Sanji Vinsmoke merupakan karakter yang underrated jika dibandingkan dengan dua rekannya yang lain di kelompok Topi Jerami, Monkey D. Luffy dan juga Roronoa Zoro. Meskipun begitu, sebenarnya kemampuan dari Sanji sendiri tidak kalah dahsyat dari mereka berdua. Sanji adalah sosok petarung yang mengedepankan kekuatan kakinya.

Semua serangan yang dia lakukan, juga berbagai teknik andalannya, mengandalkan kemampuan kakinya. Sangat jarang Sanji menggunakan tangannya untuk bertarung. Hal ini dikarenakan masa lalunya, di mana  Zeff, sosok yang merawatnya sejak kecil, juga mengandalkan kakinya untuk bertarung.

Sanji juga saat ini sudah mendapatkan peningkatan kekuatan berupa kemampuan regenerasi yang dahsyat, serta bagian exoskeleton di bagian tubuhnya yang sudah mulai aktif. Perpaduan dari kedua hal tersebut, membuat Sanji menjadi sosok yang tidak terkalahkan dan juga kuat. Contohnya adalah ketika Queen menyerang Sanji dengan pedangnya.

Serangan tersebut nyatanya tidak berpengaruh sama sekali terhadap Sanji. Kemudian yang paling baru adalah bagaimana Sanji berhasil mengalahkan sosok Queen dengan menggunakan teknik kombinasi terbaru. Serta, kita juga melihat bagaimana Sanji menggunakan teknik terbaru yaitu Ifrit Jambe, yang membuat Queen terhempas ke luar Onigashima.

Dengan kalahnya sosok Queen, apakah artinya ancaman besar sudah hilang? Jawabannya tentu tidak. Ancaman masih ada, dan bahkan mungkin jauh lebih kuat. Seperti diperlihatkan dalam ceritanya, ada anggota CP-0 yang terlibat dalam pertempuran di Wano. Meskipun awalnya mereka hanya mengawasi, tetapi saat ini mereka sudah mulai bergerak.

Di chapter selanjutnya, mereka diperlihatkan mengincar sosok Robin dan Brook. Dan beruntung, X Drake dan Apoo muncul untuk menghadapi para CP-0, meskipun dalam chapter 1036 diketahui bahwa X Drake kalah dan Apoo sendiri kabur. Lalu, apa artinya? Dengan situasi yang berbahaya seperti sekarang, artinya Sanji bisa menjadi penyelamat bagi Robin.

Sanji bisa membayar “hutangnya” saat menghadapi Black Maria, dengan menyelamatkan Robin dari kejaran para CP-0. Sanji bisa menghadapi para anggota CP-0 tersebut, dan juga para anggota CP-0 lainnya yang dikirim ke Onigashima, sebelum Sanji akan menghadapi lawan selanjutnya, Rob Lucci.

Rob Lucci sendiri sekarang mengisi salah satu posisi penting di organisasi CP-0 bersama Stussy dan juga Kaku. Dan terdapat sebuah teori menarik bahwa lawan terakhir kelompok Topi Jerami adalah pihak Pemerintah Dunia. Jika kemudian teori ini terbukti, maka artinya kelompok Topi Jerami juga akan berhadapan dengan organisasi CP-0.

Rob Lucci sendiri dianggap sebagai salah satu karakter yang paling kuat dalam serinya, dan hal ini terbukti dalam arc Enies Lobby. Butuh usaha ekstra dari Luffy untuk bisa mengalahkan Rob Lucci. Dan dengan Rob Lucci yang sekarang sudah kembali mengisi posisi penting pasca kekalahannya, artinya sudah ada peningkatan kekuatan dari Rob Lucci.

Mengapa kemudian Sanji yang dianggap pantas untuk menghadapi Rob Lucci? Jika Luffy yang menghadapi Rob Lucci, bisa dipastikan pertarungan akan selesai dalam waktu singkat. Hal ini dikarenakan level kekuatan Luffy saat ini sudah berada di level para Yonko. Bagaimana dengan Zoro? Level kekuatan Zoro pun hampir mendekati level kekuatan Luffy.

Sedangkan Sanji, meskipun dia memiliki kekuatan dahsyat, baru sekarang dia memiliki kekuatan yang bisa dibilang hampir setara dengan Zoro dan Sanji. Sehingga, pertarungan Sanji dan Rob Lucci bisa menghadirkan pertarungan yang epik, seperti pertarungan Luffy dahulu. Belum lagi teknik baru sanji saat menghadapi Queen bisa digunakan untuk menembus Tekkai dari Rob Lucci yang cukup dahsyat. Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya pada chapter selanjutnya ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.