Shichibukai merupakan salah satu kekuatan besar yang ada di dunia One Piece. Mereka merupakan salah satu kekuatan yang menjaga keseimbangan kekuatan di dunia. Shichibukai sendiri merupakan sebuah sistem yang unik yang dibentuk oleh Pemerintah Dunia. Mengapa unik? Karena, jika biasanya bajak laut menjadi musuh angkatan laut dan pemerintah, Shichibukai justru sebaliknya.

Para bajak laut dan pemerintah serta angkatan laut menjalin kerja sama untuk membentuk semacam “tenaga ekstra” di mana para bajak laut inilah yang mengerjakan tugas yang diberikan oleh angkatan laut. Misalnya, menangkap bajak laut kuat lainnya atau membantu pemerintah dalam sebuah misi besar, seperti saat perang besar di Marineford, di mana kita melihat para Shichibukai berada di barisan yang sama dengan angkatan laut.

Pertanyaan yang kemudian muncul di benak para fans semua tentunya adalah apa yang membuat seorang bajak laut bisa menjadi bagian dari Shichibukai? Bagaimana mereka merekrut para bajak laut untuk menjadi bagian dari Shichibukai? Ada beberapa metodologi bagi angkatan laut untuk merekrut bajak laut yang dianggap pantas untuk menjadi Shichibukai.

Syarat utamanya adalah terdapat ruang atau lowongan yang tersedia. Jika ada satu posisi Shichibukai yang kosong, entah karena dikeluarkan dari sistemnya atau ada alasan lain, maka bajak laut lain boleh dan bisa mengisi posisi tersebut. Contoh nyata dari hal ini adalah Jinbe dan juga Crocodile, yang kemudian digantikan posisinya oleh Blackbeard dan juga Buggy serta Trafalgar Law.

Namun, meskipun posisi tersebut terbuka, bukan berarti setiap bajak laut bisa menjadi Shichibukai. Mereka harus bisa membuktikan kepada pihak angkatan laut dan Pemerintah Dunia tentang kekuatan dan kemampuan yang mereka miliki, terutama saat berhadapan dengan bajak laut hebat lainnya. Setelah itu, jika kemudian diterima, mereka akan langsung menyatakan kesetiaannya terhadap Pemerintah Dunia.

Contoh dari hal ini adalah Blackbeard, yang berhasil menang atas Portgas D. Ace dan dia pun kemudian mengantarkan tubuh Ace kepada pihak angkatan laut. Atau Trafalgar Law yang mengirimkan 100 jantung bajak laut kepada markas pusat angkatan laut. Pencapaian yang mereka lakukan membuat pihak Pemerintah Dunia akhirnya memberikan penawaran posisi Shichibukai kepada keduanya.

Selain mengajukan diri dan membuktikan kemampuan mereka, metode lainnya adalah dengan cara pemerasan atau pemaksaan. Hal ini pernah dilakukan oleh Donquxiote Doflamingo yang mengancam akan membocorkan rahasia besar kaum naga langit, jika mereka tidak mengembalikan statusnya sebagai bagian dari kaum naga langit atau jika Dofy tidak diangkat menjadi bagian dari Shichibukai.

Kemudian, Pemerintah Dunia juga bisa saja mengajukan atau memberikan tawaran kepada seorang bajak laut. Biasanya, bajak laut yang diberikan tawaran oleh Pemerintah Dunia untuk menjadi bagian dari Shichibukai adalah bajak laut yang memang sudah terbukti kemampuan dan juga reputasi mereka. Mereka juga diketahui memiliki nilai buruan yang sangat besar.

Misalnya, Dracule Mihawk yang sudah terbukti merupakan ahli pedang terbaik. Atau Boa Hancock, yang memang dikenal kuat dan dianggap sebagai bajak laut hebat. Beberapa bajak laut lainnya seperti Jinbe, Buggy, dan bahkan Ace pun pernah mendapatkan tawaran dari Pemerintah Dunia untuk mengisi posisi Shichibukai. Sampai sejauh ini, belum ada informasi pasti mengenai apa yang akan terjadi jika tawaran menjadi Shichibukai ditolak.

Namun, menurut salah satu anak buah Arlong, Chew, mereka yang menolak tawaran menjadi Shichibukai maka nilai buruannya akan bertambah cukup drastis. Tetapi, sejauh ini, belum ada bentuk konkret dari hukuman jika ada yang menolak tawaran tersebut. Tetapi, untungnya, sistem Shichibukai sendiri sekarang sudah dibubarkan karena dianggap berbahaya dan tidak terlalu banyak membawa manfaat.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.