Dengan tema cerita tentang bajak laut, wajar jika One Piece menghadirkan banyak karakter-karakter bajak laut kuat dalam cerita manga atau pun animenya. Para karakter bajak laut kuat tersebut ada yang berpetualang sendiri, namun ada juga yang tergabung dalam sebuah kru atau kelompok bajak laut. Dan berbicara mengenai kru bajak laut, ada banyak kru yang muncul dalam ceritanya.

Kelompok Topi Jerami menjadi salah satu contoh nyata dari hal ini. Kelompok Topi Jerami merupakan kelompok bajak laut di mana Luffy yang menjadi kaptennya. Tetapi, seperti yang disebutkan di atas, ada banyak kelompok bajak laut yang juga berpetualang di lautan. Dan dari sekian banyak kelompok bajak laut, ada satu kelompok yang dianggap sebagai kru bajak laut terkuat yaitu kelompok bajak laut Rambut Merah.

Kelompok bajak laut Rambut Merah adalah kelompok bajak laut pertama yang muncul dalam cerita manganya dan menjadi yang kedua dalam versi animenya (setelah bajak laut Alvida). Kelompok bajak laut Rambut Merah dipimpin oleh salah satu penguasa samudra, Shanks. Shanks dan krunya adalah inspirasi bagi Luffy untuk menjadi seorang bajak laut hebat, dan juga Usopp – yang ingin menjadi seperti ayahnya Yasopp.

Tidak banyak yang diketahui tentang para kru dari kelompok bajak laut ini. Beberapa dari mereka memang ada yang sudah diketahui namanya: Shanks, Benn Beckmann, Lucky Roo, dan Yasopp. Dalam kolom SBS Volume 101 kemarin, Oda Sensei sempat memberikan informasi mengenai nama-nama kru bajak laut Rambut Merah lainnya seperti Lime Juice, Bonk Punch dan Monster, Building Snkae, Hongou, dan juga Howling Gab.

Untuk nilai buruan para kru Shanks ini sayangnya tidak diketahui sampai sekarang. Hanya sosok Shanks saja yang sudah diketahui nilai buruannya, yaitu 4.048.000.000 Belly. Namun, bisa jadi nilai buruan mereka tidak jauh berbeda dengan nilai buruan dari Shanks. Kelompok bajak laut Rambut Merah adalah satu-satunya kelompok bajak laut Yonko yang sejauh ini diketahui tidak memiliki kekuatan buah iblis.

Tidak ada satu pun dari kru bajak laut tersebut yang memiliki kekuatan buah iblis, seperti halnya kru bajak laut Yonko lainnya. Meskipun begitu, kekuatan dari kru bajak laut Shanks ini diakui oleh Pemerintah Dunia. Bahkan, Pemerintah Dunia khawatir dan takut jika kemudian kelompok bajak laut ini bergabung dengan kelompok bajak laut lainnya, misalnya kelompok Topi Jerami.

Menurut pihak angkatan laut – dan juga Vivre Card serta Databook – kelompok bajak laut Rambut Merah ini adalah kelompok bajak laut yang memiliki kekuatan dan kemampuan yang paling seimbang di lautan. Hampir semua krunya memiliki kekuatan yang tidak berbeda jauh dari sang kapten. Disebutkan bahwa kelompok ini menjadi kelompok bajak laut yang sulit untuk dihancurkan.

Dengan seluruh krunya yang tidak memiliki kekuatan buah iblis, kemampuan yang merata, serta jumlah kru mereka yang tidak lebih besar jika dibandingkan dengan kru Yonko lainnya, namun masih tetap dianggap ancaman besar oleh pihak Pemerintah Dunia, wajar jika kelompok bajak laut Rambut Merah dianggap sebagai kelompok bajak laut terkuat di lautan saat ini.

Bagaimana dengan kelompok bajak laut Beast? Kelompok bajak laut Beast atau pun Big Mom memiliki kekuatan yang tidak merata di seluruh krunya. Contohnya kelompok Beast yang memiliki pasukan sebesar 30.000 orang. Dari angka tersebut bisa dihitung yang memang memiliki kekuatan dahsyat. Sisanya hanyalah kru biasa yang bisa dikalahkan oleh siapa pun dengan mudah. Hal ini pun berlaku terhadap kelompok Big Mom.

Dengan misteriusnya kelompok Shanks, tidak sedikit teori dan spekulasi yang muncul mengenai kelompok ini. Mudah-mudahan saja sebelum cerita One Piece berakhir, kita akan diberikan informasi lebih banyak mengenai Shanks dan juga krunya. Bagaimana menurut kalian Geeks, apakah kalian setuju kelompok bajak laut Rambut Merah adalah kelompok terkuat di lautan saat ini?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.