Seri Naruto Shippuden selain memberikan kita sebuah cerita yang baru di mana para shinobi muda Konoha mulai beranjak dewasa, kita juga melihat berbagai kemampuan baru, karakter-karakter baru, dan juga senjata-senajata baru yang diperkenalkan dalam serinya. Salah satu karakter yang mendapatkan penambahan kekuatan baru adalah Uchiha Sasuke. Kemunculannya di seri Shippuden, tidak kalah epik ketika dia muncul di seri Naruto.

Bukan hanya itu saja, Sasuke juga tumbuh menjadi sosok yang jauh lebih kuat dari yang Naruto temui sebelumnya. Sasuke sendiri diketahui saat itu menggunakan sebuah pedang legendaris yang dikenal sebagai Kusanagi. Pedang Kusanagi yang dimiliki oleh Sasuke berbeda dengan Kusanagi asli yang dimiliki oleh Orochimaru.

Pedang Kusanagi yang dimiliki oleh Orochimaru mampu dikendalikan secara mental dan juga mampu digunakan untuk pertarungan jarak jauh. Sayangnya, pedang Kusanagi yang dimiliki oleh Sasuke tidak memiliki semua keunikan dan kelebihan seperti yang dimiliki oleh Orochimaru. Selain hanya mampu mengalirkan chakra listrik Sasuke, pedang Kusanagi milik Sasuke ini nampak seperti pedang biasa lainnya. Namun, disadari atau tidak pedangnya memiliki sebuah kemampuan unik.

Hilangnya Kekuatan Kusanagi

Pertama kali Sasuke menggunakan pedang Kusanagi adalah ketika dia bertarung menghadapi Team Kakashi, saat mereka berusaha untuk menangkap Sasuke. Sasuke sendiri mencoba untuk menebas Sakura dengan pedang ini, tetapi serangan tersebut berhasil digagalkan oleh Yamato. Ketika Yamato mencoba menahan serangannya dengan kunai, Kusanagi milik Sasuke mengalami momen “menghilang” sehingga pedangnya menembus tubuh Yamato.

Sasuke sendiri menjelaskan bahwa Kusanagi miliknya mustahil untuk ditahan. Setelah momen tersebut, sayangnya, kemampuan luar biasa dari Kusanagi milik Sasuke ini tidak pernah lagi diperlihatkan atau disebutkan dalam cerita. Sasuke bertarung dengan menggunakan pedang Kusanagi tersebut saat menghadapi musuh-musuh lainnya, tetapi ketika ada serangan yang datang, Sasuke justru lebih memilih menghindari atau menahannya.

Sampai saat ini tidak ada penjelasan yang jelas dan pasti mengapa orang-orang mampu menahan Kusanagi Sasuke tersebut, atau mengapa Kusanagi tersebut kehilangan kekuatannya atau tidak bisa lagi digunakan. Bagaimana Kusanagi mampu ditahan oleh pedang lainnya mulai terlupakan dan Sasuke pun kemudian menggunakan pedang biasa di sepanjang sisa serinya.

Kusanagi Terlalu Kuat?

Meskipun penjelasan pasti mengapa Kusanagi milik Sasuke tersebut sudah tidak bisa lagi menggunakan kemampuan dahsyatnya tersebut, tetapi ada kemungkinan bahwa alasan mengapa kemampuan tersebut tidak lagi digunakan adalah karena terlalu kuat. Sebuah pedang yang tidak bisa ditahan atau tidak mampu untuk ditahan akan menjadi sebuah pedang dan senjata yang paling kuat di seluruh franchise Naruto.

Pedang yang digunakan Seven Swordsmen of the Mist tentunya hanya akan terlihat seperti pedang biasa, jika kemudian harus berhadapan dengan pedang Kusanagi Sasuke tersebut. Mereka yang bertarung melawan Sasuke, dan kemudian berhadapan dengan pedang Kusanaginya, bisa dipastikan akan kalah. Obito memiliki kemampuan yang hampir sama dengan kemampuan Kusanagi Sasuke ini.

Dengan kekuatan Sharingan miliknya, Obito mampu menembus serangan apa pun sehingga tidak ada yang mampu untuk menyentuhnya. Obito sendiri baru bisa dikalahkan oleh Hatake Kakashi, yang menggunakan kemampuan yang sama dan juga kecepatan tinggi. Kakashi mampu menyerang Obito sebelum dia menggunakan kemampuan andalannya.

Butuh Sesuatu yang Lain

Dengan Kusanagi yang kini sudah mampu untuk ditahan, artinya pedang Kusanagi Sasuke tidak ada bedanya dengan pedang-pedang lainnya yang ada di seluruh franchise ini. Meskipun Sasuke memperlihatkan kemampuan dahsyat dengan senjatanya tersebut, tidak ada lagi yang membuat Kusanagi miliknya spesial. Pedang sudah menjadi salah satu kunci penting dalam gaya bertarung Sasuke.

Di sisi lain, ini juga sudah menjadi hal yang ikonik dari serinya dan juga karakter Sasuke. Rasanya sangat disayangkan jika tidak ada yang spesial yang dihadirkan dari pedangnya. Setidaknya Masashi Kishimoto bisa memberikan satu keunikan lain dari Kusanagi Sasuke tersebut, yang membedakannya dengan semua pedang yang ada dalam ceritanya.

Dalam seri Boruto, Sasuke memiliki sebuah pedang baru yang juga sama-sama tidak memiliki kekuatan unik atau dahsyat. Dalam sebuah momen flashforward, diperlihatkan bagaimana pedang dari Sasuke kemudian digunakan oleh Boruto pada masa yang akan datang. Bagaimana pedang tersebut berpindah pemilik akan memiliki dampak yang lebih dramatis dan lebih besar jika ada sesuatu yang spesial dari pedangnya. Untuk saat ini, sepertinya pedang tersebut terlihat seperti pedang normal.

Mampu menembus semua pertahanan yang ada dan mustahil untuk ditahan oleh apa pun menjadi kemampuan yang hampir tidak bisa terkalahkan oleh siapa pun. Mungkin inilah alasan mengapa Masashi Kishimoto memutuskan untuk menghilangkan kemampuan itu dari pedang Kusanagi Sasuke. Sasuke sendiri sudah memiliki banyak kemampuan dahsyat, dan jika kemampuan Kusanagi tersebut tetap ada, Sasuke akan menjadi karakter yang overpower. Bagaimana menurut kalian Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.