Dracule Mihawk merupakan ahli pedang terbaik di seri One Piece saat ini. Dengan kekuatan dahsyat yang dia miliki, Mihawk sudah berhasil mengalahkan semua ahli pedang yang ada di dunia, sehingga titel tersebut kini berada di pihaknya. Dracule Mihawk juga merupakan salah satu karakter yang misterius dan menarik, karena dia tidak memiliki kekuatan buah iblis.

Dracule Mihawk merupakan sosok Shichibukai pertama yang muncul di seri One Piece, di mana dia muncul di arc Barattie. Saat itu, Mihawk diperlihatkan bertarung melawan Zoro. Dan karena perbedaan kekuatan, Zoro pun berhasil dikalahkan dengan mudah. Sejak saat itu, Mihawk tidak lagi muncul sampai pertempuran puncak di Marineford.

Mihawk juga menjadi sosok yang melatih Zoro saat time-skip terjadi. Saat itu, Kuma menerbangkan Zoro ke kastil Mihawk yang ada di pulau Kuraigana. Meskipun awalnya Zoro tidak mau mencari ilmu dari Mihawk, tetapi pada akhirnya Zoro mau menundukan kepalanya demi meningkatkan kemampuan berpedangnya. Dan seperti disebutkan di atas, Mihawk merupakan karakter yang unik.

Apakah Mihawk Seorang Bajak laut?

Salah satu keunikan dari seorang Dracule Mihawk adalah bagaimana dia selalu dihadirkan sendiri, tanpa memiliki rekan atau kru. Mihawk selalu diperlihatkan berlayar sendiri, dengan menggunakan sebuah kapal kecil yang berbentuk peti mati. Mihawk pun tinggal sendirian di pulau Kuraigana, tanpa ada penghuni lainnya – kecuali Perona dan para babun.

Hal ini pun memunculkan perdebatan di kalangan para fans, apakah artinya Mihawk bukan seorang bajak laut? Sampai sejauh ini, memang Eiichiro Oda tidak memberikan kriteria yang detail mengenai siapa yang bisa disebut sebagai bajak laut, apakah seorang bajak laut harus memiliki rekan atau kru.

Namun, banyak yang meyakini bahwa Mihawk memang adalah seorang bajak laut. Hanya saja dia merupakan seorang bajak laut penyendiri (lone pirate) yang tidak memiliki kru. Mihawk pun saat ini kembali aktif menjadi bajak laut, setelah sistem Shichibukai dibubarkan. Artinya, Mihawk sekarang kembali menjadi buronan, yang mana dalam kemunculannya terakhir dia sedang bersiap untuk kedatangan angkatan laut ke Kuraigana.

Yang menarik adalah ternyata Dracule Mihawk bukanlah satu-satunya bajak laut penyendiri atau tidak memiliki kru. Sosok bajak laut lainnya yang juga tidak memiliki kru adalah Edward Weevil, karakter yang baru diperkenalkan, di mana Weevil mengaku bahwa dirinya adalah anak dari Whitebeard. Weevil hanya ditemani oleh sosok ibunya, Miss Bakkin.

Masih belum diketahui apa yang menjadi penyebab Mihawk tidak memiliki kru atau memilih untuk menjadi seorang bajak laut penyendiri. Bisa jadi, sebenarnya Mihawk pernah memiliki kru bajak lautnya sendiri. Namun, sesuatu terjadi kepada mereka. Mungkin para kru tersebut tewas seperti kelompok Rumbar atau bisa jadi juga kelompok Mihawk bubar.

Dracule Mihawk Bukan Yonko

Dalam hal kekuatan, Mihawk tentu tidak perlu diragukan lagi. Dalam arc Marineford, kita bisa melihat bagaimana dahsyatnya kemampuan dari Mihawk. Dan banyak fans meyakini bahwa apa yang dihadirkan dalam pertempuran di Marineford bukanlah kekuatan penuh dari Mihawk. Dia baru mengeluarkan sedikit saja kemampuannya.

Perlu diingat juga bahwa Mihawk adalah rival dari Shanks, yang mana saat ini menjadi salah satu penguasa samudra alias Yonko. Artinya kekuatan Mihawk bisa diartikan setara dengan Shanks. Kemampuan dari Mihawk setara dengan kemampuan seorang Yonko, yang mana hal ini pun dikonfirmasi dalam Vivrecard.

Meskipun kemampuan Mihawk setara dengan seorang Yonko, ada beberapa hal yang membuat Mihawk dianggap tidak bisa kemudian dianggap sebagai Yonko. Pertama, Yonko diketahui memiliki wilayah kekuasan. Semua Yonko diketahui memiliki kekuasaan. Contohnya Big Mom yang memiiki wilayah kekuasaan di Totto Land dan juga pulau manusia ikan – sebelum kemudian direbut oleh kelompok Topi Jerami.

Wano merupakan wilayah kekuasaan dari Kaido. Beehive Island saat ini menjadi wilayah kekuasaan Blackbeard, setelah sebelumnya dimiliki oleh Rocks D. Xebec. Mihawk diketahui tidak memiliki wilayah kekuasaan. Pulau yang dia tempati, Kuraigana, merupakan pulau yang sudah hancur akibat peperangan.

Mihawk sendiri datang ke tempat itu dalam keadaan kosong, sehingga dia mendapatkannya secara cuma-cuma. Berbeda dengan Kaido, yang merebut Wano dari penguasa sebelumnya. Kedua, Mihawk tidak memiliki kru. Para Yonko diketahui memiliki kru, meskipun jumlahnya sedikit. Shanks adalah contoh dari hal ini.

Jumlah krunya hanya berjumlah puluhan, sebelum kemudian Oda menjelaskan bahwa ada penambahan kru untuk kelompok Shanks dalam SBS 101 kemarin. Sedangkan, tiga Yonko lainnya seperti Whitebeard, Kaido, dan Big Mom memiliki kru yang berjumlah ribuan hingga puluhan ribu. Di sisi lain, Mihawk sama sekali tidak memiliki kru, selain para babun cerdas di kastilnya.

Mungkin itulah alasan yang kemudian membuat Mihawk tidak pernah masuk kandidat daftar pengganti Yonko di Pemerintah Dunia. Mereka justru lebih memilih Blackbeard untuk mengisi kekosongan. Tetapi, di sisi lain, mungkin juga Mihawk menolak tawaran yang diberikan oleh Pemerintah Dunia untuk mengisi posisi tersebut.

Mihawk merupakan salah satu karakter menarik dalam seri One Piece. Dia berhasil mencapai level tertinggi tanpa bantuan dari kekuatan buah iblis, yang menunjukan seberapa dahsyatnya sosok ini. Meskipun Mihawk dianggap memiliki kekuatan yang setara Yonko, namun sayangnya Mihawk dianggap tidak memiliki persyaratan untuk menjadi seorang Yonko.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.