Kurang dari satu pekan lagi bagian kedua dari musim terakhir seri anime Attack on Titan akan segera tayang. Artinya cerita akhir dari seri epik ini akan segera berakhir dalam satu langkah lagi. Ceritanya akan berlanjut dari apa yang dihadirkan sebelumnya di mana para pasukan Warrior Marley berhasil mengivasi pulau Paradis.

Tujuan mereka tidak lain adalah mencegah Eren Yeager menggunakan kekuatan dari Founding Titan. Serinya sendiri masih memiliki banyak plot yang akan dihadirkan di musim terakhir ini, dan artinya ada banyak hal juga yang bisa dinantikan oleh para fans. Berikut adalah beberapa hal yang bisa dinantikan oleh apra fans di musim terakhir ini.

Pertarungan Puncak Eren dan Reiner

Eren Jaerger dan Reiner Braun merupakan salah satu dari sekian banyak contoh hubungan yang kompleks di serinya. Reiner dahulu merupakan seseorang yang membuat Eren terinspirasi. Dialah panutan bagi Eren. Tetapi, di sisi lain, saat ini Reiner sudah menjadi orang yang sangat ingin dihabisi oleh Eren setelah mengetahui fakta yang sebenarnya tentang Reiner.

Ketika Eren berusaha menggunakan kekuatan Founding Titan untuk menyelamatkan bangsa Eldia, Reiner menggunakan kekuatan Armored Titan miliknya untuk menyelamatkan dunia dengan menghentikan langkah Eren. Eren dan Reiner sudah dipaksa untuk menghabisi orang-orang tidak bersalah demi melindungi bangsa dan rumah mereka masing-masing. Pertarungan puncak keduanya dipastikan akan sangat intens.

Pilihan Survey Corps

Di sepanjang paruh pertama musim terakhir, Eren sudah berhasil memaksa rekan-rekannya di Survey Corps untuk mau mengikuti semua keinginannya. Selain itu, dia juga selalu berusaha untuk menjauhkan rekan-rekannya dari dirinya. Mulai dari menghajar Armin sampai mengatakan hal buruk kepada Mikasa. Survey Corps benar-benar sudah kehilangan kepercayaan terhadap sosok Eren, dan berusaha untuk menghentikan rencana Eren dan Zeke.

Setelah berhasil menggulingkan pihak militer pulau Paradis dan memenjarakan para anggota Survey Corps yang tidak setuju dengan rencana Eren dan para Jaegerist, Eren sudah berhasil membangun citra dirinya sebagai musuh di mata teman-temannya. Tetapi, situasi di distrik Shiganshina di mana Marley menyerang wilayah tersebut membuat Survey Corps harus memilih apakah mereka akan membantu Eren atau membantu pihak Marley.

Rencana Eren dan Zeke

Yang menjadi pusat perhatian para fans di babak kedua musim terakhir serinya adalah rencana besar yang dimiliki oleh Eren dan Zeke, di mana mereka akan menghancurkan seluruh bangsa Eldia sehingga dunia akan kembali aman dan tidak akan ada lagi Titan di muka bumi. Eren saat ini sudah memiliki kekuatan Founding Titan, namun dia membutuhkan darah keturunan kerajaan untuk bisa mengaktifkan seluruh kekuatannya.

Inilah yang kemudian menjadi alasan mengapa Eren kemudian membutuhkan sosok Zeke. Rencana Eren untuk membebaskan Colossus Titan yang menjadi tembok di pulau Paradis, akan menjadi banjir darah di seluruh dunia. Mencegah hal ini agar tidak terjadi adalah alasan mengapa Marley kemudian menginvasi Paradis.

Nasib Manusia

Seperti yang sudah diperlihatkan sejak awal musim terakhir, Eren Jaeger berusaha untuk bisa melindungi bangsa Eldia yang ada di pulau Paradis. Apalagi, setelah Eren mengetahui bahwa peristiwa puluhan tahun lalu yang mengakibatkan ibunya tewas ternyata disebabkan oleh sosok yang berasal dari luar pulau Paradis.

Belum lagi kebencian orang lain terhadap para penduduk Eldia membuat Eren semakin marah terhadap mereka semua. Inilah yang kemudian membuat Eren berencana mengaktifkan seluruh Wall Titan untuk menghancurkan orang-orang di luar pulau Paradis. Strateginya dimulai dengan menyerang Marley, yang mana rencana tersebut berhasil. Dengan rencana ini, para fans tentunya akan penasaran dengan nasib umat manusia.

Apa yang Terjadi Pada Eren

Membuat seluruh penduduk di luar pulau Paradis mati adalah tujuan utama dari Eren. Inilah alasan dia kemudian berencana membangkitkan Wall Titan yang ada di pulau Paradis. Namun, untuk melakukan hal tersebut, dia membutuhkan sosok Zeke Jeager yang diketahui memiliki darah keturunan bangsawan. Hal ini dibutuhkan untuk mengaktifkan seluruh kekuatan Founding Titan.

Menggunakan seluruh kekuatan dari Founding Titan dan menghancurkan dunia tentunya akan mengancam nyawa Eren. Belum lagi ada upaya Marley yang berusaha untuk menghentikan rencana Eren tersebut dan juga sebagian dari pihak Survey Corps yang tidak setuju dengan rencana Eren. Nasib Eren akan ditentukan di akhir ceritanya nanti.

Setelah lebih dari satu dekade berjalan, akhirnya seri Attack on Titan karya Hajime Isayama ini akan menghadirkan cerita terakhirnya. Dengan apa yang dihadirkan sebelumnya, bisa dipastikan bahwa cerita di bagian kedua serinya ini akan jauh lebih intens dan epik. Dan beberapa hal di atas bisa menjadi poin-poin yang dinantikan oleh Geeks semua di bagian kedua serinya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.