Monkey D. Luffy adalah kapten dari kelompok bajak laut Topi Jerami dan juga protagonis utama dalam seri One Piece. Luffy memulai perjalannya sebagai bajak laut sejak usianya 17 tahun, dan perlahan dia mulai mengumpulkan banyak kru untuk kelompok bajak lautnya. Mereka semua memiliki tujuan yang sama, membantu Luffy mewujudkan mimpinya sebagai raja bajak laut.

Menjadi pemimpin dari sebuah kelompok bajak laut, Luffy tentunya memikul tanggung jawab yang besar. Dia harus bisa melindungi nyawa dari para kru, sekaligus juga memastikan mereka bisa mewujudkan mimpi mereka sendiri. Beruntung, Luffy tidak pernah egois. Luffy sering mempertaruhkan nyawanya demi orang lain dan juga para kru. Berikut adalah beberapa contohnya.

Mengalahkan Gecko Moria di Thriller Bark

Thriller Bark menjadi salah satu arc yang menarik, karena di arc ini Luffy bertemu dengan Brook. Di arc ini juga Luffy bertemu dengan banyak hal aneh seperti zombie dan monster. Di arc ini juga Luffy harus menghadapi sosok villain yang senang mencuri bayangan milik orang lain yaitu Gecko Moria. Akibat dari ulah Moria, banyak orang yang harus menderita karena mereka tidak bisa keluar pulau tersebut.

Konsekuensinya adalah mereka akan hangus terbakar jika terkena matahari, karena bayangan mereka menghilang. Dalam arc ini, Luffy bukan hanya bertarung melawan Gecko Moria yang sudah menghisap 1000 bayangan. Dia juga bertarung menghadapi monster raksasa Oars, yang mana hal itu hampir merenggut nyawa Luffy. Pada akhirnya, Luffy berhasil menyelamatkan nyawa semua orang dan mengembalikan bayangan mereka.

Mengalahkan Crocodile

Arc Alabasta merupakan salah satu arc awal yang muncul di seri One Piece. Dalam arcnya diperlihatkan bagaimana Luffy dan kelompok Topi Jerami berusaha untuk menolong Vivi dan kerajaan Alabasta, di mana pada saat itu kondisi kerajaan sedang kacau balau. Hal tersebut dikarenakan sosok Crocodile yang berusaha untuk mengkudeta kerajaan tersebut.

Crocodile menggunakan berbagai macam cara untuk bisa merebut kekuasaan di Alabasta, termasuk mengadu domba antar pihak. Tujuan dari Crocodile melakukan hal itu adalah untuk menemukan lokasi salah satu senjata kuno, Pluton. Luffy sendiri pada akhirnya bertarung dengan Shicibukai tersebut, dan sempat mengalami beberapa kekalahan. Luffy pun sempat hampir tewas sebelum kemudian dia berhasil menemukan cara mengalahkan Crocodile.

Mengalahkan Enel

Dalam arc Skypiea Luffy diperlihatkan bertarung dengan Enel. Para penduduk pulau langit benar-benar merasa terganggu dengan kemunculan Enel di sekitar mereka. Enel menganggap dirinya sebagai dewa dan pada akhirnya membuat kekacauan dan keributan di sana. Dia bahkan membuat para penduduk pulau langit sebagai bawahannya yang sering kali disiksa atau dihabisi nyawanya.

Banyak upaya yang dilakukan para penduduk pulau langit untuk mengalahkan Enel, tetapi upaya mereka selalu gagal karena pada kenyataanya Enel memiliki kekuatan yang dahsyat. Pada momen inilah Luffy kemudian untuk pertama kalinya mengetahui tentang Haki Pengamatan, yang mana Enel sendiri menyebutnya sebagai ‘Mantra.’ Belum lagi Luffy harus menghadapi kekuatan buah iblis listrik miliknya. Beruntung, karena Luffy memiliki tubuh karet akhirnya dia pun mampu menahan serangan listrik tersebut dan akhirnya mengalahkan Enel serta menyelamatkan pulau langit.

Mengalahkan Hody Jones

Petualangan Luffy ke pulau manusia ikan menjadi petualangan pertama Luffy pasca time-skip, dan menjadi awal menuju New World. Di sana, Luffy bertemu dengan berbagai macam manusia ikan dan duyung. Kedatangan Luffy ke sana juga memenuhi janjinya untuk bertemu dengan Jinbe. Tetapi, Luffy pun melakukan pertarungan epik di sana, di mana dia bertarung menghadapi Hody Jones dan Vander Decken IX.

Hody Jones dan Vander Decken IX bekerja sama untuk dua misi yang berbeda. Hody Jones berusaha menghambil alih kerajaan Ryugu dan juga kendali pulau manusia ikan, sedangkan Vander Deckern IX berusaha untuk memaksa Shirahoshi agar mau menikahinya. Dalam pertarungan ini, Luffy pun kehilangan banyak darah bahkan hampir tewas. Dan dalam momen tersebut kita melihat bagaimana Jinbe rela mendonorkan darahnya.

Bertarung Dengan Kaido Demi Penduduk Wano

Arc Wano Country adalah arc yang masih berjalan sampai saat ini. Dalam arc ini, kita melihat bagaimana para penduduk di Wano harus merasakan penderitaan yang mendalam karena Kaido dan juga Orochi. Mereka benar-benar membuat para penduduk Wano kelaparan dan miskin. Keduanya juga bahkan banyak menghabisi nyawa penduduk Wano karena tidak mau menuruti perintah.

Luffy pada akhirnya mau membantu menyelamatkan para penduduk Wano, setelah Kinemon dan juga Momonosuke meminta tolong kepada Luffy. Luffy juga melihat bagaimana penderitaan Otama yang harus menahan lapar akibat kemiskinan. Saat ini, Luffy sedang berjuang untuk bisa memenangkan pertarungan menghadapi Kaido dan mengakhiri semua penderitaan yang dialami mereka.

Monkey D. Luffy memang merupakan seorang bajak laut, tetapi dia berbeda dengan bajak laut pada umumnya. Luffy justru rela mengorbankan dirinya demi para krunya dan juga orang lain, dan hal ini pun dibuktikan dengan 5 momen di atas. Jika Luffy tidak datang dan membantu mereka, bukan tidak mungkin situasi tidak akan pernah berubah atau bahkan justru bertambah buruk.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.