Roronoa Zoro adalah salah satu karakter yang menarik dan juga epik selain sosok Luffy yang muncul di seri One Piece. Sejak awal diperkenalkan di serinya, diketahui bahwa Zoro bercita-cita untuk menjadi ahli pedang terbaik di dunia. Dan dengan bergabung bersama Luffy, Zoro meyakini bahwa dia akan mampu mewujudkan mimpinya. Dan sepertinya Oda Sensei sudah mengonfirmasi hal tersebut.

Dalam chapter 1036 kemarin, Oda menghadirkan sebuah panel yang banyak diyakini para fans adalah bentuk konfirmasi sosok Zoro yang akan menjadi seorang raja. Dalam hal ini, Zoro akan menjadi raja neraka. Tetapi, yang menarik adalah bagaimana Oda juga bermain dengan kata yang dia hadirkan. Selain menjadi raja neraka, Zoro juga mungkin akan menjadi raja para samurai.

Raja yang Mana?

Dalam teks aslinya, kata 地獄 merupakan huruf kanji yang dibaca じごくatau neraka. Namun, じごく sendiri pun merupakan nama yang digunakan oleh Zoro dalam teknik baru Santoryuu miliknya seperti diperlihatkan pada chapter 1035 kemarin. Yang membedakan adalah penulisan kanji yang dihadirkan oleh Oda.

Dalam teknik terbaru ini, じごく yang digunakan dalam huruf kanjinya tertulis 侍極 yang bisa diartikan sebagai ‘samurai tingkat tinggi’ atau bisa juga diartikan sebagai pemimpin tertinggi para samurai. Ada dua kata yang muncul dalam huruf Kanji tersebut. Pertama, 侍 yang berarti samurai. Kedua, 極 yang berari peringkat tertinggi/yang paling tinggi.

Zoro Akan Lampaui Oden

Selain dari “permainan kata” yang dihadirkan oleh Oda Sensei, hal lainnya yang mungkin bisa menjadi petunjuk bahwa Zoro mungkin akan menjadi raja atau pemimpin dari para samurai adalah bagaimana dia memiliki kemiripan dengan sosok Ryuma, sang dewa pedang, dewa para samurai. Kaido sendiri awalnya tidak percaya bahwa Wano akan lagi menghadirkan sosok samurai kuat seperti Oden.

Memang, kualitas kemampuan Oden tidak sebanding dengan kemampuan dari Ryuma, Level kepopuleran Oden juga tidak seperti level popularitas dari Ryuma, yang sudah dianggap sebagai dewa pelindung. Namun, hal ini bisa diartikan bahwa Zoro bisa saja membuktikan bahwa levelnya jauh di atas Oden. Dia mampu melampaui sosok Oden, dan ada samurai yang jauh lebih kuat dari Oden.

Saat di arc Zou, Zoro menyatakan bahwa dia akan membuat para samurai Wano mengikuti jejaknya. Sejauh ini, orang-orang cukup kagum dan hormat terhadap Zoro atas kemampuan dan kekuatan yang dia miliki. Belum lagi bagaimana dia sanggup menaklukan Enma. Zoro sendiri banyak direndahkan dan diolok-olok karena mengatakan pernah bertarung melawan Ryuma – meskipun hanya zombienya. Mungkin reaksi mereka akan berubah pasca pertempuran di Wano yang membuktikan level kekuatan Zoro jauh di atas Oden.

Zoro Adalah Ryuma Selanjutnya?

Bukan sekali ini saja Zoro disebut-sebut mirip dengan Ryuma. Sebenarnya, Oda Sensei sudah sejak lama juga memberikan petunjuk di luar cerita One Piece, salah satunya di One Piece Magazine. Informasi-informasi yang dihadirkan dalam majalah tersebut menyebutkan bahwa akan lahir Ryuma kedua, yang juga akan sama-sama berhasil membunuh naga.

Memang, di era saat cerita One Piece berjalan sekarang, naga sudah tidak ada lagi. Namun, Kaido merupakan sosok nyata dari perwujudan naga – meskipun sebenarnya itu adalah bentuk Zoannya. Namun, dengan Luffy yang saat ini menghadapi Kaido, artinya Zoro perlu kesempatan lainnya untuk bisa membuktikan kemampuan berpedangnya. Mungkin di arc selanjutnya pasca Wano kita akan melihat Zoro bertarung menghadapi naga.

Tekad Klan Shimotsuki

Meskipun Oda Sensei sudah mengonfirmasi bahwa Zoro bukan bagian dari klan Shimotsuki, namun ada banyak petunjuk yang memperlihatkan koneksi mendalam Zoro dengan klan tersebut. Meskipun Zoro bukan keturunan dari klan Shimotsuki, namun dia memiliki pedang Enma yang merupakan mahakarya dari Shimotsuki Kouzaburo.

Zoro juga memiliki gaya berpedang yang mirip dengan Shimotsuki Ushimaru. Zoro menjadi raja dari para samurai akan memperlihatkan bahwa klan Shimotsuki akan kembali bangkit, dan dewa pedang yang baru akan muncul dan melindungi Wano untuk bergerak ke era yang baru. Zoro akan menjadi sosok Ryuma kedua yang sejak lama dinantikan, dan orang-orang pun akan mulai respek terhadap Zoro.

Jadi, kesimpulannya, Zoro mungkin perlahan sudah memperlihatkan jejaknya untuk menjadi pemimpin tertinggi para samurai. Bersama dengan Luffy, petualangan Zoro di Wano mendapatkan banyak sekali sorotan dari Oda Sensei, baik di manganya maupun di sumber keduanya. Zoro sendiri sudah membangun hubungan dengan sebagian besar penduduk Wano, seperti para penduduk di Ebisu Town.

Dengan Zoro menjadi raja dari para samurai, hal tersebut akan menjadi penutup yang pas bagi arc karakternya diWano dan juga hal tersebut akan mewujudkan mimpi dan janjinya kepada Kuina.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.