Series One Piece karya Eiichiro Oda dalam sejarahnya sudah pernah melakukan beberapa crossover terbesar dengan berbagai franchise. One Piece merupakan salah satu series dan franchise terbesar di dunia yang sudah bertahan selama lebihe dari 25 tahun. Dalam perjalanannya, One Piece sudah pernah melakukan kolaborasi atau crossover dengan berbagai franchise. Dan berikut adalah crossover terbesar dari One Piece.

8Dragon Ball X One Piece

 

Crossover terbesar yang pernah One Piece lakukan adalah dengan series Dragon Ball. Series One Piece dan Dragon Ball merupakan dua nama yang sangat populer di dunia anime dan manga. Akira Toriyama merupakan inspirasi dari Eiichiro Oda untuk menghadirkan berbagai elemen yang muncul dalam cerita One Piece. Inilah yang kemudian membuat Shonen jump kemudian menghadirkan crossover antara Dragon Ball dan One Piece.

Dunia One Piece dan Dragon Ball Z akhirnya bergabung menjadi satu pada tahun 2006, ketika manga one-shot bernama Cross Epoch dimuat di Weekly Shonen Jump. Dalam Cross Epoch, Mr. Satan meminta Shenron untuk membuatnya menjadi raja dan memberinya sebuah istana. Raja Satan memutuskan untuk mengadakan pesta teh besar dan mengundang semua karakter dari One Piece dan Dragon Ball untuk hadir.

Kita dapat melihat semua protagonis bersenang-senang bersama, yang diakhiri dengan kedatangan Goku dan Luffy di pesta teh. Karena Luffy tidak bisa terbang, Goku membiarkannya menggunakan Awan Kinton atau Flying Nimbus miliknya untuk digunakan sebagai kendaraan. Ini menjadi salah satu crossover terbesar, selain untuk kedua seriesnya namun juga untuk industri anime dan manga.

Kembali
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.