Roronoa Zoro memiliki mimpi terbesar untuk menjadi ahli pedang terbaik di dunia. Untuk mewujudkan mimpinya tersebut, Zoro pun sudah mulai berlatih keras sejak dia kecil. Zoro pun masih terus berlatih saat ini, ketika dia bergabung dengan kru bajak laut Topi Jerami. Bergabungnya Zoro dengan kelompok bajak laut ini menjadi salah satu cara bagi Zoro untuk mewujudkan mimpinya.

Meskipun begitu, tidak mudah bagi Zoro untuk menjadi yang terbaik di dunia. Karena, untuk bisa menjadi yang terbaik di dunia maka Zoro harus mengalahkan semua ahli pedang terbaik yang ada. Di sepanjang serinya, Zoro diperlihatkan sudah berhasil mengalahkan beberapa ahli pedang lainnya. Contohnya adalah Hacchan, yang bahkan menggunakan enam pedang sekaligus.

Perjalanan Zoro menuju puncak memang masih sangat panjang, karena masih ada banyak ahli pedang di luar sana yang harus Zoro kalahkan. Tetapi, beberapa nama diprediksi bisa menjadi lawan terakhir Zoro di akhir serinya. Siapa saja?

Admiral Fujitora (Issho)

Fujitora merupakan salah satu dari tiga admiral angkatan laut saat ini. Usianya memang sudah tua, tetapi kekuatannya tidak kalah mengerikan dari mereka yang masih muda. Dia bahkan dianggap sebagai salah satu angkatan laut terkuat yang pernah ada. Issho memiliki kekuatan buah iblis Zushi Zushi no Mi, di mana dia bisa mengendalikan gravitasi sesuka hati.

Tetapi, Issho pun memiliki kemampuan berpedang yang sangat luar biasa. Beberapa kali diperlihatkan bagaimana Zoro dan Issho saling bertarung, dan hal tersebut sangat luar biasa. Untuk saat ini, Zoro mungkin masih belum sanggup untuk menghadapi Issho. Tetapi, seiring berjalannya waktu, Zoro akan mampu mengalahkan salah satu kekuatan terkuat angkatan laut ini.

Shiryu

Ame no Shiryu atau Shiryu si hujan merupakan salah satu kru bajak laut Blackbeard saat ini. Dahulunya, dia merupakan salah satu pemimpin di Impel Down bersama Magellan. Tetapi, kebiasaan mengerikan Shiryu untuk menghabisi para tahanan membuatnya dipecat dari Impel Down. Dan ketika Blackbeard menerobos ke Impel Down menjadi momennya untuk bergabung dengan kelompok tersebut.

Kemampuan berpedang Shiryu belum diperlihatkan secara penuh. Tetapi, mengingat dia pernah menjadi pemimpin di Impel Down dan bagaimana level kekuatannya setara dengan Magellan, serta teori bahwa kelompok Blackbeard akan menjadi musuh terakhir kelompok Topi Jerami, menjadi petunjuk bahwa Shiryu bisa menjadi lawan terakhir bagi Zoro.

Dracule Mihawk

Dracule Mihawk adalah pemilik titel ahli pedang terkuat saat ini. Mihawk adalah lawan kuat pertama yang dihadapi oleh Zoro setelah kematian Kuina. Dalam pertemuannya dengan Mihawk di arc Baratie, Zoro bisa dikalahkan oleh Mihawk hanya dengan menggunakan pedang kecil. Kemampuan sebenarnya dari Mihawk masih sangat misterius.

Satu hal yang pasti, dengan Mihawk yang merupakan rival dari Shanks bisa diartikan bahwa level atau kemampuannya setara dengan seorang Yonko. Yang menarik adalah Zoro sempat belajar berpedang dari Mihawk saat time-skip terjadi. Banyak para fans yang juga beasumsi bahwa Zoro dan Mihawk akan saling bertempur di akhir ceritanya, sebuah pertarungan antara murid dan guru.

Mengalahkan para karakter dengan kemampuan berpedang yang luar biasa tentunya menjadi sesuatu yang menantang bagi Zoro. Tetapi, mau tidak mau Zoro harus melakukan itu untuk bisa mewujudkan mimpinya menjadi ahli pedang terbaik di dunia. Menarik tentunya bagaimana kemampuan berpedang Zoro akan terus berkembang. Dan di akhir ceritanya nanti mungkin kita akan melihat pertarungan Zoro menghadapi salah satu dari para karakter di atas.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.