Dalam cerita One Piece, hampir selalu muncul karakter baru di setiap arc yang sedang berlangsung. Contoh nyata dari hal ini adalah Yamato, yang muncul di arc Wano Country yang sedang berjalan sekarang. Selain Yamato, kita juga diperkenalkan dengan karakter lainnya seperti para All-Stars dan juga Flying Six, serta Orochi yang mengambil alih kekuasaan Wano.

Yamato sendiri merupakan anak dari Kaido. Meskipun begitu, pada kenyataanya Yamato tidak sependapat dengan sang ayah. Yamato justru lebih mengagumi sosok Kozuki Oden, yang notabene adalah musuh dari ayahnya. Mulai dari penampilan, sikap, dan juga mimpi, semuanya coba ditirukan oleh Yamato agar bisa sama seperti sosok Kozuki Oden.

Meskipun terhitung karakter baru, para fans sendiri sudah menyukai karakter Yamato. Dan seperti biasa, jika suatu karakter dianggap menarik oleh banyak fans, maka biasanya para fans berharap sosok tersebut bisa menjadi bagian dari kelompok bajak laut Luffy atau menjadi Nakama baru. Hal ini pun berlaku bagi Yamato, di mana banyak orang berharap dia menjadi sosok Nakama baru.

Meskipun masih belum diketahui seberapa besar peluang Yamato untuk bisa bergabung dengan kelompok Topi Jerami, namun ada sebuah teori menarik tentang Yamato, di mana sepertinya dia memang ditakdirkan untuk bisa bergabung dengan Topi Jerami. Ada beberapa kesamaan antara Yamato dengan para karakter wanita di kelompok Topi Jerami.

Pertama, mereka harus meyakinkan Luffy terlebih dahulu untuk bisa menerima mereka bergabung. Contohnya, Nami meminta Luffy untuk menjadi partnernya. Kemudian untuk Robin, dia datang sendiri ke kapal Going Merry dan menawarkan dirinya untuk bergabung dengan mereka. Yamato sendiri sempat meminta Luffy untuk menerimanya bergabung dalam petualangan besar Luffy.

Kedua, mereka sama-sama terkoneksi dengan kru atau kelompok yang menjadi antagonis utama di arcnya. Misalnya, Nami terkoneksi dengan bajak laut Arlong. Sementara Nico Robin terkoneksi dengan kelompok milik Crocodile, Baroque Works, di arc Alabasta. Yamato sendiri merupakan bagian dari kelompok bajak laut Beast di arc Wano Country saat ini.

Ketiga, mereka semua pernah merasakan pengalaman pahit di usia yang masih muda yang berkaitan dengan rumah mereka. Contohnya Nami yang harus menerima kenyataan pahit bahwa desanya diserbu dan dikuasai oleh Arlong. Nico Robin harus menerima kenyataan pahit bahwa rumahnya, Ohara, dihancurkan pihak Pemerintah Dunia. Yamato sendiri harus merasakan bagaimana kekuasaan Wano digulingkan.

Keempat, Luffy membantu mereka melepaskan beban masa lalu. Luffy membantu Nami mengalahkan Arlong. Luffy juga membantu Nico Robin untuk bisa selamat dari kejaran CP-9 dan Pemerintah Dunia serta menyatakan perang terhadap mereka. Dan saat ini, Luffy sudah berhasil melepaskan gelang di tangan Yamato. Juga Luffy saat ini sedang bertarung menghadapi Kaido.

Kelima, mereka semua terikat dengan konsep pembebasan dan juga kebebasan. Nami berusaha untuk membebaskan desanya dari kelompok Arlong saat bertemu Luffy. Robin berusaha untuk membantu pihak Pasukan Revolusi mengalahkan pemerintah. Yamato saat ini mencoba membebaskan dirinya dari cengkraman Kaido dan juga tekanan yang diberikan oleh Kaido.

Pada intinya, Yamato memiliki kemiripan dengan karakter wanita di kelompok Topi Jerami yang mana hal itu bisa jadi adalah pertanda bahwa mungkin Yamato akan bergabung dengan kelompok ini. Lagipula, bergabungnya Yamato ke kelompok Topi Jerami bisa menambah kekuatan dari krunya, yang bisa jadi akan menghadapi musuh yang jauh lebih kuat. Bagaimana menurut kalian Geeks, apakah kalian setuju Yamato bergabung?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.