Posisi admiral merupakan jabatan tertinggi di angkatan laut, di mana mereka berada di bawah Fleet Admiral. Para admiral tersebut adalah orang-orang yang sudah berpengalaman di angkatan laut, dan juga memiliki kekuatan yang dahsyat. Para admiral juga merupakan orang-orang terpilih di mana hanya mereka yang dianggap kuat di angkatan laut yang bisa mengisi posisinya.

Bahkan, para Gorosei sendiri yang menunjuk langsung siapa orang atau kandidat para admiral tersebut. Dengan semua kelebihan dan kedahsyatan kekuatan mereka, wajar jika kemudian para admiral menjadi sosok yang mengerikan. Apalagi, mereka memiliki kekuatan buah iblis yang juga sangat luar biasa. Tetapi, apakah mereka lebih kuat dari para Yonko?

Meskipun sebagian fans beranggapan demikian, namun pada kenyataannya Yonko memiliki status yang lebih superior dibandingkan para admiral. Hal ini juga yang menjadi alasan mengapa mereka disebut sebagai penguasa samudra. Ada beberapa bukti bagaimana Yonko jauh lebih kuat dibandingkan para admiral. Pertama, ucapan dari Garp saat mereka hendak menangkap Rayleigh.

Saat itu, pihak angkatan laut mendapatkan panggilan darurat setelah Luffy menghajar salah satu kaum naga langit. Akibatnya, pihak angkatan laut mengirimkan pasukan mereka. Namun, disaat yang sama, mereka mengetahui bahwa ada buronan besar di Sabaody, yaitu Silvers Rayleigh. Saat angkatan laut mencoba menangkap Rayleigh, Garp pun memberikan sebuah peringatan.

Menurut Garp, pihak pemerintah tidak akan mau menghadapi dua legenda sekaligus di waktu yang bersamaan, karena resiko kekalahan dan kehilangan mereka bisa sangat besar. Rayleigh bukanlah bagian dari Yonko, namun kekuatannya dianggap setara atau hampir setara dengan Yonko. Kedua, Sengoku pernah mengatakan bahwa mereka tidak akan pernah bisa mengalahkan Whitebeard dan pasukannya dengan kekuatan militer.

Pihak angkatan laut mengakui bahwa mereka butuh taktik yang lebih baik dan juga serangan dadakan untuk bisa mengalahkan Whitebeard. Ini menjadi bukti bahwa kekuatan satu orang Yonko masih jauh lebih dahsyat dibandingkan seluruh pasukan angkatan laut. Karena memang satu serangan Whitebeard, bisa saja menenggelamkan atau menghancurkan seluruh angkatan laut.

Ketiga, Oda Sensei sejauh ini hanya memperlihatkan bahwa para admiral tersebut memiliki kedahsyatan kekuatan yang setara atau sedikit di atas para komandan Yonko. Contohnya, saat Marco menghadapi Kizaru pertarungan mereka bisa dibilang seimbang. Bahkan, Marco sempat lebih unggul sampai kemudian dia lengah dan lengannya diborgol oleh batu laut. Jozu mampu menandingi kekuatan Aokiji, sampai kemudian dia juga lengah. Sabo mampu untuk menandingi kekuatan Fujitora.

Bahkan, yang menarik adalah Doflamingo – yang notabene adalah Shichibukai – tidak kesulitan untuk menyerang Fujitora. Bisa saja Dofy membunuh Fujitora. Bisa dibayangkan bagaimana jika Fujitora harus berhadapan dengan Kaido. Rasanya Fujitora tidak akan pernah mampu melukai sosok Kaido. Keempat, saat perang di Marineford, Whitebeard sempat melancarkan sebuah serangan dahsyat.

Serangan tersebut kemudian ditahan oleh tiga orang admiral yang ada di sana. Pertanyaanya, bagaimana jika kemudian saat itu hanya ada dua admiral yang menahan serangannya? Apakah serangan tersebut akan mampu ditahan? Bagaimana jika ada lebih dari satu Yonko yang menyerang Marineford, apakah mereka akan mampu menahan serangannya?

Saat Shanks menantang semuanya untuk menyerang mereka di akhir perang Marineford, Sakazuki sekali pun nampak ragu untuk menyerang Shanks. Jadi, kesimpulannya, admiral memang adalah sosok yang paling kuat dan hebat dari angkatan laut. Mereka adalah ujung tombak dari organisasi pembasmi bajak laut tersebut. Tetapi, meskipun kekuatan mereka dahsyat, tetap saja masih ada para Yonko yang jauh lebih superior dibandingkan ketiga admiral.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.