Bruce Wayne alias Batman adalah superhero DC yang paling populer di seluruh dunia. Banyak julukan menarik yang disematkan padanya, termasuk Dark Knight, Caped Crusader, sampai World’s Greatest Detective. Batman sendiri memulai kariernya sebagai detektif bertopeng yang sampai sekarang tercatat telah menyelesaikan ratusan kasus misterius. Terlepas dari semua keberhasilannya, ternyata ada beberapa misteri di sekitar Batman, yang tampaknya dia sendiri tidak akan bisa memecahkannya. Kasus apa saja itu? Berikut 7 kasus misterius yang sulit untuk dipecahkan, bahkan oleh Batman sekalipun!

Kelelawar Aneh di Wayne Manor

Di komik Detective Comics #31 (1939), sempat diceritakan bahwa Bruce Wayne pertama kali mengadaptasi nama superhero Batman setelah dirinya melihat kelelawar yang masuk ke ruangan kerjanya. Yang menjadi misteri adalah dari mana asal kelelawar tersebut, ada yang bilang berasal dari Batcave, tetapi bagaimana bisa? Padahal pintu keluar Batcave terletak sangat jauh dari Wayne Manor dan berada di balik air terjun. Walaupun teori tersebut dianggap benar, bagaimana bisa tidak ada tetangga atau tamu yang komplain dengan keberadaan aneh dari kelelawar misterius tersebut.

Menghilangnya Bibi Harriet

Saat Alfred diceritakan mati di Detective Comics #328, bibi Dick Grayson alias Robin yang bernama Harriet datang untuk menjenguk Dick dan menggantikan Alfred sebagai asisten rumah tangga di Wayne Manor. Namun, tiba-tiba dia menghilang begitu saja dari DC Comics, Dick seakan tidak pernah mengingatnya, bahkan saat Dick menikah di komik New Titans #100 bibi Harriet tidak pernah menunjukkan batang hidungnya. Bibi Harriet terakhir kali terlihat di komik Batman Family #4 yang dirilis pada tahun 1976, artinya dia telah menghilang selama 45 tahun dan tidak ada satu pun yang mencarinya!

Anak yang Tidak Menua

Dalam salah satu panel komik Detective Comics #235, Bruce Wayne mengungkit kejadian lama ketika dirinya berusia di antara 6 sampai 8 tahun. Diceritakan bahwa dia melihat kedua orang tuanya yang berpakaian untuk pesta topeng, tepat sepuluh tahun sebelum mereka tewas ditembak oleh perampok. Pada titik ini keanehan sudah mulai terasa, di kisah asli Batman, Bruce melihat orang tuanya tewas pada saat dia berumur antara 6 sampai 8 tahun, artinya dari mulai dia melihat orang tuanya mengenakan kostum sampai mereka meninggal, Bruce sama sekali tidak menua sedikit pun.

Teknologi Canggih Batcave

Seperti yang kita tahu bahwa markas Batman yang disebut Batcave adalah salah satu tempat tercanggih di Bumi. Di dalamnya terdapat banyak barang aneh dan teknologi canggih untuk mendukung aktivitas Batman. Yang menjadi pertanyaan adalah dari mana Bruce Wayne mendapatkan barang-barangnya, termasuk teknologi seperti monitor besar. Jika dia memesannya di suatu tempat, apakah kurirnya tidak curiga dengan aktivitas Bruce yang memesan banyak barang mahal dan canggih. Apakah Bruce merakit semuanya dari nol? Tampaknya sangat tidak mungkin, mengingat dia sangat sibuk sebagai Batman.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2