Dalam franchise Dragon Ball ada banyak karakter-karakter kuat yang muncul dalam ceritanya. Mereka semua memiliki kekuatan yang dahsyat yang bahkan membuat musuhnya tidak menyangka bahwa mereka memiliki kekuatan tersebut. Contohnya adalah Goku yang kini memiliki kemampuan Ultra Instinct, setelah belajar bersama Whis. Atau Vegeta yang mampu menguasai teknik dewa penghancur.

Pertanyaan siapa yang terkuat, dan apa yang bisa mereka lakukan dengan kekuatan tersebut selalu muncul di kalangan fans. Dengan kekuatan dahsyat yang selalu dihadirkan dalam ceritanya, rasa penasaran tersebut rasanya memang wajar. Namun, berikut adalah beberapa karakter dalam ceritanya yang memiliki kekuatan dahsyat, dan mampu menghancurkan sebuah universe atau alam raya.

Gogeta

Dengan kemampuan Goku yang semakin meningkat, dan bahkan sekarang dia menguasai teknik yang digunakan oleh para dewa, banyak yang beranggapan bahwa dia sudah mampu menghancurkan planet, bahkan alam raya. Berdasarkan hal tersebut, artinya Gogeta juga mampu melakukannya. Gogeta sendiri merupakan hasil fusion atau gabungan antara Vegeta dan Goku.

Mengkombinasikan kekuatan dari Goku dan tekad dari Vegeta, membuat Gogeta menjadi salah satu karakter terkuat di franchise Dragon Ball. Gogeta sendiri pernah bertarung menghadapi Omega Shenron, yang merupakan musuh terakhir di seri Dragon Ball GT, dan menang. Artinya bukan tidak mungkin jika Gogeta mampu menghancurkan seluruh alam raya tersebut.

Vegito

Secara teknis, Vegito dan Gogeta adalah dua karakter yang berbeda, meskipun mereka merupakan gabungan dari dua orang yang sama, yaitu Vegeta dan Goku. Karena itulah, meskipun Vegito adalah sosok yang beda dari Gogeta, pada dasarnya Vegito memiliki kedahsyatan yang sama dengan Gogeta. Artinya jika Gogeta pun mampu menghadapi sosok seperti Omega Shenron, maka Vegito pun akan sanggup melakukan hal yang sama. Vegito sendiri bahkan pernah menghadapi musuh kuat seperti Zamasu bahkan Broly.

Jiren

Jiren merupakan salah satu karakter kuat lainnya yang muncul di franchise Dragon Ball, dan juga merupakan salah satu musuh kuat dan tangguh yang pernah dihadapi oleh Goku. Goku sendiri berhadapan dengan Jiren dalam pertarungan di turnamen antar universe. Meskipun Goku sudah menggunakan teknik Ultra Instinct, nampaknya hal itu tidak berarti banyak bagi perwakilan dari Universe 11.

Bahkan, para fans dari seri Dragon Ball Super pun tentunya tahu bahwa Jiren jauh lebih kuat dari Champa, yang notabene adalah dewa penghancur dari Universe 6 dan juga adik dari Beerus. Logikanya, jika seseorang memiliki kekuatan yang bahkan jauh lebih kuat dibandingkan Dewa Penghancur itu sendiri, maka dia pun akan mampu menghancurkan seluruh alam raya.

Fused Zamasu

Ketika Fused Zamasu sudah benar-benar marah, dia akan kehilangan semua yang ada dalam pikirannya, termasuk rasa keadilan yang dia miliki. Fused Zamasu merupakan karakter yang mirip dengan Vegito dan Gogeta, lahir dari hasil fusion atau gabungan dua karakter berbeda. Dua karakter tersebut adalah Future Zamasu dan juga Goku Black.

Sama seperti halnya Goku dan Vegeta, Future Zamasu dan Goku Black merupakan dua karakter hebat dan kuat di seri Dragon Ball Super. Gabungan kedua karakter ini bahkan mampu menahan serangan Super Saiyan BlueGoku, Super Saiyan Blue Vegeta, dan Super Saiyan Rage Future Trunks. Dengan kekuatan dahsyat yang dimiliki Goku Black dan Future Zamasu, rasanya tidak heran jika Fused Zamasu akan mampu menghancurkan seluruh alam raya.

Whis

Jika Beerus dan Champa masing-masing mampu menghancurkan sebuah universe atau alam raya, maka sudah jelas jika Whis juga mampu melakukannya. Meskipun Whis adalah asisten dari Beerus, namun Whis ditugaskan untuk melatih dan juga menjaga sang Dewa Penghancur.

Level kekuatan Whis sendiri diketahui berada di atas Beerus, yang mana artinya dia lebih kuat dari Beerus. Maka, tidak heran jika Whis mampu menghancurkan seluruh alam raya jika dia mau. Namun, masih belum diketahui apakah seluruh Angel juga mampu melakukan hal yang sama.

Menghancurkan seluruh alam raya adalah sesuatu yang mustahil untuk dilakukan oleh para karakter seperti Gohan, Krillin, dan sebagainya. Namun, untuk para karakter yang memiliki kekuatan dahsyat seperti daftar di atas, menghancurkan seluruh alam raya bukanlah sesuatu yang tidak mungkin untuk dilakukan.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.