Dalam seri One Piece, tidak banyak karakter yang seikonik dan semenarik Nami. Nami merupakan navigator dari kelompok bajak laut Topi Jerami, dan merupakan salah satu kru awal kelompok ini. Kepopuleran dari Nami sangat luar biasa, bahkan dia menempati peringkat ketiga dalam poling tentang popularitas karakter One Piece di seluruh dunia yang diadakan pada awal 2021 kemarin.

Ada beberapa hal yang memang membuat Nami menjadi menarik, ikonik, dan juga populer. Seperti penampilannya yang cantik, tubuh yang seksi, dan juga jika diperhatikan Nami selalu menggunakan pakaian yang sedikit terbuka. Meskipun menjadi salah satu daya tarik Nami, namun hal ini sering kali dikritik oleh para fans, karena dianggap terlalu terbuka dan hanya mengedepankan fan service.

Tetapi, yang mungkin tidak banyak fans sadari adalah ada kemungkinan alasan tertentu mengapa kemudian Nami sering kali mengenakan pakaian yang terbuka. Hal ini ada kaitannya dengan kekuatan rahasia dari Nami. sebagai seorang navigator, Nami selalu menggunakan perspektifnya dan juga posisinya untuk bisa keluar dari bahaya yang mengancam kelompoknya.

Nami juga bukanlah sosok petarung yang hebat di kelompok Topi Jerami. Karena hal inilah posisi dan peran Nami sedikit berbeda dari kebanyakan kru yang lain. Meskipun Luffy, Zoro, dan Sanji adalah tiga orang kru paling kuat di kelompok Topi Jerami, namun Nami sudah sangat sering menyelamatkan nyawa kru lainnya dari berbagai bahaya berkat kemampuannya untuk memprediksi cuaca.

Bagaimana Nami bisa memprediksi cuaca tentunya menjadi salah satu pertanyaan besar yang muncul di kalangan fans. Selain melihat posisi awan juga angin, terdapat sebuah teori yang menyebutkan bahwa kulit dari Nami mampu memberikan informasi tentang cuaca yang mana membuat Nami pada akhirnya bisa memprediksi cuaca yang akan datang atau muncul.

Kulit Nami disebut bisa merasakan pola cuaca dan juga perubahannya, dan karena hal inilah Nami sering diperlihatkan menggunakan pakaian yang terbuka. Bahkan, poster buruan dari Nami sendiri memperlihatkannya sedang mengenakan bikini. Meskipun mungkin ada sedikit alasan bahwa hal tersebut merupakan fan service, tetapi rasanya masuk akal jika kemudian ada alasan yang mendalam terkait hal tersebut.

Semenjak kru Topi Jerami mulai memasuki wilayah Grand Line, kemampuan Nami untuk bisa memprediksi cuaca menjadi sesuatu yang sangat penting untuk bisa membuat seluruh kru Topi Jerami bertahan hidup. Dan dari apa yang diperlihatkan dalam ceritanya, Nami sudah beberapa kali berganti pakaian. Dalam Water 7 Saga, Nami mengganti pakaiannya saat badai Aqua Laguna.

Meskipun Paulie sempat menegur Nami karena mengganti pakaiannya, terutama dengan ada banyaknya pria di sekitar Nami saat itu, Nami tidak memahami mengapa hal itu menjadi masalah. Mengapa Nami kemudian berganti pakaian? Dengan mengganti pakaiannya, Nami bisa dianggap bisa menggunakan kekuatannya secara penuh yang bisa menyelamatkan nyawa semua orang.

Jika kemudian teori ini benar, maka pakaian Nami pasca time-skip di mana dia hanya mengenakan bikini pada bagian dadanya dan celana jeans, adalah pakaian Nami yang paling hebat karena dia bisa merasakan cuaca dengan hampir seluruh bagian kulitnya. Di sisi lain, jika hal ini benar, maka ini menjadi salah satu kemampuan yang paling unik yang dihadirkan di seri One Piece.

Seperti yang kita ketahui, Oda Sensei selalu pintar menyembunyikan petunjuk atau sesuatu yang dianggap penting, seperti kemampuan Nami untuk merasakan pola cuaca dengan kulitnya ini. Dengan anggapan bahwa pakaian yang dikenakan Nami hanya sekedar fan service, artinya misi Oda Sensei sudah berhasil. Dan mungkin ini juga yang menjadi alasan mengapa kemampuan membaca dan memprediksi cuaca Nami bertambah pasca time-skip, karena pakaian yang dikenakan pun lebih terbuka. Bagaimana menurut kalian Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.