Menemukan Laugh Tale dan menjadi raja bajak laut adalah impian dari Monkey D. Luffy dan juga banyak bajak laut lainnya dalam cerita One Piece. Laugh Tale sendiri menjadi tujuan dari semua bajak laut yang ada di serinya. Tidak mudah untuk bisa mencapai pulau ini, karena akan ada banyak halangan dan rintangan yang sudah menanti.

Seperti yang sudah kita ketahui, Laugh Tale adalah pulau atau tempat terakhir yang berlokasi di wilayah New World. Di pulau terakhir inilah kabarnya terdapat atau tersimpan harta karun paling berharga di dunia, One Piece, yang bentuknya masih menjadi sebuah misteri. Nama Laugh Tale sendiri sebenarnya merupakan nama yang diberikan oleh Gol D. Roger saat dia dan krunya berhasil mencapai pulau tersebut.

Seperti yang diperlihatkan dalam kilas balik Kozuki Oden di arc Wano, setelah Roger membaca isi Poneglyph yang ada di Laugh Tale, yang isinya bercerita tentang sosok Joy Boy, dia dan seluruh krunya justru tertawa terbahak-bahak. Karena hal itulah kemudian Roger memutuskan untuk memberi nama pulau tersebut dengan nama pulau Laugh Tale.

Tidak bisa sembarangan untuk bisa menemukan pulau Laugh Tale, yang diketahui lokasinya tersembunyi. Terdapat empat Poneglyph khusus, yang disebut Road Poneglyph, yang mana Poneglyph tersebut mengarah kepada empat lokasi yang jika disejajarkan akan mengarah kepada lokasi Laugh Tale. Sayangnya, karena bisa dibilang Road Poneglyph adalah Poneglyph yang “spesial” untuk bisa menemukannya pun tidaklah mudah.

Sejauh ini, baru ada tiga Road Poneglyph yang berhasil ditemukan oleh Luffy. Pertama lokasinya ada di pulau Zunesha alias Zou. Pulau ini adalah pulau yang bergerak, artinya bajak laut perlu menemukan di mana lokasi Zou, sebelum kemudian menemukan keberadaan Road Poneglyph. Dua Poneglyph lainnya dimiliki oleh Big Mom dan Kaido.

Sementara untuk Road Poneglyph terakhir masih belum diketahui sampai saat ini. Dan banyak teori yang menyebutkan tentang keberadaan Road Poneglyph terakhir. Mulai dari Marco yang memilikinya, disimpan di pulau Sphinx, terdapat di pulau Lodestar, atau juga Road Poneglyph terakhir ada di wilayah Mary Geoise. Dan berbicara Poneglyph artinya harus ada orang yang bisa membaca huruf-huruf kuno tersebut.

Membaca atau mengetahui apa isi dari Poneglyph sendiri merupakan tindakan yang sangat dilarang oleh pihak Pemerintah Dunia. Bahkan, ini juga yang menjadi alasan mengapa para penduduk Ohara harus tewas setelah Pemerintah Dunia menginisiasi Buster Call. Dan faktanya juga tidak ada banyak orang yang bisa membaca huruf Poneglyph. Nico Robin saat ini diketahui menjadi satu-satunya orang yang bisa membaca hurufnya.

Charlotte Pudding, yang berasal dari suku mata tiga, diketahui memiliki kemampuan untuk bisa membaca Poneglyph. Tetapi, sayangnya, meskipun sudah bertahun-tahun Big Mom menantikan Pudding membangkitkan kekuatannya tersebut, Pudding masih belum bisa menggunakan kekuatannya tersebut. Sampai sejauh ini, masih belum diperlihatkan seperti apa pulau Laugh Tale.

Tetapi, sempat diperlihatkan sekilas nampak luar dari pulaunya. Pulau ini memiliki bukit yang tinggi dan juga dikelilingi oleh hutan yang lebat. Juga pulau ini dikelilingi oleh berbagai objek yang berbentuk seperti halnya gedung atau benteng. Sebenarnya, penemuan pulau Laugh Tale ini sendiri disebabkan oleh rasa penasaran besar dari Roger.

