Gol D. Roger merupakan satu-satunya bajak laut yang diketahui mampu mencapai pulau terakhir yang tidak lain adalah Laugh Tale. Bersama dengan krunya, Roger berhasil melampaui berbagai rintangan yang ada dan berhasil menemukan keempat Road Poneglyph sebelum kemudian dia berhasil menuju Laugh Tale. Cerita tentang Roger ini berhasil diperlihatkan dalam kilas balik dari Kozuki Oden di arc Wano.

Dengan berhasilnya Roger mencapai Laugh Tale, hal itulah yang kemudian membuatnya mendapatkan julukan sebagai raja bajak laut. Dan sampai saat ini, masih belum ada sosok lainnya yang berhasil mengikuti jejak Roger. Dalam momen kilas balik tersebut, terdapat sebuah hal menarik yang diperlihatkan tentang bagaimana reaksi Roger dan krunya saat mencapai Laugh Tale.

Diperlihatkan bahwa ketika mereka mencapai Laugh Tale dan menemukan harta karun milik Joy Boy, mereka justru tertawa terbahak-bahak. Inilah yang kemudian membuat Roger memberi nama “Laugh Tale” terhadap pulau tersebut. Ada kurang lebih 5 orang penting di kru Roger yang mengetahui tentang semua rahasia yang ada di pulau tersebut.

Mereka adalah Gol D. Roger, Silvers Rayleigh, Kozuki Oden, Crocus, dan Scopper Gaban. Dua diantara nama-nama tersebut sudah tewas, dua lainnya diketahui masih hidup dan memutuskan untuk pensiun, sedangkan satu orang lainnya tidak diketahui keberadaanya. Sosok yang tidak diketahui keberadaanya tersebut adalah Scopper Gaban.

Rayleigh dan Crocus sering membantu para bajak laut dalam petualangan mereka. Crocus membantu para bajak laut – termasuk kelompok Topi Jerami – di wilayah Reverse Back Mountain. Sedangkan Rayleigh, membantu para bajak laut yang hendak pergi ke pulau manusia ikan dengan mengecat kapal di wilayah Sabaody. Sebagian besar para fans sendiri meyakini bahwa sosok Scopper Gaban saat ini masih hidup.

Jika kemudian memang Scopper Gaban masih hidup, diyakini bahwa Gaban berada di sebuah pulau penting. Seperti halnya Rayleigh dan Crocus, Gaban sepertinya akan memandu para bajak laut melanjutkan petualangan mereka. Namun, yang menjadi pertanyaan kemudian di mana posisinya saat ini? Terdapat sebuah spekulasi yang berkembang di kalangan fans bahwa Scopper Gaban berada di pulau Lodestar.

Seperti yang pernah dijelaskan oleh Roger, semua jalur yang diambil dari Grand Line pada akhirnya akan menuju atau mengarah ke pulau Lodestar. Dan pulau Lodestar sendiri merupakan pulau “terakhir” sebelum kemudian bajak laut menemukan Laugh Tale. Berdasarkan hal tersebut, muncul spekulasi lain yang menyebutkan bahwa Luffy dan kelompok Topi Jerami akan bertemu dengan Scopper Gaban menjelang akhir ceritanya.

Scopper Gaban akan memandu Luffy untuk kemudian bisa pergi ke Laugh Tale, dan kemudian mewujudkan mimpinya untuk menjadi raja bajak laut. Mungkin pada awalnya Scopper Gaban sendiri masih ragu dengan Luffy dan kelompok Topi Jerami, sampai kemudian Luffy menyebutkan bahwa dia pernah bertemu dengan sosok Rayleigh dan juga Crocus. Scopper Gaban mungkin akhirnya akan yakin bahwa Luffy merupakan sosok yang dinantikan oleh Roger.

Sosok Scopper Gaban memang masih menjadi sebuah misteri besar bagi para fans One Piece. Meskipun jarang sekali dimunculkan dalam ceritanya, para fans sendiri meyakini bahwa dia akan memiliki peran penting dalam ceritanya apalagi dalam membantu Luffy menuju Laugh Tale. Apakah Scopper Gaban sudah menanti kemunculan Luffy di Lodestar? Apakah Scopper Gaban memang masih hidup? Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya pada chapter yang akan datang ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.