Shanks mungkin adalah sosok penguasa samudra alias Yonko yang paling misterius di cerita One Piece. Dia bisa muncul di berbagai tempat dalam waktu yang sangat cepat, dia bisa bertemu dengan para petinggi Pemerintah Dunia seperti halnya Gorosei dengan cara yang santai, bahkan Shanks dianggap sebagai tamu mereka, bahkan dia melindungi Yonko lainnya.

Pertanyaan yang muncul di kalangan fans sendiri pastinya adalah mengapa Shanks melakukan hal tersebut. Meskipun masih sekedar spekulasi atau teori, namun ada kemungkinan semua hal tersebut terjadi karena motivasi dalam diri Shanks. Shanks memiliki motivasi yang berbeda seperti halnya bajak laut atau Yonko lainnya yang ada di dalam cerita.

Pertama, ada kemungkinan bahwa Shanks lahir dan besar di sebuah negara atau wilayah yang bekas terjadi perang. Hal ini dikarenakan Shanks diperlihatkan dalam ceritanya selalu berusaha untuk menghindari konflik atau peperangan. Apa yang terjadi di desa Foosha, Shanks hanya beraksi ketika ada temannya yang disakiti. Kemudian kita melihat bagaimana shanks menghentikan Kaido saat perang besar di Marineford.

Dengan mencegah Kaido ikut campur, Shanks secara tidak langsung sudah mencegah kekacauan yang lebih besar lagi dan korban jiwa yang lebih banyak. Bahkan, sebelumnya, Shanks sudah memberi tahu bahwa Blackbeard adalah sosok yang akan mengalahkan Ace, jika Whitebeard tidak segera menarik Ace. Pada kenyataanya, Whitebeard menolak hal tersebut dan apa yang ditakutkan Shanks pun akhirnya terjadi.

Dalam menggambarkan sosok Shanks, Oda sering kali memperlihatkannya sebagai sosok yang santai, lebih senang berpesta, minum-minum, atau bercengkrama bersama temannya. Hal ini kemungkinan ada kaitannya dengan masa lalunya, di mana bisa jadi dia merupakan sosok yatim piatu dari masa perang.

Sosok Shanks juga diyakini sebagai salah satu orang yang mengetahui tentang rahasia dunia. Hal ini dikarenakan dia pernah berlayar bersama Roger, sebagai salah satu krunya. Meskipun, sebenarnya Shanks tidak ikut bersama Roger ke Laugh Tale karena dia harus menjaga Buggy yang sakit. Namun, diyakini bahwa Roger menceritakan semuanya kepada Shanks.

Berbicara mengenai rahasia dunia, sebelum kematiannya Whitebeard pernah mengatakan bahwa pada masa yang akan datang akan muncul seseorang yang akan meneruskan sejarah yang tertunda. Ketika seseorang tersebut menemukan apa yang menjadi rahasia terbesar itu, maka bisa dipastikan dunia akan terbalik. Dari perkataan Whitebeard tersebut, bisa diasumsikan bahwa Shanks juga tahu tentang rahasia dunia.

Meskipun mungkin apa yang diketahui Shanks tidak sebanyak Whitebead, namun Shanks juga tahu bahwa menemukan One Piece artinya akan muncul peperangan yang sangat besar. Dan Shanks, seperti disebutkan di atas, adalah sosok yang sangat menghindari perang. Jadi, apa yang akan dilakukan oleh sosok seperti Shanks tersebut? Tentunya tidak menemukan atau mencari One Piece.

Shanks dan Whitebeard adalah dua orang yang bisa saja pergi ke Laugh Tale jika mereka mau. Tetapi, keduanya memutuskan untuk tidak melakukan hal tersebut. Shanks sendiri mungkin lebih memilih menolak untuk mencari keberadaan One Piece. Roger sudah menjadi sosok ayah bagi Shanks, dan dia harus kehilangan sosok “ayahnya” setelah menemukan One Piece. Selain untuk menghindari perang, Shanks juga mungkin “trauma” jika dia harus menemukan One Piece. Dan dia pun tidak ingin menjadi raja bajak laut.

Sekarang, apa yang diingkan oleh Shanks? Bagaimana perang Yonko selanjutnya? Apa yang dia inginkan dari Pemerintah Dunia? Bagaimana dengan Luffy? Dengan Shanks tidak ingin menjadi raja bajak laut, mungkin Shanks hanya ingin menjadi penguasa samudra saja dan menguasai New World, bukan menjadi raja bajak laut.

Shanks tahu bahwa Pemerintah Dunia menghadirkan sistem Yonko untuk mencegah peperangan besar terjadi. Tetapi, di sisi lain, para Yonko tersebut juga sangat agresif. Bisa dilihat dari Big Mom, Kaido, dan bahkan Blackbeard, di mana mereka mendeklarasikan diri mereka ingin menjadi raja bajak laut. Bahkan, Kaido secara terang-terangan mengatakan bahwa dia ingin peperangan besar terjadi.

Pertemuan Shanks dengan para Gorosei saat Reverie di mana mereka membicarakan tentang sosok bajak laut tertentu, kemungkinan hal tersebut ada kaitannya juga dengan perdamaian dunia. Pemerintah Dunia tentu tidak bodoh, mereka ingin perdamaian yang terjadi saat ini tetap terjaga – di sisi lain mereka juga tidak ingin kekuasaan mereka goyang. Sehingga para Gorosei tersebut kemungkinan mendengar perkataan Shanks.

Meskipun kecil kemungkinannya, namun bisa jadi Shanks dan Pemerintah Dunia saling bekerja sama untuk mengalahkan Blackbeard, Kaido, dan Big Mom. Tujuannya adalah untuk menjaga perdamaian yang ada, di mana mereka dicegah untuk bisa menemukan One Piece. Bagaimana dengan Luffy? Seperti yang dia ucapkan kepada Whitebeard, Shanks mempertaruhkan dirinya untuk Luffy demi masa depan yang baik.

Shanks melihat ada sosok berbeda dari Luffy, di mana Luffy tidak memiliki ambisi mengerikan seperti Big Mom atau Kaido atau Blackbeard. Inilah yang kemudian membuat Shanks rela memberikan topinya kepada Luffy. Hal ini bisa memunculkan dua hal, pertama akan ada konflik di mana Luffy yang ingin tetap menjadi raja bajak laut dan Shanks yang ingin tetap menjaga perdamaian dengan tidak mengizinkan siapa pun mengakses One Piece.

Namun, di sisi lain, Shanks juga mungkin melihat bahwa peperangan yang akan dihasilkan atau dibuat oleh Luffy memiliki tujuan yang baik. Untuk saat ini, semuanya masih sekedar spekulasi. Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya pada chapter yang akan datang ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.