Meskipun Haki merupakan salah satu sumber kekuatan bagi banyak karakter, namun ada beberapa jenis Haki di dunia One Piece yang paling langka. Hanya sedikit orang yang berhasil membangkitkan kemampuan haki dalam dirinya. Simpelnya, Haki membuat para penggunanya bisa mengendalikan semangat mereka untuk berbagai macam hal. Meskipun Haki digunakan oleh mayoritas karakter, namun ada beberapa jenis Haki yang dianggap paling langka di dunia One Piece. Apa saja?

5Internal Destruction

Jenis Haki paling langka di dunia One Piece pertama adalah Internal Destruction atau yang biasa disebut sebagai Ryuo. Dalam ceritanya dijelaskan jika Ryuou sebenarnya merupakan sebutan untuk Haki bagi para penduduk di wilayah Wano. Pada dasarnya, Ryuo memiliki kemiripan konsep dengan Armament Haki. Seperti yang Geeks ketahui, Armament Haki merujuk pada kemampuan dimana penggunanya membuat semangat dalam diri mereka untuk menjadi sebuah senjata.

Haki jenis ini bisa digunakan untuk menyerang maupun bertahan. Satu hal yang menjadi keuntungan adalah ketika penggunanya menggunakan Haki ini, mereka akan bisa menyentuh bentuk asli dari para pengguna buah iblis dengan jenis Logia. Perbedaan terbesarnya dengan Ryuo adalah ketika penggunanya melakukan Hardening atau pengerasan maka Haki tersebut akan melapisi juga kulit si penggunanya.

Selain itu, Ryuo membuat penggunanya bisa menghancurkan benda dari dalam seperti yang dijelaskan oleh Hyogoro. Rayleigh adalah orang yang pertama kali menunjukan kemampuan ini ketika dia menghancurkan gelang peledak Camie. Di Wano sendiri semua para Samurai terkuat pasti memiliki kemampuan ini. Luffy pun mampu menggunakan teknik ini ketika dia menyelamatkan Hyogoro dan dirinya dari kalung peledak.

Kembali
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.