Portgas D. Ace

Portgas D. Ace adalah komandan divisi 2 dari kelompok bajak laut Whitebeard, dan merupakan salah satu kru terkuat dari kelompok bajak laut tersebut. Ace sendiri dikurung di penjara Impel Down, setelah dia berusaha menghabisi nyawa Blackbeard yang sebelumnya sudah membunuh rekannya sendiri Thatch, karena ingin merebut buah iblis Yami Yami.

Setelah kalah dalam pertarungan, Blackbeard kemudian menyerahkannya kepada pihak angkatan laut. Mereka pun mengurung Ace di level 6 karena dianggap berbahaya. Lagipula, Ace adalah anak dari sang raja bajak laut, Gol D. Roger. Ace tidak lama dikurung di Impel Down, karena pihak angkatan laut mempercepat proses eksekusi mati dari Ace.

Jinbe

Jinbe merupakan kapten kedua di kelompok bajak laut Matahari setelah sosok Fisher Tiger, dan juga merupakan salah satu mantan Shichibukai. Tidak berapa lama setelah Ace dipenjara, Jinbe pun ikut dipenjara di level 6 Impel Down setelah dia menolak untuk ikut bergabung dalam rencana perang besar angkatan laut yang berhadapan dengan kelompok Whitebeard. Jinbe sendiri dikurung di ruangan yang sama dengan Ace.

Jinbe sendiri pada akhirnya bebas, setelah Luffy muncul untuk menyelamatkan Ace – yang mana rencana Luffy gagal karena terlambat. Jinbe pun memutuskan untuk membantu Luffy menyelamatkan Ace, dan kemudian sekarang dia pun bergabung menjadi anggota ke sepuluh dari kelompok Topi Jerami. Jinbe sendiri dalam arc Wano diperlihatkan berhasil mengalahkan Who’s Who, salah satu anggota Flying Six.

Emporio Ivankov

Emporio Ivankov merupakan wakil dari pemimpin Pasukan Revolusi, Monkey D. Dragon. Ivankov merupakan bagian dari Okama dan merupakan pemimpin dari kerajaan Kamabakka. Ivankov sendiri pernah menghuni penjara Impel Down level 5, namun kemudian dia menjadi pemimpin dari “surga tersembunyi” yang berada di level 5.5 di penjara tersebut.

Sayangnya, informasi mengapa Ivankov bisa dipenjara masih belum diketahui. Sebenarnya, jika dia mau, Ivankov bisa saja kabur dan pergi dari Impel Down. Namun, dia memilih untuk tinggal karena menurutnya tidak ada yang menarik di luar sana. Selain itu, dia juga menunggu instruksi untuk bergerak dari Dragon. Ivankov sendiri pada akhirnya keluar dari Impel Down setelah Luffy muncul, dan membantunya menyelamatkan Ace.

Shiki The Golden Lion

Shiki merupakan salah satu bajak laut legendaris dalam cerita One Piece dan merupakan seseorang yang kekuatannya berada di level yang sama dengan sosok Gol D. Roger. Shiki mampu bertarung dengan bajak laut kuat mana pun dan menang, kecuali beberapa bajak laut Whitebeard dan Roger. Yang menarik adalah Shiki merupakan salah satu mantan anak buah Rocks D. Xebec.

Shiki sendiri pernah di penjara di Impel Down, untuk kejahatan yang belum diketahui. Namun, dia kemudian berhasil kabur dari penjara tersebut. Shiki sendiri merupakan salah satu dari sedikit orang yang mampu kabur dari penjara Impel Down, bahkan dia adalah yang pertama kabur dari Impel Down. Shiki sendiri memiliki buah iblis Fuwa Fuwa no Mi, yang membuat benda atau apa pun menjadi ringan dan mampu terbang.

Morley

Morley merupakan salah satu komandan di Pasukan Revolusi, dan juga merupakan Pasukan Revolusi lainnya yang pernah dipenjara di Impel Down selain Ivankov. Dia memakan buah iblis Oshi Oshi no Mi, yang membuatnya bisa mendorong apa pun, bahkan permukaan tanah sekali pun. Lebih dari 100 tahun lalu, Morley merupakan salah satu bajak laut yang berhasil dikurung di Impel Down.

Suatu hari, Morley kemudian berhasil kabur dari penjara tersebut, sebuah fakta yang tidak diketahui semua orang, yang membuat status Impel Down sebagai penjara yang tidak tertembus tetap terjaga. Sampai kemudian kabar tentang Shiki muncul. Morley sendiri merupakan orang yang membuat terowongan rahasia, yang kemudian dikenal sebagai level 5.5 yang saat ini dipimpin oleh Bon Clay.

Impel Down menjadi tempat bagi orang-orang yang dianggap berbahaya oleh Pemerintah Dunia dikurung. Meskipun pada dasarnya Impel Down tidak berbeda dari penjara pada umumnya, di sini banyak hal mengerikan yang membuat para tahanan akan sulit untuk kabur. Mulai dari penjaga yang kejam, sampai berbagai rintangan seperti hutan silet. Dengan semua kengerian yang ada, wajar jika hanya orang-orang tertentu yang dikurung di penjara ini.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.