Franchise Naruto merupakan salah satu dari sedikit franchise populer yang berani memperlihatkan kematian dari para karakter utama dalam ceritanya, baik untuk alasan narasi atau pun untuk sekedar menghadirkan kejutan kepada para fans. Misalnya, kematian dari orang tua Uzumaki Naruto yaitu Kushina dan Minato,yang memang dihadirkan untuk kepentingan narasi.

Meskipun begitu, tidak jarang juga dalam ceritanya diperlihatkan ada karakter yang mendekati kematiannya – atau bahkan seharusnya sudah tewas – yang justru berhasil selamat dan melanjutkan kisahnya. Terlepas dari hal tersebut merupakan plot armor atau memang menjadi salah satu kemampuan mereka, beberapa karakter ini pernah hampir menemui ajalnya tetapi beruntung mereka bisa selamat. Siapa saja?

Obito Uchiha

Obito Uchiha seharusnya sudah tewas dalam pertempuran besar ninja ketiga. Namun, setelah semua orang mengira Obito sudah tewas, pada kenyataanya dia masih hidup. Obito Uchiha sendiri merupakan rekan satu tim dari Kakashi Hatake, dan kemudian menjadi salah satu antagonis utama di seri Naruto. Obito sendiri kemudian ikut bertarung menghadapi desa Iwagakure dalam perang besar ninja ketiga.

Tujuan utama dari Obito adalah menyelamatkan Rin, rekan satu timnya yang lain, yang diculik. Dalam pertarungan melawan shinobi desa Iwagakure, Obito mengalami luka berat ketika ada batu besar menghantam tubuhnya. Setelah Obito memberikan separuh Sharingan miliknya kepada Kakashi, semua orang berpikir Obito tewas. Namun, kemudian diketahui bahwa Obito berhasil selamat setelah Madara memerintahkan White Zetsu untuk menyelamatkannya.

Orochimaru

Sasuke pada akhirnya setuju dan menerima tawaran Orochimaru untuk melatihnya dan membuatnya menjadi kuat, demi bisa melampaui kekuatan Naruto. Setelah latihan Sasuke selesai, Sasuke kemudian mengkhianati dengan menyerang Orochimaru yang lemah dan berusaha membunuhnya. Hal ini terjadi karena Sasuke tahu bahwa Orochimaru hanya memanfaatkannya untuk menjadi lebih kuat.

Setelah berhasil “membunuh” Orochimaru, Sasuke pun kemudian menciptakan timnya sendiri untuk mencari keberadaan Itachi, yang kemudian dikenal sebagai Team Taka. Yang mengejutkannya, ternyata diketahui bahwa sebenarnya Orochimaru masih belum tewas. Orochimaru kembali muncul dalam cerita pasca peristiwa tersebut.

Sasuke Uchiha

Setelah berhasil mendapatkan kekuatan Mangekyo Sharingan, Sasuke berubah menjadi sosok yang sangat luar biasa. Dia cukup kuat untuk bertarung menghadapi sebagian besar karakter hebat lainnya yang ada di seri Naruto. Tetapi, beberapa dari mereka – seperti Killer Bee – sepertinya masih terlalu kuat untuk dihadapi oleh Sasuke sekali pun.

Dengan kekuatan monster berekor delapan yang ada di dalam dirinya, Kille Bee berhasil menguasai pertarungan dan bahkan membuat Sasuke kewalahan dan tidak bisa berbuat banyak. Bahkan, Sasuke harus terluka parah akibat berbagai serangan yang dilancarkan oleh Killer Bee. Jika bukan karena Karin dan Jugo, Sasuke mungkin sudah seharusnya tewas di sana.

Kakashi Hatake

Kemunculan Pain di Konoha membuat semua shinobi dan semua orang panik. Dan para shinobi Konoha pun berusaha dengan keras untuk bisa meredam kekuatan dari Pain. Salah satu shinobi yang bertarung adalah Kakashi Hatake. Kakashi dan Pain terlibat pertarungan satu lawan satu saat Pain datang ke Konoha untuk mencuri Kurama.

Meskipun Kakashi diperlihatkan menguasai pertarungan dan mampu mengalahkan teknik Tendou, dia harus gagal. Kakashi diperlihatkan terluka sangat parah dan bahkan dia sudah diperlihatkan tewas setelah menggunakan seluruh chakra yang dia miliki. Tetapi, berkat Nagato yang menggunakan Rinne Rebirth, Kakashi dan seluruh penduduk Konoha yang tewas berhasil dibangkitkan kembali.

Tsunade

Perang besar ninja keempat memperlihatkan sesuatu yang sangat luar biasa, di mana para Kage yang sudah tewas dibangkitkan kembali dari kematiannya. Madara Uchiha termasuk salah satu diantaranya. Lima Kage dari lima desa berbeda berusaha dengan sekuat tenaga untuk mengalahkannya. Namun, seperti yang bisa ditebak bahwa Madara terlalu kuat bagi mereka.

Hal tersebut membuat para Kage dan aliansi shinobi lainnya untuk mundur. Madara sendiri kemudian mulai serius dan mengerahkan seluruh kekuatannya, yang mana berakibat banyak shinobi dan juga Kage yang harus merasakan kedahsyatan kekuatan Madara. Tsunade sendiri diperlihatkan tubuhnya harus terbelah akibat serangan Madara. Tetapi, ajaibnya, dia berhasil selamat dan bahkan berhasil menyelamatkan Kage lainnya.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.