Dikenal sebagai “penjara bawah air yang terhebat,” Impel Down merupakan penjara terbesar dan paling mengerikan yang ada di dunia One Piece. Impel Down menjadi penjara bagi semua jenis penjahat, mulai dari kriminal kelas ringan sampai penjahat kelas berat dan bahkan bajak laut paling kejam. Bahkan, di sini pula orang-orang yang dianggap ancaman oleh Pemerintah Dunia dikurung.

Impel Down menjadi salah satu dari tiga fasilitas besar Pemerintah Dunia, selain Enies Lobby dan Marineford. Impel Down sempat menjadi tempat yang dikunjungi Luffy sebelum perang puncak di Marineford dimulai. Berbagai bajak laut dan juga karakter-karakter hebat lainnya pernah merasakan ditahan di dalam penjara ini. Siapa saja mereka?

Crocodile

Crocodile merupakan salah satu mantan Shichibukai, yang kini sudah melenggang bebas di lautan. Crocodile ditangkap dan dilemparkan ke Impel Down setelah peristiwa besar di arc Alabasta, di mana dia mencoba untuk menggulingkan kekuasaan kerajaan Alabasta dan mengambil alih kepemimpinannya. Hal itu dia lakukan untuk mencari keberadaan Pluton.

Karena dianggap berbahaya, Crocodile pun dikurung di penjara level 6. Crocodile sendiri merupakan pemakan buah iblis tipe Logia, yaitu Suna Suna no Mi, di mana dia bisa berubah menjadi pasir. Crocodile menjadi ancaman besar bagi hampir semua orang yang ada di levelnya, sehingga wajar jika kemudian Crocodile menjadi salah satu karakter terkuat yang pernah dipenjara di Impel Down.

Avalo Pizzaro

Terkenal sebagai raja korup di seluruh South Blue, Avalo Pizzaro ditangkap dan dibawa ke Impel Down pada waktu yang tidak diketahui. Tidak terlalu banyak informasi yang bisa digali dari Avalo Pizzaro, terutama mengenai asal-usulnya. Dalam sebuah serangan yang dilakukan oleh Blackbeard ke Impel Down, Pizzaro kemudian memutuskan untuk bergabung dengan kru Blackbeard.

Setelah Blackbeard menjadi Yonko menggeser posisi Whitebeard, Pizzaro kemudian ditunjuk untuk menjdi salah satu dari 10 komandan di kru Blackbeard. Pizzaro merupakan komandan untuk divisi keempat. Artinya, Blackbeard memiliki banyak kepercayaan pada sosok Pizzaro, baik dari segi kemampuannya atau pun kekuatannya.

Catarina Devon

Catarina Devon, yang memiliki julukan Crescent Moon Hunter, adalah salah satu bajak laut wanita terkuat di seri ini. Dia juga merupakan bajak laut wanita pertama yang diketahui dikurung di Impel Down. Masih belum diketahui apa kejahatan yang membuat dia harus dikurung di Impel Down, tetapi dia dianggap sebagai wanita paling berbahaya dalam sejarah.

Selain Avalo Pizzaro, Catarina Devon juga merupakan tahanan level 6 yang kemudian bergabung dengan kelompok Blackbeard. Dia kemudian menjadi kapten kapal atau kepala divisi keenam dari bajak laut Blackbeard. Catarina Devon memiliki kekuatan buah iblis Inu Inu no Mi, Model: Kyuubi no Kitsune yang memungkinkannya untuk mengambil penampilan dari siapa pun.

Shiryu

Dikenal sebagai Shiryu of the Rain, sebenarnya Shiryu adalah mantan sipir di penjara Impel Down. Namun, karena hobinya yang senang untuk menyiksa dan menghabisi tahanan lainnya membuat Shiryu akhirnya dipecat dan dikurung di level 6. Dalam hal kekuatan, sosok Shiryu dianggap setara dengan kepala penjara Impel Down, Magellan.

Shiryu menjadi sosok lainnya dari para tahanan level 6 Impel Down, yang bergabung dengan kelompok Blackbeard dalam serangannya ke Impel Down. Shiryu sendiri sekarang menjadi wakil kapten dari kelompok bajak laut Blackbeard, dan juga memiliki kekuatan buah iblis Suke Suke no Mi yang sebelumnya dimiliki oleh Absalom.

Donquixote Doflamingo

Doflamingo merupakan mantan kapten dari kelompok bajak laut Donquixote dan juga merupakan salah satu mantan Shichibukai. Menjadi bagian dari keluarga Donquixote, sebenarnya Doflamingo adalah keturunan dari kaum naga langit. Dofy kemudian menguasai wilayah Dressrosa, dan setelah Luffy berhasil mengalahkannya Dofy kemudian ditahan di level 6 penjara Impel Down.

Dofy diketahui mahir dalam semua jenis Haki. Selain itu, Dofy juga memiliki kemampuan buah iblis Ito Ito no Mi, yang membuatnya bisa mengendalikan apa pun dengan menggunakan seutas benang dari awan. Yang luar biasa adalah Dofy sudah berhasil membangkitkan kekuatan buah iblisnya.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.