Sejak awal diperkenalkan di seri One Piece, Oda Sensei sudah sangat jelas memperlihatkan bagaimana Kaido menjadi karakter yang paling kuat di serinya saat ini. Namun, dalam banyak momen, sering kali kekuatan dari sosok Kaido dibandingkan dengan karakter kuat lainnya seperti Rayleigh, Roger, Whitebeard, dan masih banyak lainnya ketika mereka masih di masa kejayaanya.

Padahal, jika melihat dari apa yang dihadirkan sejauh ini dalam ceritanya mengenai kekuatan Kaido, dia adalah karakter yang sangat epik. Kaido sendiri merupakan sosok bajak laut nomor 4 di dunia, setelah Rocks, Roger, dan Whitbeard. Nilai buruan yang dia miliki pun berada di peringkat ketiga dengan nilai 4,611 milliar Belly, di bawah Roger dan Whitebeard.

Dari segi kemampuan pun Kaido bisa dibilang menjadi yang paling dahsyat untuk saat ini. Dia merupakan salah satu pengguna buah iblis terbaik di dunia One Piece, dan juga merupakan pemiliki buah iblis Zoan yang paling kuat. Berbicara mengenai kemampuan dari Kaido, selain kemampuan buah iblisnya, hal yang luar biasa dari sosok Kaido adalah daya tahannya yang luar biasa.

Tubuhnya benar-benar sangat kuat, bahkan hampir tidak ada serangan yang mampu melukai tubuh Kaido. Hal ini bisa dibuktikan dari berbagai serangan yang sudah dia terima disepanjang pertempuran Onigashima. Sejak chapter 987 sampai chapter 1010, Kaido sudah menerima lebih dari lima serangan dahsyat ke arahnya. Contohnya pada chapter 987 Red Scabbards menusuk bagian dada Kaido dan mendorong jatuh Kaido dari panggung utama.

Pada chapter tersebut, kita melihat bagaimana Kiku sempat menusuk lengan Kaido. Sama halnya dengan Izo. Nekomamushi memutar lengan Kaido, dan Raizo bahkan menyayat lehernya. Pada chapter 991, Kinemon menyerang bagian mulut Kaido. Pada chapter 992, Nekomamushi dan Inuarashi sempat menyerang dan menusuk tubuh Kaido. Izo dan Kiku juga sempat kembali menyerang Kaido dengan mengarah pada bagian leher.

Raizo sempat membalikan serangan Boro Breath milik Kaido sehingga mengenai tubuhnya. Yang juga tidak kalah epik adalah ketika di chapter 992 Red Scabbards menggunakan teknik Tougen Totsuka milik Oden di bekas luka Kaido. Luffy kemudian menyerang Kaido dengan teknik Red Roc di chapter 1000 dan membuat Kaido tersungkur ke tanah.

Luffy juga berhasil menghajar Kaido dengan teknik Kong Gun di chapter 1001. Kidd berhasil menghancurkan Kaido dengan teknik Punk Vise di chapter yang sama dan Law pun menggunakan teknik Takt. Zoro dan Killer juga sempat menyerang Kaido dengan teknik adalan mereka pada chapter 1001. Dalam chapter 1002, Kidd menggunakan Slam Gibson untuk menyerang Kaido sedangkan Law menggunakan Gamma Knife.

Killer menggunakan teknik Scyther Sonic dan Luffy menghajar Kaido dengan serangan beruntun seperti Kong Rifle, Rhino Schneider, dan Kong Gatling. Zoro kembali menyerang Kaido di chapter 1003 dengan teknik Tatsumaki. dan di chapter 1010, kita melihat Law menggunakan Injection Shot, Zoro menggunakan Asura, dan Luffy menggunakan teknik yang dilapisi oleh Conqueror Haki. Terakhir di chapter 1036 Luffy menggunakan Roc Gun yang tepat mengenai wajah dari Kaido.

Berdasarkan berbagai penjelasan serangan di atas, jika lawan yang dihadapi adalah lawan yang biasa, tentunya sosok tersebut dipastikan sudah tewas sejak awal. Namun, yang terjadi adalah Kaido masih bisa bertahan. Bahkan, yang luar biasanya adalah selain Kaido mampu bertahan dan bertarung menghadapi musuh kuat, Kaido juga masih sanggup menahan pulau Onigashima dengan awan api miliknya. Jadi, rasanya wajar jika Kaido kemudian mendapatkan julukan makhluk paling kuat di dunia.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.