Namun, demi melindungi mimpi dari teman-temannya tersebut Mikey rela untuk membubarkannya, dengan mengorbankan kebahagiaanya sendiri.

Jadi, dapat diasumsikan bahwa alasan Mikey membentuk organisasi kriminal Bonten pada masa depan saat Takemichi berhasil menyelamatkan Hina adalah karena dia ingin melindungi teman-temannya dan juga melindungi cita-cita serta kebahagiaan mereka. Namun, ada kemungkinan alasan tersebut berbeda dengan apa yang terjadi saat ini.

Dalam chapter sebelumnya diperlihatkan bagaimana Takemichi kembali ke masa lalu, tepatnya pada tahun 2008, saat Mikey meminta tolong kepada Takemichi untuk menyelamatkan dirinya. Pada saat itu, Mikey merupakan pemimpin dari salah satu geng besar di Tokyo, Kanto Manji Gang. Dia berkuasa bersama dua geng lainnya, Brahman yang dipimpin Kawaragi Senju dan Rokuhara Tandai yang dipimpin oleh Terano South.

Draken sendiri sudah memperingatkan Takemichi bahwa Mikey sudah berubah menjadi sosok yang mengerikan. Sangat sulit untuk menyelamatkannya. Meskipun begitu, Takemichi dan Draken sendiri tidak mundur untuk menyelamatkan Mikey. Sampai kemudian suatu peristiwa membuat semuanya berubah.

Di sebuah taman bermain, Draken harus tewas tertembak oleh salah satu anak buah South. Draken saat itu mencoba melindungi Takemichi dari tembakan tersebut. Kematian Draken memicu pertempuran besar tiga geng di Tokyo terjadi lebih cepat. Dan puncaknya adalah bagaimana Mikey kehilangan kesadarannya, karena dikuasai oleh rasa marah dalam dirinya karena kesedihan akibat kematian Draken.

Mikey pun diperlihatkan membunuh Terano South dan hampir juga membunuh Takemichi. Kematian South diyakini menjadi awal mula Takemichi berubah menjadi sosok mengerikan. Dan kemenangan Kanto Manji atas dua geng tersebut menjadi awal dari terbentuknya organisasi kriminal Bonten.

Kesimpulannya, ada dua timeline berbeda yang menjelaskan dua alasan berbeda mengapa dan kapan Mikey membentuk organisasi Bonten. Dalam timeline yang pertama, Mikey membentuk Bonten karena dia ingin melindungi Takemichi dan semua teman-temannya di Toman. Dia juga sedih karena Toman harus bubar, yang mana Toman sudah menjadi sesuatu yang sangat berharga bagi Mikey.

Dalam timeline kedua, Mikey masih melindungi semua teman-temannya dengan menjauh dan menjadi sosok yang mengerikan. Namun, puncak perubahan dari Mikey menjadi seseorang yang jahat adalah ketika dia mengetahui bahwa sahabat dekatnya, Draken, harus tewas. Mikey merasa bahwa dia tidak memiliki siapa-siapa lagi dalam hidupnya dan dia harus menanggung semua beban tersebut sendirian. Efeknya emosi dalam diri Mikey pecah dan membuat Mikey dikendalikan oleh emosi tersebut.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.