Meskipun bagian pertama dari musim terakhir Attack on Titan sudah memperlihatkan kekacauan yang cukup besar di dunia tersebut, tetapi sesuatu yang buruk baru akan terjadi kepada pulau Paradis di bagian kedua musim terakhir. Dengan sisa dari anggota Survey Corps yang dipenjara, Levi terluka parah, dan Zeke Jeager menghilang, serta Marley yang sedang menyerang, apa lagi hal yang bisa memperburuk situasi?

Jawabannya adalah rencana yang dibuat oleh Zeke Jeager yang tidak diketahui oleh banyak orang di pulau Paradis. Zeke Jeager diam-diam menyuntikan cairan tulang belakang Titan ke dalam minuman anggur yang diminum oleh para militer di pulau Paradis. Artinya hanya butuh satu tindakan kecil saja untuk merubah mereka menjadi Titan.

Ketika Zeke Jeager dibawa ke pulau Paradis sebagai sekutu, dia juga membawa seorang simpatisan Eldia bersamanya, yaitu Yelena, sosok yang membantunya mewujudkan apa yang sudah dia rencanakan. Dengan itikad baik, dan juga sekaligus menjalin kerja sama, Yelena membawa serta suplai bersamanya, termasuk minuman anggur mahal Marley.

Sayangnya, tanpa mereka ketahui, minuman anggur tersebut sudah dicampurkan dengan cairan tulang belakang Beast Titan milik Zeke Jeager. Ketika terkena Subjects of Ymir, yang dalam hal ini adalah seluruh penduduk pulau Paradis, cairan tulang belakang Zeke akan membuat mereka berubah menjadi seorang mindless Titan dengan hanya satu teriakan dari Zeke.

Sedari awal, rencana besar Eren dan Zeke adalah menggulingkan pihak militer Paradis dan menggantinya dengan kelompok baru, yang kemudian diberi nama Jeagerist. Dari apa yang sudah dihadirkan dalam ceritanya, anggur mahal tersebut sudah diminum oleh seluruh militer pulau Paradis, termasuk para petinggi mereka, seperti Dot Pixis dan Nile Dawk.

Sekarang, nasib seluruh militer pulau Paradis berada di tangan Zeke. Mereka pun secara tidak langsung menjadi tawanan bagi Zeke. Artinya langkah bagi Jeagerist untuk menggulingkan pihak militer menjadi sesuatu yang mudah untuk dilakukan. Bahkan, meskipun Zeke dipindahkan jauh dari jangkauan Eren demi mencegah rencana mereka berdua bisa terwujud dan juga menjauhkan kekacauan yang sudah mereka buat, pertarungan sudah selesai.

Ketika satu pasukan besar yang dipimpin oleh Levi membawa Zeke ke hutan pohon raksasa, satu krat minuman anggur sudah dipersiapkan sebagai bekal mereka. Minuman tersebut kemudian diminum oleh semua pasukan tersebut kecuali Levi. Ketika Zeke mengetahui bahwa semua anggur tersebut sudah habis diminum, barulah dia mulai bergerak.

Gerakan pertamanya adalah dengan mengubah seluruh pasukan menjadi mindless Titans. Seluruh pasukan militer yang sudah meminum anggur tersebut, meskipun berada di tengah pulau Paradis, dan jarak mereka jauh dari jangkauan Zeke, namun mereka semua tidak bisa lolos dari kekuatan Zeke yaitu teriakan Beast Titan yang bisa mengubah mereka menjadi mindless Titans. Hal ini memberikan gambaran seberapa besar level ancaman yang dialami oleh pulau Paradis, dan mereka sekarang berada di bawah kendali Zeke.

Hanya mereka yang tidak setuju dengan rencana Eren dan Zeke yang sudah meminum anggur tersebut, artinya Zeke sekarang memiliki kemampuan untuk menyapu bersih seluruh pihak oposisi atau pihak yang menentang rencana mereka. Di akhir musim keempat, Eren diketahui berada di distrik Shiganshina di mana sebagian besar mereka yang sudah meminum anggur tersebut berada.

Zeke sepertinya berhasil selamat dari ledakan Thunder Spear yang diarahkan kepadanya. Namun, hanya tinggal masalah waktu sebelum kemudian Zeke pergi ke Shiganshina dan kemudian memulai sebuah tragedi mengerikan, di mana seluruh pasukan militer akan berubah menjadi mindless Titans.

Selain kekacauan yang terjadi akibat serangan mendadak dari Marley, dengan Zeke merubah sebagian besar penduduk pulau Paradis menjadi Titan akan menjadi pengalih perhatian yang sempurna yang akan membuat Eren dan Zeke akhirnya kembali bertemu dan melakukan kontak, serta memulai rencana besar mereka.

Yang paling buruk, dengan seluruh pihak militer berubah menjadi Titan, maka artinya pulau Paradis tidak akan memilih pertahanan untuk menghadapi serangan dari dunia luar. Pulau Paradis akan benar-benar menjadi sebuah “neraka dunia” bagi para penduduknya dengan apa yang sedang terjadi saat ini.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.