Menuju pulau Laugh Tale dan menemukan One Piece serta menjadi raja bajak laut adalah impian terbesar yang dimiliki oleh Monkey D. Luffy beserta kru Topi Jerami. Dan itu juga yang kemudian menjadi inti cerita dari serinya. Namun, tidak mudah untuk pergi menuju Laugh Tale yang lokasinya – kabarnya – berada di ujung Grand Line.

Hanya ada satu jalan untuk bisa pergi Laugh Tale, yaitu menemukan Road Poneglyph. Poneglyph sendiri merupakan artefak kuno yang berisi berbagai informasi tentang dunia dan sejarah masa lalu. Dari sekian banyak Poneglyph yang ada, terdapat empat Poneglyph yang dianggap spesial, yang kemudian disebut sebagai Road Poneglyph. Mengapa spesial? Karena Road Poneglyph berisi informasi mengenai petunjuk untuk pergi ke Laugh Tale.

Selain itu, keberadaanya juga sangat tersembunyi sehingga sulit ditemukan. Sejauh ini, Luffy diketahui sudah menemukan dua Road Poneglyph – satu yang ada di Zou dan satu lainnya di Whole Cake Island. Saat ini, Luffy sendiri sedang mengincar Road Poneglyph yang ada di Wano atau di tangan Kaido. Keberadaan Road Poneglyph terakhir masih menjadi misteri sampai saat ini.

Namun, ada beberapa dugaan mengenai keberadaan Poneglyph terakhir ini. Salah satunya adalah ada seseorang yang kemudian memiliki atau menyimpannya. Siapa saja mereka? Yang pertama adalah kelompok bajak laut Whitebeard. Whitebeard merupakan rival dari Gol D. Roger, di mana level kekuatannya dianggap hampir setara. Hal ini terbukti di salah satu chapter dalam kilas balik Kozuki Oden.

Roger dan Whitebeard saling bertarung satu sama lainnya selama tiga hari tiga malam dan tidak ada yang menang. Sama halnya seperti Garp, Whitebeard sudah sangat dipercaya oleh sosok Roger. Karena itulah bisa jadi Roger mempercayakan bagian terakhir dari Road Poneglyph kepada Whitebeard. Dan sisa-sisa dari kelompoknya pun mengetahui di mana lokasi Road Poneglyph keempat tersebut – terutama Marco.

Sempat ada spekulasi yang berkembang di kalangan fans bahwa Marco atau Whitebeard menyembunyikan Road Poneglyph terakhir di pulau Sphinx, kampung halaman dari Whitebeard. Hal ini dikarenakan lokasinya yang sangat tersembunyi. Bisa jadi hal ini pun ada kaitannya dengan Marco dan Izo yang ikut bergabung dengan aliansi Luffy di pertempuran Onigashima.

Sosok yang kedua adalah Blackbeard. Seperti yang diketahui, setelah kematian Whitebeard dan juga apa yang terjadi di Payback War, Blackbeard pergi ke berbagai wilayah yang dahulunya merupakan wilayah kekuasaan dari Whitebeard. Tujuannya adalah mengambil alih wilayah tersebut. Bisa jadi ketika Blackbeard sedang melakukan hal tersebut, dia tidak sengaja menemukan lokasi tempat Whitebeard menyembunyikan Road Poneglyph terakhir.

Kemudian kita juga tahu bahwa Blackbeard sempat berada di kapal yang sama dengan Whitebeard, yang mana mungkin dia pun memiliki informasi penting dari lokasi Road Poneglyph terakhir itu. Dan ketika time-skip terjadi, Blackbeard pun kemudian mencurinya. Setelah mencurinya, Road Poneglyph tersebut kemudian disimpan di pulau Beehive.

Sosok ketiga adalah kelompok bajak laut Shanks. Mengingat banyak sekali teori tentang Shnaks – terutama tentang bagaimana Shanks adalah seorang penjaga perdamaian dunia – rasanya masuk akal jika kemudian Shanks yang menjadi sosok pelindung dari Road Poneglyph terakhir. Shanks mungkin menyembunyikannya di suatu tempat misterius. Bisa jadi Shanks akan memberikannya kemudian kepada Luffy, ketika waktunya tepat.

Seperti yang banyak orang prediksi, Shanks sebenarnya bisa saja pergi ke Laugh Tale mengingat banyaknya informasi yang dia ketahui. Tetapi, dia lebih memilih untuk menantikan sosok yang lebih pantas, dan Shanks pun lebih tertarik dengan keseimbangan dunia. Sosok terakhir yang mungkin memiliki Road Poneglyph keempat adalah Scopper Gaban, sosok yang banyak muncul dalam teori para fans.

Ada banyak sekali teori yang berkembang di kalangan fans yang berkaitan dengan sosok Scopper Gaban. Contohnya adalah teori tentang bagaimana dia akan menjadi mentor bagi Luffy dan kelompok Topi Jerami, seperti yang dilakukan oleh Rayleigh. Namun, bisa jadi juga Scopper Gaban akan menjadi sosok penting untuk memberikan petunjuk ke mana Luffy harus pergi selanjutnya.

Bagaimana caranya? Dengan memberikan Road Poneglyph keempat kepada mereka. Dengan begitu, Luffy pun pada akhirnya akan berhasil pergi ke Laugh Tale dan menemukan One Piece serta menjadi raja bajak laut yang baru. Di sisi lain, tugas dari Scopper Gaban untuk menjaga dan menantikan sosok yang lebih pantas pun akhirnya juga selesai.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.