Klan Ackerman merupakan salah satu klan yang sangat misterius dalam cerita Attack on Titan. Kita sudah diperlihatkan dengan beberapa anggota dari klan Ackerman yaitu Kenny Ackerman, Levi Ackerman, dan Mikasa Ackerman. Keluarga Ackerman sendiri diketahui menjadi salah satu klan yang mengetahui tentang apa yang terjadi pada masa lalu di wilayah pulau Paradis.

Menjadi salah satu klan elit dan paling populer di sepanjang ceritanya membuat mereka banyak diandalkan oleh tim Survey Corps, dan juga ditakuti oleh para musuh-musuhnya, terutama mereka yang berasal dari luar pulau Paradis. Meskipun ada juga berbagai hal negatif yang harus mereka alami, berikut adalah berbagai hal yang dahsyat dari klan Ackerman.

Memiliki Kecerdasan Bertarung Tinggi

Klan Ackerman diketahui menjadi manusia yang paling kuat di ceritanya, dan hal itu bukan tanpa sebab. Mereka memiliki kecerdasan bertarung yang luar biasa. Mereka bisa berpikir dengan cepat bagaimana bisa keluar dari situasi hidup dan mati. Kecerdasan bertarung ini tentunya akan sangat berguna dalam pertarungan menghadapi para Titan. Bahkan, berkat hal ini juga para Ackerman sering kali dipercaya untuk menyusun rencana.

Kemampuan hebat ini membuat mereka bisa menjadi sosok pemimpin yang baik. Karena mereka mampu memimpin pasukannya dengan memberikan contoh yang luar biasa. Ketika klan Ackerman menyusun sebuah rencana pertarungan, seluruh Survey Corps akan mengikuti rencana tersebut karena mereka yakin akan kemampuan klan Ackerman.

Tidak Bisa Menjadi Titan

Klan Ackerman adalah satu-satunya manusia yang diketahui tidak akan bisa berubah menjadi Titan. Mereka yang bisa berubah menjadi Titan adalah mereka yang memiliki darah murni atau keturunan asli dari bangsa Eldia. Mikasa dan Levi merupakan bagian dari klan Ackerman, yang mana hal ini membuat mereka tidak mempan terhadap kekuatan Founding Titan.

Anggota dari Asian Clan bukanlah bagian dari Subjects of Ymir. Karena itulah, Mikasa, yang merupakan separuh Ackerman dan separuh Asian, tidak akan bisa mewarisi kekuatan Titan. Klan Ackerman juga tidak harus berhadapan dengan hal mengerikan seperti jatah usia mereka yang pendek atau mampu dikendalikan oleh pemilik kekuatan Founding Titan. Klan Ackerman memang hadir untuk melindungi manusia dari para Titan, sehingga wajar jika mereka tidak terpengaruh oleh kekuatan Titan.

Memiliki Kekuatan Manusia Super

Eksperimen yang pada akhirnya menjadi awal mula lahirnya klan Ackerman memberikan mereka banyak sekali keuntungan, seperti salah satunya adalah peningkatan kemampuan. Klan Ackerman diketahui memiliki kekuatan manusia super. Kenny Ackerman dikenal dengan sebutan The Ripper karena dia adalah sosok pembunuh berdarah dingin. Dia menggunakan kekuatannya untuk menghabisi nyawa orang lain, sehingga dia bisa hidup.

Mikasa Ackerman mampu menggunakan kekuatannya untuk menghabisi sekelompok orang, yang membuatnya bisa bertahan hidup. Mikasa juga bisa menghabisi sekelompok Titan sendirian dan Levi, seperti yang kita ketahui, adalah manusia yang paling kuat dalam ceritanya. Seperti yang disebutkan di atas, klan Ackerman memang ditakdirkan untuk melindungi manusia dari serangan Titan, karena itulah kemampuan mereka berada di atas rata-rata.

Memiliki kelincahan dan Kecepatan

Selain memiliki kekuatan fisik yang dahsyat, klan Ackerman juga dikenal akan kecepatan dan kelincahan mereka. Kecepatan dan kelincahan ini menjadi kelebihan mereka untuk bisa menghadapi para Titan. Kemampuan reaksi cepat dari Levi mampu membantunya untuk bisa menaklukan Titan di saat usianya masih kecil. Kemampuan ini pun semakin dahsyat ketika Levi, Mikasa, dan Kenny, menggunakan ODM gear.

Kemampuan mereka sulit untuk ditandingi oleh orang-orang biasa. Bahkan, disebutkan juga bahwa kecepatan dari Levi jauh melebihi kecepatan Jaw Titan. Kemampuan untuk bisa bergerak cepat dan lincah tersebut menjadi alat bagi klan Ackerman, untuk bisa bertahan hidup dalam pertempuran.

Ingatan Mereka Tidak Bisa Dihapus

Kemunculan dari klan Ackerman disebabkan oleh rekayasa genetik dari keturunan Eldian. Eksperimen yang dilakukan kepada sekelompok orang tersebut menghasilkan keturunan yang tidak lagi terikat oleh kekuatan Founding Titan. Jika Subjects of Ymir mampu dihapus ingatannya oleh kekuatan Founding Titan, lain halnya dengan para klan Ackerman. Ingatan mereka tidak bisa dihapus atau dirubah oleh kekuatan Founding Titan.

Karena itulah, klan Ackerman sering kali melihat dunia seperti seharusnya dan apa adanya. Penilaian mereka dan juga tindakan mereka bukan ditentukan oleh seseorang yang mempengaruhi mereka. Mereka bisa berpikir sesuai dengan keinginan dan sudut pandang mereka. Mereka juga bebas untuk bertindak sesuai dengan apa yang mereka yakini, tanpa perlu takut Founding Titan akan mengendalikan ingatan atau pikiran mereka.

Dalam cerita Attack on Titan, ada banyak klan atau keluarga yang populer seperti keluarga Yeager, Fritz, dan lainnya. Namun, klan Ackerman berbeda dengan klan lainnya. Mereka diketahui merupakan klan yang terkuat dan juga mereka dianggap sebagai klan penting karena tahu tentang sejarah yang terjadi di dunia. Mereka juga dianggap yang paling kuat dan paling populer.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.