Nami merupakan salah satu kru Topi Jerami yang tidak memiliki kekuatan buah iblis. Karena itulah banyak fans yang berharap bahwa suatu hari nanti Nami akan memiliki kekuatan buah iblis. Oda Sensei sendiri sebenarnya pernah memberikan pendapatnya mengenai buah iblis yang kira-kira cocok untuk bisa dimiliki atau dimakan oleh Nami.

Berbicara mengenai buah iblis yang mungkin akan dimiliki oleh Nami, terdapat sebuah teori menarik yang menyebutkan bahwa Nami mungkin akan mewarisi kekuatan buah iblis Big Mom. Mewarisi tekad adalah salah satu hal yang dibahas atau menjadi tema cerita dalam seri One Piece. Mewarisi tekad juga erat kaitannya dengan melanjutkan apa yang sudah dilakukan oleh generasi sebelumnya, atau menuntaskan apa yang sebelumnya gagal atau tidak bisa dilakukan.

Luffy sendiri sering kali disebut sebagai sosok yang mewarisi sosok Roger dan Joy Boy. Hal ini dikarenakan adanya kesamaan dalam diri mereka bertiga, yang membuat para fans berpendapat bahwa Luffy mungkin adalah “reinkarnasi” dari sosok Roger dan Joy Boy. Sama halnya dengan sosok Zoro yang disebut-sebut sebagai penerus dari sosok Silvers Rayleigh.

Mengapa kemudian Nami membutuhkan buah iblis, khususnya Soru Soru no mi? Kita harus melihat fakta bahwa Nami adalah salah satu anggota kelompok Topi Jerami terlemah. Nami memang bisa menghadapi musuh dengan menggunakan serangan petir dan anginnya. Tetapi, serangan tersebut hanya bisa mengalahkan musuh pada level yang rendah, atau pasukan yang tidak terlalu kuat.

Nami memang pernah mengalahkan Kalifa dan Miss Double Finge, tetapi kemenangan tersebut juga bukan karena Nami jauh lebih kuat. Melainkan karena kedua villain ini meremehkan sosok Nami. Pasca time-skip, Nami diperlihatkan bertarung menghadapi Ulti di pertempuran Wano. Nami berhasil mendapatkan peningkatan kekuatan setelah Zeus menyatu dengan Clima Tact milik Nami.

Meskipun begitu, banyak dari para fans yang masih meragukan kemampuan dan kekuatan dari Nami. Jadi, jika Nami kemudian harus berhadapan dengan sosok kuat seperti Catarina Devon atau Lafitte, rasanya Nami tidak akan memiliki kesempatan untuk menang. Lalu, bagaimana kemudian agar Nami bisa menjadi lebih kuat? Pertama adalah Nami membangkitkan kemampuan Hakinya.

Tetapi, untuk bisa melakukan hal tersebut butuh waktu dan latihan. Nami tidak memiliki kemampuan Haki dari lahir, sehingga mau tidak mau dia harus melatih Hakinya. Dan Oda sendiri sepertinya tidak akan mungkin menghadirkan sebuah time-skip khusus untuk Nami. Cara lainnya, dan dianggap cara paling cepat, adalah dengan memakan buah iblis.

Memang, ada banyak pilihan buah iblis yang mungkin cocok bagi Nami. Contohnya adalah buah iblis Yuki Yuki no Mi milik Monet atau buah iblis lainnya yang berkaitan dengan cuaca. Tetapi, ada kecenderungan bahwa Nami mungkin akan memilih untuk menjual buah iblis yang dia temui dibandingkan dengan memakannya. Dia juga tahu resiko yang harus ditanggung mereka yang memakan buah iblis, yaitu kehilangan kemampuan berenang.

Jadi, cara yang dianggap paling memungkinkan bagi Nami untuk kemudian mendapatkan kekuatan buah iblis adalah dengan mewarisi kekuatan dari seseorang. Karena Nami saat ini berada di Onigashima, Nami mungkin akan mewarisi buah iblis Soru Soru no Mi atau secara tidak sengaja mendapatkannya dari orang lain ketika Big Mom sudah berhasil dikalahkan oleh Law dan Kid.

Setelah memakan atau mewarisi buah iblis Soru Sori, apakah kemudian Nami akan berubah menjadi sosok kuat seperti Big Mom? Jawabannya adalah tidak. Semua kekuatan yang dimiliki oleh Big Mom, bahkan yang sudah dia miliki sejak kecil, bukan diakibatkan oleh buah iblis Soru Soru melainkan kekuatannya sendiri. Seperti yang diketahui, sejak kecil Big Mom sudah menjadi sosok yang mengerikan terutama mengenai kekuatannya.

Buah iblis ini mirip seperti Mero Mero no Mi milik Boa Hancock, di mana buah iblisnya bekerja pada mental musuh. Jika musuhnya memiliki nafsu atau hasrat seksual yang besar, maka dia akan berubah menjadi batu. Hal ini pun dipraktikan oleh Jinbei dengan buah iblis Soru Soru, di mana hanya mereka yang takut dan terintimidasi oleh sosok Big Mom yang bisa terpengaruh oleh buah iblisnya.

Jika mereka tidak takut, seperti halnya Jinbe, maka kemampuan buah iblisnya menjadi tidak berguna. Pertanyaanya kemudian apakah Nami bisa menghadirkan rasa takut terhadap musuhnya? Nami mungkin adalah sosok yang menakutkan dengan segala emosinya, tetapi hal itu hanya untuk tujuan komedi semata. Dalam pertarungan, yang terjadi justru sebaliknya di mana Nami malah ketakutan.

Meskipun belum ada bukti jelas bahwa Nami akan mewarisi buah iblis Big Mom tersebut, Oda Sensei sendiri sepertinya sudah menghadirkan petunjuk besar terkait hal tersebut. Misalnya Nami yang bisa mengendalikan Zeus, dan bahkan kini menjadi bagian dari kekuatannya. Nami juga pernah memerintah Homies untuk menyerang Brulee dan Cracker. Apakah Nami akan kemudian berhasil memiliki kekuatan Big Mom? Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.