Para shinobi di seri franchise Naruto sering kali terlihat menggunakan ikat kepala. Mengapa mereka menggunakan benda tersebut? Dalam dunia Naruto, para shinobi merupakan kekuatan militer utama dari desa dan bangsa mereka. Para shinobi tersebut pun merupakan kebanggaan mereka. Karena itulah para shinobi memiliki tanggung jawab yang besar, dan tidak mudah juga untuk menjadi seorang shinobi.

Mereka yang ingin menjadi seorang shinobi harus terlebih dahulu menjalani berbagai ujian. Setelah mereka resmi dinyatakan menjadi seorang shinobi, mereka kemudian diberikan ikat kepala dengan logo desa mereka. Jika mereka bukan shinobi, maka mereka tidak boleh mengenakan ikat kepala tersebut. Mengapa kemudian para shinobi tersebut mengenakan ikat kepala?

Wujud Rasa Bangga Sebagai Shinobi

Bagi semua karakter dalam franchise Naruto, rasa bangga dari pencapaian mereka merupakan sesuatu yang sangat besar. Inilah yang kemudian menjadikan ikat kepala menjadi salah satu benda yang sangat penting dan berharga bagi para shinobi. Untuk bisa mendapatkannya bukanlah sebuah perkara yang mudah. Mereka harus terlebih dahulu menjalani berbagai ujian.

Mereka kemudian harus ikut akademi, berlatih, dan sebagainya. Ikat kepala dianggap sebagai sebuah bentuk pengakuan dari pihak desa tempat tinggal mereka, bahwa mereka adalah para shinobi resmi dari desa tersebut yang sudah berjanji untuk bisa melindungi orang-orang di sekitarnya. Inilah alasan mengapa Naruto sangat terharu saat Iruka memberikannya ikat kepala dan resmi menjadi shinobi Konoha.

Wujud “Identitas Diri”

Seperti disebutkan di atas, para shinobi mengenakan ikat kepala dengan logo atau simbol yang khusus dan spesifik. Biasanya lambang dari desa tempat tinggal mereka, dengan kata lain simbol di ikat kepala mereka tersebut merupakan “identitas diri” dari para shinobi tersebut. Misalnya untuk desa Konoha terdapat simbol atau logo daun di ikat kepalanya.

Untuk desa hujan, terdapat logo atau lambang air di ikat kepala shinobinya. Identitas inilah yang selalu mereka bawa kemana pun mereka pergi, contohnya saat menjalankan sebuah misi ke luar desa. Dengan begitu, orang-orang akan mudah mengenali dari mana asal shinobi tersebut agar tidak terjadi salah paham. Para shinobi ini pun akan lebih mudah dikenali.

Hal ini juga yang menjadi alasan saat perang ninja keempat terjadi, seluruh aliansi shinobi memutuskan untuk mengenakan ikat kepala yang berbeda. Mereka tidak lagi mewakili desa, melainkan pihak aliansi. Ketika ada ninja yang memutuskan berkhianat dari desanya, biasanya mereka akan “mencoret” logo yang ada di kepalanya dan mereka pun dikenal sebagai pengkhianat.

Bentuk Tanggung Jawab

Selain menjadi wujud identitas diri, ikat kepala bagi shinobi juga merupakan bentuk tanggung jawab yang harus mereka emban. Dengan menjadi seorang shinobi, artinya mereka harus siap berkorban demi para penduduk desa. Merekalah ujung tombak dari masing-masing desa ketika terjadi sebuah serangan atau ancaman lainnya muncul. Para shinobi ini yang akan melindungi mereka.

Menjadi seorang shinobi bukanlah sesuatu yang mudah. Butuh komitmen dan tanggung jawab yang besar agar mereka bisa menjadi seorang shinobi yang hebat. Setelah mereka resmi menjadi shinobi, artinya mereka sudah siap dengan semua tanggung jawab sebagai shinobi. Mereka harus rela meninggalkan semuanya demi desa tempat mereka tinggal.

Ikat kepala menjadi benda penting dalam franchise Naruto, karena ada berbagai makna penting di balik ikat kepala tersebut. Salah satu contohnya adalah ikat kepala menjadi bentuk tanggung jawab yang harus diemban oleh para shinobi. Meskipun ada banyak cara para shinobi menyimpan logo desa mereka, tetapi logo tersebut tetap menjadi hal penting dalam hidup mereka.