Dalam cerita di seri One Piece, ada banyak sekali karakter yang mendapatkan kekuatan dahsyat dari buah iblis. Buah iblis merupakan buah unik di mana mereka yang memakannya akan mendapatkan kekuatan yang luar biasa. Kemampuan luar biasa tersebut membuat pemakannya harus kehilangan kemampuan untuk berenang di lautan, yang mana pengorbanan tersebut bisa dibilang setimpal.

Yang anehnya adalah setelah lebih dari 20 tahun cerita One Piece berjalan, para fans masih belum tahu banyak tentang buah iblis. Sebagian besar informasi yang diketahui tentang buah iblis biasanya dijabarkan oleh para karakter atau deskripsi bagaimana seseorang bisa menjadi sangat kuat. Bahkan, alasan mengapa mereka yang memakan buah iblis tidak bisa berenang pun masih misterius.

Dengan misteriusnya tentang asal-usul buah iblis, banyak para fans yang kemudian berspekulasi mengenai hal ini. Contohnya adalah pengguna akun Reddit u/Anima4. Menurutnya, asal-usul buah iblis bisa jadi ada kaitannya dengan obat-obatan. Berdasarkan teorinya, buah iblis dianggap sebagai tanaman karena semua buah iblis memiliki batang.

Hal ini dikarenakan buah iblis tumbuh dari sebuah pohon yang masih misterius keberadaanya. Dengan adanya beberapa pohon dalam cerita One Piece yang memiliki kepentingan dengan sejarah dunia, seperti Treasure Tree Adam dan Sunlight Tree Eve, kemungkinan tersebut bisa dibilang cukup masuk akal.

Dalam teorinya juga, u/Anima4 memberikan petunjuk bahwa para dokter di seri ini memiliki pengetahuan banyak tentang tanaman-tanaman atau memiliki koneksi terhadap tanaman tersebut, yang mana hal itu kemungkinan memang benar – banyak dokter yang namanya terinspirasi dari tanaman. Dalam ceritanya juga terbukti bagaimana tanaman memiliki pengaruh signifikan.

Dengan racikan miliknya, Chopper mampu memiliki berbagai form dan transformasi khusus, yang mana hal ini bahkan tidak dimiliki oleh para pengguna Zoan lainnya. Caesar Clown juga pernah melakukan eksperimen terhadap dirinya dan juga monster gas peliharaanya yaitu Smiley. Teorinya juga menjelaskan bahwa ilmu medis ini mungkin bertanggung jawab atas apa yang terjadi dengan Blackbeard, di mana dia bisa memiliki dua kemampuan buah iblis.

Berdasarkan hal itu, penyerangan Blackbeard ke kerajaan Drum – yang dikenal memiliki banyak sekali dokter handal – dirasa tidak masuk akal. Para dokter di kerajaan Drum kemungkinan banyak sekali tahu tentang buah iblis, dibandingkan dugaan para fans. Selama ini, kita memang belum tahu apa yang membuat para dokter di sana begitu tersohor di Grand Line.

Teorinya juga memberikan petunjuk bahwa Doc Q yang memberikan saran pada Blackbeard untuk kemudian menyerang kerajaan Drum demi merebut berbagai hal yang berkaitan dengan pengetahuan tentang buah iblis serta kemungkinan koneksi buah iblis dengan Tekad D. Teorinya menyebutkan bahwa ada kemungkinan para dokter-dokter tersebut memiliki pengetahuan tentang Tekad D.

Mungkin inilah alasan mengapa Dr. Kureha sempat menyinggung tentang hal tersebut dalam arc Drum Island. Serta disadari atau tidak kelompok bajak laut yang memiliki nama D di tengahnya pasti memiliki seorang dokter. Contohnya Blackbeard, Roger, dan Luffy. Sang pembuat teori meyakini bahwa ketika Blackbeard merekrut Doc Q, dokter tersebut merasa bahwa sudah menjadi takdirnya untuk bertemu dengan salah satu sosok pemilik nama D, yang mana bisa dia aplikasikan pengetahuannya tentang buah iblis.

Melalui pertemuan tersebut, dan juga setelah merebut informasi penting tentang buah iblis yang dilakukan di kerajaan Drum, Blackbeard pada akhirnya bisa mencuri buah iblis Gura Gura dari tubuh Whitebeard. Hal tersebut diyakini adalah sesuatu yang hanya bisa dilakukan oleh mereka yang berasal dari klan D. Dengan pengetahuan medis yang cukup, wajar jika kemudian Blackbeard mampu melakukan apa yang menurut orang lain mustahil dilakukan.

Hal lainnya yang juga disebutkan oleh u/Anima4 adalah sejauh ini belum ada buah iblis canon yang berdasarkan tanaman. Dengan kekuatan tanaman, buah iblis tersebut secara teori mungkin akan mampu mengendalikan buah iblis lainnya dan juga penggunanya. Di sisi lain, hal tersebut juga mampu meningkatkan kesehatan mereka dan juga mampu meningkatkan kemampuan orang lain.

Jika dilihat dari apa yang terjadi dalam cerita di manganya, sepertinya Oda Sensei masih belum akan memberikan penjelasan tentang buah iblis dalam waktu dekat. Hal ini dikarenakan Oda Sensei justru lebih banyak menghadirkan informasi mengenai Haki saat ini. Kapan Oda akan memberikan jawaban tentang buah iblis menjadi sesuatu yang masih menjadi misteri. Tetapi, tentunya Oda Sensei tidak akan membiarkan informasi tentang buah iblis ini menggantung sampai akhir ceritanya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.