Salah satu hal yang menarik dan populer di kalangan para fans dari sosok Law adalah tato yang ada di bagian tubuhnya, dan salah satu tato yang sering kali dilihat oleh para fans adalah tato pada bagian jarinya. Masing-masing jari Law terdapat huruf D,E,A,T, dan H yang jika digabungkan akan menjadi kalimat “Death” atau kematian.

Tato “Death” tersebut bukan tanpa arti. Tato tersebut merujuk pada julukan dari Law yaitu “Surgeon of Death” atau ahli bedah kematian. Masih belum diketahui apakah itu merupakan tato pertama yang dimiliki oleh Law, namun berdasarkan hal ini sepertinya Law cukup bangga dengan julukannya tersebut sehingga dia membuat tatonya.

Gambar tato lainnya yang ada di tubuh Law adalah tato dari bendera kelompok bajak lautnya. Law memiliki tato bergambar bendera kelompok bajak laut hati di bagian punggungnya dan juga di bagian dadanya, dengan sedikit modifikasi. Hal ini sudah jelas menunjukan bahwa Law sangat menghargai kelompok bajak lautnya dan menunjukan sosoknya sebagai sang kapten.

Tetapi, disadari atau tidak sebenarnya ada arti lain di balik gambar tato bendera bajak laut Hati tersebut. Gambar tersebut memiliki makna mendalam karena berkaitan dengan masa lalu dari Law. Bertahun-tahun sebelum cerita One Piece dimulai, soso Law kecil diurus dan dirawat oleh kelompok bajak laut Donquixote.

Di sana, Law menjalin hubungan yang baik dengan salah satu krunya yaitu Corazon. Corazon sendiri sebenarnya adalah adik dari kapten bajak laut Donquixote yaitu Doflamingo. Corazon sendiri sebenarnya adalah perwira angkatan laut yang ditugaskan untuk melakukan mata-mata di kelompok sang kakak. Sayangnya, setelah bertahun-tahun, akhirnya penyamaran tersebut terbongkar.

Ironisnya, Corazon harus tewas di tangan kakaknya sendiri. Namun, sebelum kematiannya, Corazon sempat memberikan Law buah iblis yang sekarang menjadi kekuatan andalannya yaitu Ope Ope no Mi. Berkat hal ini penyakit mengerikan yang diderita oleh Law pun akhirnya sembuh dengan sendirinya. Law juga kemudian mendapatkan kekuatan dahsyat dari buah iblis tersebut.

Salah satu kenangan indah dari Corazon yang diingat Law adalah momen ketika dia tertawa – bahkan ketika Corazon tewas pun dia tewas dalam keadaan tertawa. Demi menghormati sosok Corazon, dan sekaligus mengormati para kru di kelompoknya, akhirnya bendera bajak laut kelompok hati memiliki wajah yang sedang tersenyum di tengahnya.

Selain itu, perlu diingat juga bahwa bendera kelompok bajak laut Hati memiliki kemiripan dengan kelompok bajak laut Donquixote. Yang membedakannya adalah ada wajah yang tersenyum pada bagian tengahnya. Kesamaan dua logo atau lambang ini bisa memberikan gambaran koneksi antara Law dan juga kelompok bajak laut Donquixote. Namun, di sisi lain, hal tersebut juga bisa jadi adalah sindiran atau hinaan terhadap Doflamingo.

Dari dua kemungkinan tersebut, kemungkinan yang kedua dianggap lebih masuk akal. Hal ini dikarenakan Law menganggap Doflamingo yang bertanggung jawab atas kematian Corazon dan dia bersumpah akan membalas dendam atas kematiannya. Law juga memiliki tato berbentuk hati di kedua pundaknya dan juga dadanya, yang bisa jadi memiliki beberapa arti.

Salah satu kemungkinannya adalah tato tersebut memiliki arti kelompok bajak laut hati. Kemungkinan lainnya adalah tato tersebut mewakilkan sosok Corazon, yang dalam bahasa Spanyol berarti hati. Kemungkinan lainnya juga adalah bentuk hati tersebut mewakili bentuk dari buah iblis Ope Ope yang dia makan. Apa pun arti di balik itu semua, motif hati tersebut memiliki makna mendalam bagi Law.

Terdapat juga beberapa tato lainnya yang ada di bagian bawah lengannya dan juga di balik tangannya, yang memiliki bentuk seperti gir dengan lambang bajak laut Hati di tengahnya. Dan pada bagian punggung tangannya terdapat tato berbentuk stir kapal dengan sedikit modifikasi. Untuk arti dari tato tersebuti tidak diketahui secara jelas.

Namun, spekulasi sendiri banyak bermunculan bahwa hal itu mewakili usaha yang luar biasa untuk bisa bertahan di dunia bajak laut. Jadi, bisa diartikan bahwa seluruh tato yang ada di tubuh Law bukan hanya sekedar gambar belaka. Itu adalah bentuk penghormatan, nilai kepercayaan, persahabatan, dari sosok Law terhadap semua orang dalam hidupnya. Banyak makna mendalam dari tato tersebut.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.