Ketika Roger sudah mencapai pulau paling ujung, yaitu pulau Lodestar, Log Pose yang ada di tangan Roger pun bergerak secara tidak beraturan, Roger pun curiga bahwa sebenarnya ada pulau lainnya di ujung New World, pulau yang belum terjamah atau sulit untuk mencapai tempat tersebut. Inilah yang kemudian membawa Roger pergi menemui Whitebeard dan meminta izin agar Kozuki Oden mau ikut bersamanya. Dan pada akhirnya, dia pun berhasil pergi menuju Laugh Tale.

Berbagai Misteri Laugh Tale

Pulau Laugh Tale bukan hanya menjadi pulau yang menjadi tujuan bagi setiap bajak laut. Pulau ini juga dipenuhi oleh berbagai misteri yang sampai saat ini masih menjadi pertanyaan besar. Misalnya, siapa yang menaruh semua Poneglyph di pulau Laugh Tale? Banyak orang yang beranggapan bahwa sosok Joy Boy yang kemudian menyimpan semua Poneglyph tersebut di Laugh Tale.

Tujuannya adalah untuk ditemukan suatu hari nanti dan menjadi bukti seberapa mengerikannya 20 kerajaan yang sudah menghancurkan Kerajaan Kuno. Tetapi, apakah memang Joy Boy yang menyimpan semua itu di Laugh Tale? Kemudian, Roger diketahui adalah sosok yang berhasil menemukan pulau ini. Tetapi, apakah jauh sebelum Roger ada bajak laut atau sosok lain yang menemukan pulaunya?

Yang juga masih menjadi misteri adalah apa sebenarnya One Piece, sesuatu yang sudah menjadi misteri sejak serinya pertama kali muncul. Banyak teori yang berkembang di kalangan para fans yang berkaitan dengan apa sebenarnya One piece dan seperti apa bentuknya. One Piece sendiri disebut-sebut akan mampu membuat seluruh dunia terkejut.

Disebutkan bahwa One Piece ada di Laugh Tale, tetapi dalam kilas balik Kozuki Oden saat Roger pergi ke Laugh Tale kita tidak diperlihatkan bentuk atau wujud dari One Piece. Kemudian terdapat juga asumsi bahwa Laugh Tale sebenarnya bukan pulau terakhir yang ada di One Piece, alias bukan berada di ujung dunia. Hal ini berdasarkan dari persimpangan garis lurus antara keempat lokasi yang ditunjukan oleh Road Poneglyph.

Pada bagian tengah dari garis lurus tersebut, terdapat sebuah lokasi yang misterius yang diyakini bahwa itulah Laugh Tale. Mary Geoise juga berada di persimpangan garis lurus tersebut. Dan seorang fan juga berteori bahwa kemungkinan Laugh Tale sendiri berada di sebrang dari Mary Geoise. Konsepnya mirip kutub utara dan selatan. Jika Mary Geoise diibaratkan sebagai kutub utara, maka Laugh Tale diibaratkan sebagai kutub selatan.

Selain One Piece dan juga berbagai Poneglyph, yang juga menjadi misteri adalah apakah di Laugh Tale terdapat harta karun berbentuk emas dan sebagainya? Oda Sensei sendiri pernah mengatakan bahwa akan ada “hadiah” yang diterima oleh kru Topi Jerami setelah petualangan besar harus mereka alami. Jadi, bukan hanya sekedar persahabatan yang akan mereka dapatkan.

Dan misteri yang paling besar selain tentang One Piece adalah mengapa Laugh Tale. Mengapa semua misteri dan harta karun besar dalam sejarah harus disimpan di Laugh Tale. Apakah pulau ini memiliki sejarahnya sendiri? Atau ada hal lainnya yang membuat pulau ini menjadi pulau yang penting? Semua jawabannya akan hadir di akhir ceritanya nanti. Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya pada chapter yang akan datang ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.