Pertarungan di Onigashima sudah mendekati akhir dengan seluruh istana Kaido yang terbakar habis. Dalam chapter sebelumnya, kita melihat bagaimana Sanji berhasil mengalahkan Queen, yang sempat menggunakan seluruh kemampuan Germa 66. Kemudian, kita juga melihat bagaimana pertarungan puncak antara Zoro melawan King. Banyak hal menarik yang kemudian dihadirkan dalam pertempuran ini.

Contohnya adalah kita akhirnya bisa melihat langsung bagaimana ciri-ciri dari ras Lunarian, dan bagaimana mereka ternyata diincar oleh pihak Pemerintah Dunia. Kita juga melihat bagaimana King pertama kali bertemu dengan Kaido, ketika keduanya sama-sama menjadi subyek uji coba dari Pemerintah Dunia. Lalu, apa yang terjadi pada chapter 1036? Berikut adalah ulasannya.

King Yakin Kaido Adalah Joy Boy

Setelah menerima serangan dari Zoro, kita melihat kilas balik kembali dari sosok King. Dalam adegan tersebut, King diperlihatkan bersama dengan Kaido beberapa tahun setelah mereka berhasil kabur dari fasilitas di Punk Hazard. Dalam kilas balik tersebut, kita menemukan fakta bawah King berpikir Kaido adalah sosok Joy Boy yang dijanjikan akan muncul dan mengubah dunia.

Seperti yang kita ketahui, Joy Boy merupakan sosok dalam ramalan yang akan muncul dan memberikan perubahan besar dalam dunia ini. Namun, kita masih belum tahu siapa sosok yang menjadi Joy Boy tersebut. King sendiri meyakini bahwa Kaidolah sosok Joy Boy dalam ramalan itu, apalagi Kaido memiliki impian yang sangat besar untuk bisa mengubah dunia.

X Drake Kalah

Dalam chapter sebelumnya, kita melihat bagaimana X Drake bersama Apoo berusaha menghadapi para anggota CP-0 yang berusaha mengejar Nico Robin. Dan diperlihatkan juga bagaimana Apoo dan Drake sepertinya memiliki peluang untuk bisa menang. Tetapi, dalam chapter ini kita melihat bahwa dugaan tersebut salah. Anggota CP-0 terlalu kuat untuk dihadapi oleh mereka berdua.

Bahkan, ironisnya, Inbi dan Apoo kabur dan pergi meninggalkan Drake dan Zanki dalam pertempuran. Hal ini sepertinya sudah diduga oleh sebagian fans, mengingat sikap dari Apoo yang rela melakukan apa pun untuk bisa bertahan hidup. Drake dan Zanki diperlihatkan tidak sadar setelah berhasil dikalahkan oleh anggota CP-0, yang membuktikan bahwa kemampuan mereka di atas rata-rata.

Usopp Selamatkan Kiku dan Kinemon

Usopp pun bertarung mati-matian untuk bisa melindungi Kinemon dan Kiku. Tetapi, Kinemon dan Kiku meminta Usopp untuk pergi membawa salah satu dari mereka untuk diselamatkan. Usopp sendiri tidak pernah setuju dan marah dengan sikap para samurai, yang memilih untuk mati, dan selalu memilih mati sebagai opsi terakhir. Usopp memberikan pandangannya bahwa bagaimana pun sulitnya situasi, mereka harus tetap berusaha untuk hidup.

Izou pun muncul untuk membantu Usopp. Kita diperlihatkan bagaimana Izou memiliki tato klan Kozuki di bagian tubuhnya. Izou pun kemudian meminta Usopp untuk menyelamatkan Kiku dan Kinemon ke tempat yang lebih aman. Dan bersam Hamlett akhirnya Usopp pun pergi.

Era Baru Akan Tiba?

Pasca mengalahkan Drake dan Zanki, anggota CP-0 yang ada di lantai bawah menerima panggilan dari anggota CP-0 lainnya, yang bertanya apakah Nico Robin sudah tertangkap. Menurut anggota CP-0 tersebut, Nico Robin harus segera tertangkap apalagi istana Kaido sudah terbakar habis. Mereka harus segera pergi dari sana. Dan dia pun mengkhawatirkan apa yang akan terjadi kemudian.

Menurutnya, jika kemudian para bajak laut generasi baru ini menang dalam pertempuran, maka hal ini akan menambahkan apa yang sudah terjadi sebelumnya di dunia ini. Apa yang akan terjadi dalam beberapa menit kedepan akan menentukan era baru yang akan muncul. Sepertinya hal ini juga yang dikhawatirkan oleh Pemerintah Dunia, sehingga mereka mengiriman bantuan berupa kapal perang ke Onigashima.

Situasi di Onigashima sendiri saat ini sedang tidak menentu. Ada yang masih bertarung, ada juga yang sudah memenangkan pertarungan – meskipun mereka harus kehabisan tenaga dan tidak sadaran diri. Sebagian lainnya masih berusaha untuk bisa pergi dari wilayah Onigashima. Dan di sisi lain, Kaido dan Big Mom masih bertarung menghadapi para bajak laut generasi baru. Apakah mereka akan menang? Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.