Shanks si Rambut Merah merupakan salah satu penguasa samudra alias Yonko dalam cerita One Piece, selain Big Mom, Blackbeard,d an Kaido. Seperti halnya para Yonko lain, Shanks juga merupakan karakter yang misterius. Dibandingkan dengan Yonko lainnya, Shanks merupakan karakter yang paling awal muncul di ceritanya. Sayangnya, Oda Sensei masih belum banyak membahas tentang kelompok Shanks.

Berbicara mengenai sosok Shanks dan kelompoknya, ada banyak hal yang menarik yang membedakannya dengan para kru bajak laut lainnya khususnya para Yonko lain. Misalnya seberapa besar kekuatan kru yang dimiliki oleh Shanks. Jika biasanya Yonko memiliki banyak armada dan divisi serta ada banyak kapal digunakan, Shanks justru hanya memiliki satu kapal saja yang digunakan oleh para krunya.

Dan yang menarik juga adalah jumlah kru dari Shanks terbilang sedikit, kurang lebih hanya puluhan. Namun, dalam SBS Volume 101 kemarin Oda Sensei sempat mengatakan bahwa jumlah kru bajak laut Shanks sudah bertambah. Perbedaan jelas bisa dilihat dari jumlah kru Big Mom atau Kaido yang mencapai puluhan ribu. Bahkan, Whitebeard sendiri mencapai ribuan orang.

Yang tidak kalah menarik mengenai kru dari kelompok Shanks adalah mereka adalah satu-satunya kru Yonko yang semua krunya adalah manusia biasa. Kita bisa membandingkan hal tersebut dengan para Yonko lainnya. Contohnya adalah Big Mom. Big Mom mengatakan bahwa dia memiliki keinginan besar di mana di wilayah yang menjadi markasnya, Totto Land, menjadi tempat yang nyaman bagi semua ras dan spesies.

Dan faktanya, memang Totto Land memang menjadi tempat yang nyaman dan aman bagi hampir semua ras dan spesies serta suku yang ada di dunia One Piece. Beberapa suku yang diketahui tinggal di Totto Land adalah manusia ikan, duyung, suku lengan panjang, mata tiga, dan masih banyak lainnya. Yang juga epik adalah berbagai benda mati yang memiliki jiwa pun ada di Totto Land.

Contoh kedua adalah Kaido. Hampir semua kru di kelompok Kaido merupakan pemakan buah iblis Zoan. Kaido juga memiliki kru yang berasal dari ras manusia ikan dan ras manusia bertanduk. Bahkan, di kelompok ini juga terdapat satu-satunya orang yang berasal dari suku para dewa yaitu King, yang diketahui berasal dari suku Lunarian.

Selain pengguna Zoan yang asli, Kaido juga memiliki kru yang merupakan pemakan buah iblis Zoan buatan yaitu SMILEs. Kaido juga memiliki ras raksasa yang gagal yang dikenal sebagai Numbers. Contoh terakhir adalah Blackbeard. Blackbeard memiliki kru yang berasal dari suku bertanduk dan suku raksasa. Bukan tidak mungkin jika dia akan merekrut kekuatan besar lainnya mengingat dia adalah seorang Yonko.

Berdasarkan penjelasan di atas, wajar jika Shanks menjadi satu-satunya Yonko yang memiliki kru di mana seluruhnya adalah manusia biasa. Shanks diketahui tidak memiliki kru yang berasal dari suku atau ras lainnya. Masih belum diketahui apa yang menjadi alasan mengapa Shanks melakukan hal tersebut. Apakah memang Shanks memiliki sejarah buruk dengan ras lainnya atau mungkin ada alasan lainnya.

Namun, yang perlu dicatat adalah meskipun seluruh kru dari kelompok Shanks adalah manusia biasa, seperti yang diungkapkan oleh pihak angkatan laut, mereka adalah kelompok Yonko yang paling seimbang dalam hal kekuatan. Artinya kekuatan dari kru bajak laut Shanks tidak berbeda jauh satu sama lainnya. Mereka hampir tidak memiliki kelemahan sebagai sebuah kelompok. Wajar jika kemudian reputasi dan nilai buruna mereka sangatlah tinggi.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.