Domain Expansion sudah dianggap sebagai sebuah teknik paling tinggi yang bisa dilakukan baik oleh para penyihir Jujutsu, atau pun para monster kutukan dalam seri Jujutsu Kaisen. Sudah sering kali ditekankan juga dalam ceritanya bahwa ada beberapa penyihir Jujutsu yang bahkan mampu menggunakan teknik ini meskipun secara tidak sempurna.

Namun, dengan masing-masing karakter memiliki kemampuan untuk menggunakan Domain Expansion dan juga masing-masing domain berbeda, sulit untuk kemudian mencari tahu apa yang sebenarnya membuat teknik Domain Expansion begitu dahsyat. Bahkan, seperti yang disebutkan di atas, teknik ini menjadi puncak kekuatan dari penyihir Jujutsu dan juga monster kutukan. Berikut adalah penjelasan mengenai alasan pengguna Domain Expansion sangat kuat.

Innate Domain

Innate Domain, atau yang biasa disingkat sebagai Domain, adalah sebuah ruang metafisik yang ada di dalam pikiran dari sang karakter, baik penyihir Jujutsu atau pun monster kutukan. Dalam versi anime, ketika Yuji Itadori menyadari bahwa dirinya berada di dalam Domain milik Ryomen Sukuna, Sukuna menjelaskan bahwa hal tersebut mirip dengan apa yang ada di dalam hati Yuji.

Meskipun pernyataan tersebut bisa dibilang ironis mengingat Sukuna kemudian mencabut jantung dari Itadori, analoginya bisa dibilang tepat. Mungkin, lebih simpelnya, dibandingkan berada di dalam hati, lebih tepatnya Sukuna ada di dalam tubuh dari Yuji Itadori. Namun, Sukuna memiliki pikirannya sendiri.

Pengguna sihir Jujutsu yang memang sudah sangat berpengalaman dalam menggunakan energi kutukan akan mampu mewujudkan Innate Domain mereka menjadi sebuah kenyataan. Dan untuk bisa mewujudkan hal tersebut, penggunanya perlu melakukan sebuah teknik yang kita kenal sebagai Domain Expansion.

Menggunakan teknik segel tangan, pengguna sihir Jujutsu akan mengalirkan energi kutukan dan kemudian merubah ruang yang ada di dunia nyata menjadi Domain dari pengguna sihir Jujutsu tersebut, menjebak korbannya di dalam Domain Expansion sang pengguna sihirnya.

Apa yang Membuat Berbahaya?

Setiap pengguna Innate Domain pada hakekatnya terhubung dengan teknik kutukan mereka, yang juga terwujud di dalam Domain tersebut. Salah satu alasan mengapa kemudian Domains begitu berbahaya adalah karena setiap serangan yang dilancarkan oleh pengguna Domain tersebut bisa dipastikan akan mengenai korban yang terjebak di dalamnya.

Mereka yang terjebak di dalam Domain tersebut akan kehilangan kemampuan sihir mereka, yang mana hal tersebut membuat korbannya benar-benar tidak berdaya. Setiap serangan yang muncul di dalam Domain tersebut akan berkali-kali lipat lebih besar dan lebih menyakitkan bagi korbannya.

Namun, mereka yang terjebak di dalam Domain seseorang bukan mustahil untuk bisa lolos. Satu-satunya cara untuk bisa kabur atau lepas dari Domain tersebut adalah memperbesar Domain mereka. Dengan kata lain, korbannya bisa membuat sebuah celah di pembatas Domain tersebut, atau melampaui energi dan kekuatan dari Domain penggunanya.

Hal ini pernah dipraktikan oleh Gojo Satoru saat monster kutukan dengan level spesial, Jogo, berusaha untuk menjebaknya di dalam Domain miliknya. Gojo berhasil memperbesar dan melampaui Domain dari Jogo yang mana pada akhirnya Gojo berhasil keluar dari Domain tersebut.

Domain Sempurna dan Tidak Sempurna

Teknik Domains memang sangat mengerikan dan berbahaya. Namun, Domains sendiri terbagi menjadi dua. Ada yang sempurna dan ada juga yang tidak, tergantung dari kemampuan penggunanya untuk menciptakan sebuah batasan yang memang kuat. Menggunakan teknik Domain Expansion membutuhkan energi kutukan dalam jumlah yang besar.

Bahkan, dibutuhkan lebih besar lagi energi kutukan untuk bisa menciptakan pembatas yang baik bagi teknik Domain tersebut. Sebuah Domain yang sempurna akan juga mampu memperbesar damage serangan dan juga meningkatkan efektivitas serangan. Hal sebaliknya akan terjadi jika penggunanya baru mampu menggunakan Domain yang tidak sempurna. Serangan mereka terhadap korbannya bisa saja meleset.

Domain Expansion adalah salah satu teknik unik yang muncul dalam seri Jujutsu Kaisen, dan juga menjadi salah satu elemen menarik yang muncul di serinya. Berdasarkan penjelasan di atas, mungkin Geeks akhirnya paham mengapa teknik luar biasa tersebut sangat berbahaya. Dan tidak semua orang memiliki dan mampu menggunakan Domains atau Domain Expansion.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.