Tidak mudah bagi seorang bajak laut dalam cerita One Piece untuk bisa menjadi seorang penguasa samudra, karena ada beberapa persyaratan khusus yang harus terpenuhi terlebih dahulu. Empat penguasa samudra atau yang biasa disebut Yonko, merupakan bajak laut terkuat di seluruh dunia. Mereka memiliki kekuatan yang sangat dahsyat, yang bahkan diakui oleh Pemerintah Dunia.

Karena kekuatan dahsyat tersebut juga, keempat penguasa samudra ini dianggap sebagai ancaman besar oleh pihak pemerintah dan angkatan laut. Dengan menjadi salah satu kekuatan besar dunia, wajar jika tidak semua orang bisa menjadi penguasa samudra. Lalu, apa saja persyaratan yang harus dipenuhi untuk kemudian bajak laut bisa menjadi seorang penguasa samudra?

Menjadi Yang Terkuat

Yang pertama dan yang paling penting bagi bajak laut untuk bisa menjadi seorang penguasa samudra adalah menjadi yang terkuat. Seperti yang disebutkan di atas, penguasa samudra atau Yonko adalah mereka yang merupakan bajak laut terkuat. Rata-rata para penguasa samudra ini memang memiliki kekuatan yang dahsyat, entah karena kekuatan buah iblis mereka atau kekuatan Haki mereka.

Contohnya adalah Big Mom yang memiliki buah iblis Soru Soru di mana dia bisa mengendalikan jiwa manusia. Kemudian Kaido memiliki buah iblis Uo Uo, Model: Seiryu yang bisa membuatnya menjadi sosok naga yang besar. Whitebeard memiliki kekuatan Gura Gura di mana dia bisa membuat getaran dan bahkan menghancurkan seluruh dunia.

Blackbeard memiliki buah iblis Yami Yami di mana dia bisa mengendalikan kegelapan. Bagaimana dengan Shanks? Shanks mungkin tidak memiliki kekuatan buah iblis, namun dia memiliki kekuatan Haki yang dahsyat yang mampu menandingi kekuatan para Yonko lainnya. Karena itulah tidak semua orang bisa memiliki kekuatan setara dengan para Yonko, dan Luffy menyadari hal itu saat pertarungan pertama melawan Kaido.

Memiliki Wilayah Kekuasaan

Selain kekuatan yang dahsyat, Yonko juga terlibat dalam sistem politik yang ada di Pemerintah Dunia. Dan wilayah kekuasaan termasuk di dalamnya. Masing-masing Yonko memiliki wilayah kekuasaan yang berada di bawah nama mereka. Biasanya, wilayah-wilayah yang tidak sanggup untuk melindungi diri mereka sendiri akan meminta bantuan para Yonko, dengan mengajukan imbalan.

Contohnya sebelum tewas, Whitebeard sempat menjadi pelindung pulau manusia ikan sebelum kemudian Big Mom yang mengambil alih wilayah tersebut. Blackbeard memiliki wilayah kekuasan di pulau Hachinosu, yang juga menjadi markas mereka. Yang menarik adalah tidak pernah ada perebutan kekuasaan antar satu sama lainnya.

Memiliki Jumlah Kru yang Banyak

Kekuatan dalam hal jumlah menjadi poin penting lainnya menjadi penguasa samudra. Seperti disebutkan di atas, bahwa para Yonko menguasai sebagian besar lautan di cerita One Piece. Bagaimana kemudian mereka bisa menguasai wilayah-wilayah tersebut jika para Yonko tersebut tidak memiliki “bala bantuan.” Bahkan, karakter One Piece terkuat pun masih butuh bantuan dari rekannya yang lain.

Para Yonko harus memiliki jumlah kru yang banyak untuk bisa menjalankan semuanya. Contohnya kelompok Whitebeard memiliki jumlah kru yang mencapai ribuan. Sama halnya dengan kelompok Big Mom yang memiliki jumlah kru mencapai ribuan. Kaido mungkin adalah yang Yonko dengan kru paling banyak, yaitu mencapai 30 ribu orang. Blackbeard mungkin masih belum memiliki banyak kru, namun dia terus mencari kru baru untuk kelompoknya.

Shanks sendiri pada awalnya masih berjumlah puluhan orang. Namun, dalam kolom SBS terbaru kemarin diketahui bahwa kelompok bajak laut Shanks sudah berkembang pesat dan menjadi salah satu kelompok bajak laut besar.

Luffy Adalah Yonko Baru

Dengan semua persyaratan untuk menjadi Yonko di atas, sepertinya Monkey D. Luffy masuk dalam kategori tersebut. Pertama, Luffy merupakan sosok yang kuat. Luffy memiliki kekuatan yang dahsyat, di mana dia memiliki kekuatan buah iblis Gomu Gomu dan juga kemampuan tiga Haki. Kemudian, Luffy juga sekarang – secara teknis sudah memiliki wilayah kekuasaan. Pulau manusia ikan adalah salah satu wilayah yang mana Luffy lindungi. Luffy sudah berjanji akan melindungi pulau tersebut kepada semuanya.

Terakhir, Luffy juga memiliki kekuatan armada yang besar. Meskipun bukan Luffy yang menginginkan untuk membentuk armada besar Topi Jerami, melainkan ide dari Bartolomeo dan para karakter lainnya, namun mereka menganggap bahwa diri mereka adalah bagian dari Topi Jerami. Dan kelompok Topi Jerami sendiri tidak keberatan terkait hal tersebut Artinya secara tidak langsung Luffy dan kelompok Topi Jerami memiliki tambahan armada yang sangat besar. Armada Topi Jerami sendiri diketahui berjumlah ribuan orang, yang terdiri dari berbagai kelompok bajak laut.

Dengan semua persyaratan di atas, Luffy memiliki semua yang dibutuhkan untuk menjadi seorang Yonko atau penguasa samudra. Yang harus Luffy lakukan saat ini adalah mengalahkan Kaido. Dengan berhasil mengalahkan Kaido, yang notabene adalah makhluk paling kuat di dunia, maka reputasi Luffy akan semakin meningkat.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.