Sebelum cerita utama One Piece dimulai, ternyata sejarah sempat mencatatkan sebuah peristiwa pertempuran paling epik yang pernah ada. Nama pertempurannya adalah pertempuran God Valley atau insiden God Valley. Peristiwa ini terjadi sekitar 38 tahun yang lalu, di mana peristiwa ini melibatkan dua kelompok bajak laut legendaris, Rocks D. Xebec dan Gol D. Roger, dan angkatan laut serta kaum naga langit.

God Valley sendiri adalah sebuah wilayah yang lokasinya disembunyikan, dan dihilangkan dari sejarah. Ada sebuah pertanyaan besar yang masih belum terjawab sampai saat ini terkait dengan peristiwa tersebut. Apa yang kemudian membuat semua pihak berkumpul di sana? Lebih tepatnya apa yang kemudian membuat kaum naga langit berada di sana?

Terdapat sebuah spekulasi bahwa di pulau tersebut terdapat sebuah telur naga terakhir. Kita tahu bahwa naga adalah salah satu elemen penting dalam cerita One Piece. Ryuma pernah membunuh seekor naga – meskipun bukan bagian dari cerita canon One Piece. Ada juga orang/karakter yang mampu berubah menjadi naga dengan menggunakan buah iblis. Apa koneksi naga dan cerita One Piece? Mengapa naga jadi sesuatu yang penting?

Obsesi Kaum Naga Langit

Para kaum bangsawan keturunan pendiri Pemerintah Dunia, menganggap diri mereka adalah naga, tepatnya naga langit. Simbol mereka adalah seekor naga. Para kaum bangsawan tersebut juga memaksa Dr. Vegapunk untuk membuat/menciptakan seekor naga. Bahkan, buah iblis buatan Vegapunk yang gagal juga ada kaitannya dengan naga.

Sudah ada empat poin yang menunjukan bahwa kaum naga langit sepertinya memang sangat terobsesi dengan naga. Dan bisa jadi inilah yang kemudian menjadi alasan bagi kaum naga langit pada saat itu berada di God Valley. Mereka pergi ke sana karena tahu bahwa di lokasi tersebut terdapat sebuah telur naga terakhir. Para bangsawan tersebut berusaha untuk mendapatkannya.

Rocks D. Xebec, yang berusaha untuk menghancurkan Pemerintah Dunia, kemudian mengetahui bahwa kaum naga langit akan pergi ke pulau tersebut. Dan itulah kesempatannya untuk bisa menghabisi mereka dalam jumlah banyak di satu tempat. Tetapi, usaha dari Rocks tersebut harus digagalkan berkat adanya sosok Garp dan juga Roger.

Roger Jadi Pemiliknya?

Kita tahu bahwa di kapal Oro Jackson milik Roger terdapat sebuah telur raksasa yang mencolok. Tetapi, sampai detik ini, kita tidak pernah tahu telur apa yang dibawa oleh Roger di kapalnya tersebut. Apakah itu merupakan telur naga? Atau telur makhluk mitologi lainnya? Namun, banyak fans percaya bahwa itu adalah telur naga yang diperebutkan di God Valley.

Kemungkinan Roger berhasil mendapatkannya setelah dia membantu melindungi kaum naga langit. Atau bisa jadi juga Roger mencurinya setelah mereka berhasil mengalahkan Rocks. Jika kemudian memang telur naga di kapal Oro Jackson adalah telur naga terakhir, pastinya naga tersebut sudah menetas sekarang. Lalu, di mana keberadaan naga tersebut?

Ada kemungkinan jika naga yang lahir dari telurnya sekarang berada di Laugh Tale, dan mungkin sedang menjaga One Piece. Sama seperti dalam cerita-cerita mitologi atau kolosal lainnya, di mana sebuah harta karun terbesar pasti dijaga oleh seekor naga. Dan bukan tidak mungkin ketika kru Topi Jerami nanti berhasil pergi ke Laugh Tale, mereka akan bertemu dengan naga tersebut. Apakah Luffy akan mampu menaklukan naga tersebut? Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.