Sosok Kawaki menjadi karakter lainnya yang dianggap penting dalam seri Boruto: Naruto Next Generation, selain sosok Boruto Uzumaki. Kawaki sendiri pada awalnya diperkenalkan sebagai salah satu villain di serinya. Kawaki merupakan wadah bagi Isshiki Otsutsuki, sampai kemudian dia kabur dan pergi ke Konoha untuk berlindung. Naruto yang kemudian menerima keadaan dan situasi Kawaki.

Dengan sifat Naruto yang baik, pada akhirnya Kawaki pun ingin mempelajari berbagai teknik atau jutsu kepada Naruto. Kawaki diketahui lebih sering menggunakan kekuatan Karma yang ada di tubuhnya. Dan sampai sejauh ini, latihan yang dilakukan oleh Kawaki bisa dibilang berbuah manis. Berikut adalah berbagai jutsu yang berhasil Kawaki kuasai.

Teknik Elemen Api

Teknik elemen alam merupakan salah satu teknik dasar dari ninjutsu yang dipelajari para shinobi, dan hal ini pula yang dipelajari oleh Kawaki. Kawaki sendiri diketahui lebih menguasai teknik alam yang berdasarkan elemen api. Teknik elemen api sendiri merupakan salah satu hal yang menarik di seri Naruto, yang sekarang kembali muncul.

Seperti halnya para pengguna teknik elemen api lainnya, Kawaki akan mampu mengeluarkan bola api dari mulutnya saat menggunakan teknik ini. Teknik ini pernah dia gunakan saat menghadapi Momoshiki, yang mana justru api yang dilontarkannya mampu diserap oleh Momoshiki. Dengan latihan yang terus dilakukan, Kawaki mungkin akan mampu menggunakan berbagai jutsu epik elemen api lainnya.

Clone Shadow (Kagebunshin)

Selain teknik elemen alam, teknik membuat bayangan atau kloning (Kagebunshin) juga merupakan salah satu teknik yang cukup epik dan banyak dihadirkan pada seri sebelumnya. Bahkan, bisa dibilang teknik ini sudah melekat pada sosok Naruto. Karena itulah, tidak heran dengan Naruto menjadi mentor bagi Kawaki, dia pun kemudian diajari teknik ini. Yang menarik adalah teknik ini digunakan saat menghadapi Isshiki, dan bahkan dengan kecerdasan Kawaki, dia berhasil “membunuh” Isshiki dengan tekniknya ini. Naruto sendiri sempat memuji kemampuan Kawaki tersebut, namun Kawaki kemudian beranggapan bahwa dia masih belum benar-benar menguasainya. Kawaki baru bisa menciptakan satu bayangan saja.

Rasengan

Bukan hanya Kagebunshin, teknik ninja yang erat kaitannya dengan Naruto lainnya yang juga adalah Rasengan. Seperti yang kita tahu, Rasengan sering kali digunakan oleh Boruto dan Naruto. Secara teknis, memang bukan Kawaki yang melakukan atau membuat Rasengan tersebut, melainkan Boruto. Namun, Kawaki sendiri ikut membantu Boruto dengan kekuatan karma miliknya. Kawaki memberikan tambahan kekuatan kepada Boruto, yang mana Rasengan yang dibuat oleh Boruto pun berubah menjadi lebih besar.

Menghapus Chakra Identitas

Ini merupakan teknik ninja terbaru yang digunakan oleh Kawaki. Bisa dibilang, teknik ini merupakan teknik ninja tingkat tinggi di mana tidak semua orang mampu melakukannya. Seperti yang pernah dikatakan oleh Inojin, menghapus chakra identitas merupakan sesuatu yang hampir mustahil untuk dilakukan.

Namun, Kawaki sendiri kemudian menyadari perkataan dari Inojin tersebut dan kemudian memikirkan caranya untuk melakukan hal tersebut. Dan tanpa diduga, teknik yang dia pelajari secara otodidak tersebut berhasil dieksekusi dengan baik. Kawaki berhasil keluar dari Konoha tanpa terdeteksi ninja sensor.

Dengan kekuatan Karma Isshiki yang dahsyat, wajar jika kemudian Kawaki lebih sering menggunakan kekuatan fisiknya dibandingkan menggunakan berbagai macam teknik. Karena hal itu juga yang diajarkan oleh Isshiki sedari lama. Namun, hal tersebut berubah semenjak Kawaki mengenal sosok Naruto. Kawaki bahkan ingin menjadi ninja yang kuat seperti sosok Naruto, dan hal tersebut sudah dimulai dari berbagai jutsu yang berhasil dia gunakan.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.