Pertempuran puncak yang terjadi d Marineford menjadi salah satu momen yang paling ikonik dalam seri One Piece. Pertempuran tersebut memperlihatkan kru bajak laut Whitebeard yang menghadapi seluruh pasukan angkatan laut dan Shichibukai. Hal tersebut dilakukan Whitebeard demi menyelamatkan Ace. Pertempuran ini juga menjadi momen dimulainya era baru, yang ditandai oleh tewasnya Whitebeard dan Ace.

Di akhir pertempuran tersebut, muncul sosok yang sama sekali tidak terduga. Sosok tersebut sengaja datang ke Marineford untuk menghentikan pertempuran yang sudah mengakibatkan banyak korban jiwa. Dia adalah Shanks si Rambut Merah. Tetapi, kemunculan Shanks di Marineford tersebut memunculkan banyak sekali pertanyaan di kalangan para fans.

Selain para fans, para angkatan laut pun benar-benar terkejut dengan kemunculan dari Shanks. Hal ini dikarenakan menurut penuturan mereka, beberapa hari sebelum proses eksekusi Ace terjadi Shanks sedang bertarung menghadapi Yonko lainnya yaitu Kaido. Dan tidak butuh waktu lama bagi Shanks untuk kemudian tiba di Marineford dan menghentikan pertempuran tersebut.

Hal tersebut membuat para fans penasaran, terutama mengenai pertarungan tersebut, dan masih menjadi misteri sampai saat ini. Namun, Eiichiro Oda mungkin sudah memberikan petunjuk lebih lanjut mengenai pertempuran tersebut. Hal ini tertuang dalam salah satu informasi yang muncul di Vivre Card. Dalam Vivre Card tersebut disebutkan bahwa King sedang bersama Kaido saat dia hendak pergi menuju Marineford.

Sekilas mungkin informasi tersebut terdengar biasa saja, namun sebenarnya ada detail penting yang rasanya tidak banyak orang sadari. Informasi di Vivre Card menyebutkan bahwa Kaido hanya membawa serta King, atau mungkin juga King yang memutuskan untuk ikut bersama Kaido. Kaido mungkin tidak ingin membawa banyak kru untuk bisa pergi ke Marineford.

Apa yang kemudian menjadi alasan Kaido melakukan hal tersebut? Kemungkinan karena kondisi geografis Wano yang terisolasi, di mana seperti yang kita keahui, bahwa wilayah Wano menjadi wilayah yang sulit untuk mendapatkan informasi dari dunia luar. Mungkin Kaido terlambat menerima informasi mengenai perang besar di Marineford, karena hal tersebut juga Kaido tidak memiliki waktu untuk mempersiapkan pasukan dan armada miliknya.

Kaido harus segera pergi ke Marineford karena itu merupakan kesempatan terakhir baginya untuk menghabisi Whitebeard. Selain itu, momen tersebut juga menjadi kesempatan Kaido untuk menghancurkan para admiral, sengoku, Garp, dan seluruh markas angkatan laut. Mengingat waktu yang terbatas, Kaido mungkin akan memilih terbang dalam form naga miliknya. Dan King adalah satu-satunya All-Stars yang memiliki kemampuan terbang.

Berdasarkan hal tersebut memang masuk akal jika kemudian hanya King yang ikut bersama Kaido menuju Marineford. Dalam Vivre Card juga sempat disebutkan bahwa Kaido belum lagi bertarung menghadapi lawan yang seimbang sejak Kozuki Oden. Kemudian kita juga mengetahui bahwa Shanks baru secara resmi menjadi Yonko sejak 6-7 tahun yang lalu.

Ini artinya Shanks dan Kaido belum pernah saling bertarung sebelumnya. Pertarungan singkat yang terjadi diantara keduanya menjadi pertarungan pertama mereka. Tetapi, meskipun pertarungannya singkat, Kaido sendiri mengakui bahwa Shanks adalah sosok yang hebat. Hal ini bisa dilihat di chapter 1001, di mana Shanks berada di siluet orang-orang yang dianggap hebat oleh Kaido.

Mengapa pertarungan mereka singkat memang masih belum diketahui alasannya. Namun, mungkin di tengah-tengah pertarungan mereka Shanks memberi tahu tentang sebuah rahasia besar dunia. Hal itulah yang kemudian membuat Kaido memutuskan untuk tidak melanjutkan pertarungannya. Shanks mungkin mengungkapkan tentang fakta mengenai abad yang hilang kepada Kaido, serta mengatakan bahwa akan ada pertarungan besar yang terjadi di Wano dalam beberapa tahun kedepan, dan pertarungan tersebut akan melibatkan sosok kaido.

Kaido mungkin berpikir bahwa dia akan melewatkan semua hal itu jika dia mati, sehingga dia pun memutuskan untuk mundur. Kaido pun kemungkinan mengancam Shanks akan menghabisinya jika kemudian pertempuran tersebut tidak pernah terjadi. Di sisi lain, pihak angkatan laut menduga bahwa akan ada pertarungan besar lainnya terjadi di bagian laut lain ketika Shanks dan Kaido bertarung.

Namun, pada kenyataannya prediksi mereka salah. Pertarungannya hanya terjadi sebentar. Kaido pun kembali ke Onigashima dengan informasi mengenai abad yang hilang dan pertempuran yang dijanjikan akan terjadi. Dan ucapan Shanks tersebut sepertinya memang terbukti, dengan adanya penyerbuan ke Onigashima yang dilakukan oleh Luffy dan yang lain saat ini.

Tentunya akan sangat menarik untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi saat itu dalam pertarungan Kaido dan Shanks. Apakah mereka membuat semacam kesepakatan? Atau ada hal lainnya? Kita nantikan saja ya Geeks mudah-mudahan Oda Sensei bisa menghadirkan adegannya, meskipun hanya sebentar dan dalam momen kilas balik.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.