Seri anime Attack on Titan musim keempat benar-benar menghadirkan nuansa yang jauh lebih gelap dibandingkan musim-musim sebelumnya. Dan banyak juga kejutan-kejutan yang jauh lebih dahsyat dibandingkan musim sebelumnya. Jika sebelumnya semua berfokus pada upaya manusia berjuang demi keselamatan mereka dari serangan Titan dan juga bagaimana mereka berpolitik, sekarang semuanya berjuang demi selamat dari serangan Eren Jaeger.

Eren menjadi pusat perhatian cerita di musim terakhir ini, semuanya dikarenakan kekuatan Founding Titan yang ada dalam dirinya. Masih ada sebagian para fans dari serinya yang mungkin masih merasa kebingungan, bagaimana kemudian Eren Jaeger bisa memiliki kekuatan Founding Titan, kekuatan paling kuat dibandingkan Titan lainnya.

Cara Eren Dapatkan Founding Titan

Secara garis besarnya, dan secara singkat, Eren mewarisi kekuatan Founding Titan dari sang ayah, Grisha Jaeger. Namun, seperti yang sudah banyak diduga, tentunya ada hal lainnya yang juga memengaruhi. Di musim kedua, kita mengetahui melalui sosok Rod Reiss dan Historia bahwa Grisha Jaeger sudah membunuh seluruh keluarga Rod Reiss.

Dalam peristiwa tersebut, Grisha pun memakan pemilik kekuatan Founding Titan yaitu Freida Reiss. Akibat hal tersebut, Grisha sudah mencuri kekuatan Founding Titan dari keluarga Reiss, yang sudah diwariskan dari generasi ke generasi. Tetapi, kembali, bukan hanya itu saja fakta menarik tentang Grisha dan juga kekuatan Founding Titannya.

Di musim ketiga, kita kemudian mendapatkan penjelasan mengenai kehidupan masa lalu Grisha saat masih di Marley. Ternyata, bukan hanya kekuatan Founding Titan yang ada di dalam diri Grisha. Dia juga memiliki kekuatan Attack Titan, yang diwariskan dari sosok Eren Kruger, salah satu Eldian Restorationist di Marley.

Jadi, ketika Eren mewarisi kekuatan Founding Titan dari ayahnya, Eren bukan hanya mewarisi satu kekuatan Titan saja, melainkan dua sekaligus. Eren kemudian memperlihatkan kemampuannya untuk bisa mengendalikan para Titan meskipun dalam form manusianya, ketika dia bertemu dengan Titan yang memakan ibunya, yaitu Dina Fritz. Yang mengejutkan adalah ternyata Dina Fritz merupakan istri pertama Grisha, sebelum kemudian menikah dengan ibu Eren, Carla Jaeger.

Fakta ini memberikan penjelasan bahwa seseorang mampu memiliki kekuatan Titan lebih dari satu di dalam tubuhnya, dan juga menggunakan kemampuan dari Titan tersebut, seperti yang dipraktikan oleh Eren. Di musim keempat babak pertama kemarin, Eren kembali mendapatkan satu lagi kekuatan Titan yaitu Warhammer Titan.

Pentingnya Founding Titan

Seiring berjalannya cerita, perlahan kita akhirnya mendapatkan gambaran yang jelas mengenai dunia yang ada di serinya dan juga bagaimana perjuangan para penduduk di seluruh dunia. Tema tentang “Kebebasan” yang awalnya menjadi pusat atau inti cerita, berubah menjadi sesuatu yang lebih kompleks, realistis, dan gelap.

Sejarah dimanipulasi dan dibuat-buat demi mempertahankan kekuasaan. Melalui berbagai kenangan dan ingatan yang diwariskan secara turun-temurun, diketahui banyak hal seperti asal-usul penduduk Eldia, Subjects of Ymir, dan juga warisan Founding Titan yang diturunkan kepada keluarga kerajaan.

Eldian merupakan sebuah ras yang memiliki kemampuan untuk bisa berubah menjadi Titan ketika disuntikan cairan belakang Titan. Founding Titan sendiri merupakan salah satu dari sembilan Titan yang merupakan pecahan dari jiwa Ymir Fritz setelah dia tewas. Founding Titan sendiri diyakini jauh lebih hebat dibandingkan Titan apa pun.

Hal itulah yang kemudian menjelaskan mengapa hanya orang-orang tertentu – tepatnya mereka yang memiliki darah kerajaan Eldia – yang bisa mewarisi kekuatan Founding Titan. Mereka yang memiliki kekuatan Founding Titan akan mampu memiliki kekuatan dahsyat seperti mengakses ingatan orang-orang, mengendalikan Pure Titan, dan melakukan modifikasi genetik.

Di tangan yang salah, kekuatan Founding Titan bisa menjadi senjata yang sangat merusak dan berbahaya. Dan ini juga alasan mengapa kemudian bangsa Marley berusaha untuk merebut kekuatan Founding Titan tersebut – selain juga mereka ingin semakin berkuasa di dunia. Namun, ada sebuah batasan dari kekuatan Founding Titan.

Mereka yang memiliki kekuatan tersebut juga terikat dengan sumpah atau janji dari raja Fritz untuk menghentikan peperangan. Hanya saja sumpah tersebut berlaku kepada mereka yang memang memiliki darah kerajaan. Eren Jaeger tidak memiliki darah kerajaan, yang mana artinya dia tidak terikat dengan sumpah tersebut. Hal ini yang kemudian membuat Eren menjadi ancaman bagi pihak Marley, dan bahkan seluruh dunia.

Babak kedua dari musim keempat 4 seri Attack on Titan akan menyuguhkan bagaimana kekuatan asli dari Founding Titan, dengan Eren yang ingin memulai rencana Rumbling. Namun, dia menemukan kendala di mana dia tidak bisa menggunakan seluruh kekuatannya karena dia bukan keturunan kerajaan. Itulah yang membuat Eren akhirnya menjalin kerja sama dengan Zeke. Kita nantikan saja ya Geeks seperti apa kekuatan dahsyat dari Founding Titan ini.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.