Perubahan besar terjadi pada diri Sanji Vinsmoke di mana dia kini berubah menjadi sosok yang lebih kuat dan dahsyat. Tubuhnya tidak mempan terhadap serangan apa pun dan dia memiliki kemampuan regenerasi, di mana tubuhnya bisa sembuh dalam waktu yang sangat singkat. Hal ini pun memunculkan pertanyaan di kalangan fans bagaimana Sanji bisa mendapatkan peningkatan kekuatan tersebut?

Sebenarnya, masih belum diketahui secara pasti apa yang terjadi dengan tubuh Sanji. Tetapi, banyak fans yang berpendapat bahwa semua hal itu diakibatkan oleh teknologi Germa yaitu Raid Suit. Raid Suit dianggap menjadi penyebab perubahan dalam tubuh Sanji, dengan mengaktifkan DNA dalam diri Sanji yang pernah dimodifikasi oleh Vinsmoke Judge.

Seperti yang kita ketahui bahwa Raid Suit merupakan baju tempur milik Germa yang mampu meningkatkan kemampuan dan kekuatan dari penggunanya. Hal ini diakibatkan oleh teknologi dalam Raid Suit yang mengaktifkan rekayasa DNA yang dilakukan oleh Judge. Sanji merupakan satu-satunya anak Judge yang dianggap “gagal” karena dia berbeda dari saudara-saudaranya.

Tetapi, kemudian kita mengetahui bahwa ada kemungkinan sebenarnya DNA Sanji pun mengalami perubahan. Hanya saja akibat obat yang diberikan oleh ibunya menunda perubahan atau aktivasi dari diri Sanji. Lalu, apa yang kemudian membuat Sanji berubah saat ini? Apakah memang Raid Suit menjadi penyebab transformasi tersebut? Meskipun Raid Suit bisa jadi alasan yang masuk akal atas perubahan Sanji, tetapi ada kemungkinan lainnya dari hal ini.

Dalam salah satu teori yang berkembang di kalangan fans, disebutkan bahwa ada kemungkinan bahwa penyebab aktifnya transformasi diri Sanji adalah sosok King. Sebelumnya banyak teori yang menyebutkan bahwa modifikasi DNA milik Sanji dan keluarga Vinsmoke lainnya terhubung dengan ras dari King – yaitu Lunarian.

Mungkin Geeks masih ingat beberapa waktu lalu ketika Queen sempat membahas tentang adanya ras para dewa, yaitu ras Lunarian, banyak fans kemudian mengaitkan sosok King dengan ras Lunarian berdasarkan dari ciri-ciri yang ada. Di sisi lain, para fans pun banyak yang mengaitkan kemampuan Sanji dengan ras Lunarian tersebut di mana Judge mungkin melakukan riset dan uji coba dengan menggabungkan DNA keduanya.

Berdasarkan hal tersebut, dalam teori bahwa King adalah penyebab transformasi Sanji, memberikan petunjuk bahwa mungkin King dan Raid Suit mengaktifkan kemampuan ras Lunarian yang ada di dalam tubuh Sanji. Sanji sendiri mengatakan bahwa perubahan dalam dirinya mulai terasa semenjak dia menggunakan Raid Suit yang kedua kalinya. Tetapi, bisa jadi sebenarnya perubahan tersebut mulai terasa ketika King menghajar Sanji yang mengenakan Raid Suit.

Seperti halnya Karma Otsutsuki antara Boruto dan Kawaki, yang akan saling terkoneksi ketika mereka dalam jarak yang dekat, DNA ras Lunarian dalam diri Sanji pun mungkin aktif ketika Sanji dan King terlibat dalam pertarungan singkat di panggung utama. Mungkin inilah alasan mengapa baru sekarang perubahan dalam diri Sanji terjadi. Selain itu, bila kemudian teorinya terbukti maka asumsi bahwa adanya koneksi antara Sanji dan Ras Lunarian pun terbukti.

Seperti yang kita ketahui bahwa Sanji memiliki teknik yang berkaitan dengan api. Dan ras Lunarian memiliki kemampuan yang luar biasa dalam hal pengendalian api. King diketahui juga memiliki berbagai kemampuan yang melibatkan api dan bahkan dia memiliki julukan yang berkaitan dengan api. Kesimpulannya, King bisa jadi adalah salah satu alasan mengapa Sanji berubah.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.