Organisasi SWORD merupakan organisasi paling rahasia dari markas angkatan laut. Organisasi rahasia ini dipimpin oleh salah satu Worst Generation yaitu X Drake. Selama ini Oda Sensei selalu memperlihatkan sosok Drake sebagai mantan angkatan laut yang kemudian memilih untuk menjadi seorang bajak laut dan bahkan menjadi bagian dari Supernova atau Worst Generation.

Tetapi, ternyata Drake memiliki jabatan penting di angkatan laut – bahkan bisa dibilang dia masih jadi bagian dari angkatan laut meskipun secara rahasia. Masih belum banyak informasi yang diketahui tentang SWORD, selain mereka diketahui mencoba mencari informasi tentang aktifitas para Yonko. Masih belum diketahui apakah pihak angkatan laut sendiri mengetahui tentang SWORD, yang pasti CP-0 sepertinya tahu siapa Drake seperti diperlihatkan dalam chapter 1032. Lalu, siapa saja karakter yang diperkirakan adalah bagian dari SWORD (selain X-Drake dan Kobi)?

Monkey D. Garp

Monkey D. Garp alias Garp sang pahlawan angkatan laut adalah karakter yang memiliki kekuatan dahsyat dalam seri One Piece. Sebagai rival dari Gol D. Roger, Garp berhasil menjadi salah satu yang terkuat di seri ini. Garp juga bahkan adalah angkatan laut yang berhasil mengalahkan Rocks D. Xebec dalam peristiwa God Valley.

Meskipun Garp adalah bagian dari angkatan laut, dia tidak pernah setuju dengan banyak dari angkatan laut. Contohnya bagaimana angkatan laut menjadi alat bagi kaum naga langit dan Pemerintah Dunia. Kemudian bagaimana angkatan laut menganut filosofi keadilan absolut. Bergabung dengan SWORD mungkin menjadi cara bagi Garp untuk “melawan” mereka. Bahkan, mungkin Garp adalah pemimpin dari SWORD yang sebenarnya.

Admiral Fujitora (Issho)

Admiral Fujitora sebenarnya sudah memutuskan untuk pensiun dari angkatan laut, sebelum kemudian dia dipanggil lagi bertugas setelah Sakazuki menjadi Fleet Admiral dan Kuzan memutuskan mundur dari angkatan laut. Issho merupakan salah satu dari sedikit angkatan laut yang memiliki prinsip “angkatan laut sejati” seperti halnya Garp.

Hal ini bisa dilihat di arc Dressrosa di mana Issho justru menaruh simpati dan rasa hormat terhadap Luffy, yang berniat membantu penduduk Dressrosa untuk bisa lepas dari cengkraman Doflamingo. Bahkan, di akhir ceritanya, Issho pun meminta maaf sambil bersujud kepada para penduduk Dressrosa atas apa yang pernah dilakukan oleh angkatan laut dan Doflamingo – mengingat dia bagian dari Shichibukai.

Smoker

Seperti halnya Koby, Smoker adalah karakter yang pernah muncul di awal serinya. Bahkan, Smoker adalah angkatan laut pertama yang dihadapi oleh Luffy seperti diperlihatkan di Loguetown ketika Dragon muncul dan menolongnya. Namun, perseteruannya dengan Luffy justru membuat Smoker menaruh hormat terhadap Luffy.

Di arc Alabasta Smoker menyaksikan sendiri bagaimana Luffy berhasil mengalahkan Crocodile, yang mana hal itu sebenarnya merupakan tugasnya. Luffy juga memerintahkan Zoro untuk menolong Smoker, yang lagi-lagi membuatnya menaruh rasa hormat terhadap Luffy. Dengan Smoker yang memang berbeda dari angkatan laut lainnya, bisa jadi dia juga menjadi bagian dari SWORD.

Kuzan

Kuzan merupakan mantan admiral pusat angkatan laut yang memutuskan untuk mundur dari jabatannya, setelah dia kalah dalam pertarungan menghadapi Sakazuki. Kuzan merasa bahwa Sakazuki bukanlah pemimpin yang pantas, apalagi dengan rekam jejaknya yang mengerikan. Contohnya adalah terlibat dalam Buster Call pulau Ohara.

Kuzan merupakan admiral yang memang secara sembunyi-sembunyi menunjukan sikap tidak setuju dengan apa yang terjadi dengan angkatan laut. Dia tidak pernah setuju dengan keadilan absolut. Yang menarik adalah sedari awal, Kuzan sangat mengagumi sosok Garp dan bahkan dia selalu berusaha belajar dari Garp. Sehingga wajar jika Kuzan pun dianggap menjadi bagian dari SWORD.

Admiral Ryokugyu

Admiral Ryokugyu alias Green Bull adalah karakter baru yang diperkenalkan di seri One Piece. Meskipun begitu, karakter admiral Green Bull justru masih menjadi misteri besar. Pasalnya, dia baru muncul dalam bentuk siluet. Dan sampai sejauh ini, Oda Sensei masih belum memberikan gambaran apa pun tentang Ryokugyu. Yang diketahui adalah dia diduga memiliki kemampuan buah iblis yang berkaitan dengan keanehan dalam dirinya, yaitu dia belum makan apa pun dalam tiga tahun terakhir. Meskipun dia belum makan apa pun dalam tiga tahun, kekuatannya sangatlah dahsyat.

Mengetahui bahwa di dalam tubuh angkatan laut memiliki sebuah organisasi rahasia yang bahkan mereka sendiri tidak tahu tentang hal ini, memberikan sinyal memang ada yang salah di tubuh angkatan laut. Mereka memang diketahui sangat korup dengan menjadi boneka kaum naga langit. Menarik untuk melihat apa yang selanjutnya akan mereka lakukan.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.